Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghilangkan Karat pada Cakram Motor, Berikut Penjelasannya

Cara Menghilangkan Karat pada Cakram Motor, Berikut Penjelasannya

Cara menghilangkan karat pada cakram motor bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan beberapa bahan khusus. Mengingat besi tidak bisa jauh dari karat, tentu Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi rem cakram motor agar tidak berkarat.

Bahkan hal ini juga perlu diterapkan pada komponen sepeda motor yang berkarat. Karat pada bagian sepeda motor terbilang cukup berbahaya.

Padahal masalah ini sering sekali terjadi ketika kendaraan terkena air. Apalagi saat musim hujan, membuat motor sering basah dan menimbulkan karat.

Baca juga: Rem Cakram Motor Seret, Kenali Apa Saja Penyebabnya

Salah satu komponen yang kerap terkena karat dan cukup membahayakan yaitu bagian rem cakram. Jika komponen ini berkarat, bisa mengakibatkan kinerjanya menurun.

Demi keselamatan berkendara, jika cakram sepeda motor berkarat segera untuk mengatasinya. Gunakan cara menghilangkan karat pada cakram motor agar komponen bisa kembali berfungsi optimal. Anda bisa terapkan beberapa langkah mudah untuk menghindari karat muncul pada bagian tersebut.

Inilah Cara Aman Menghilangkan Karat pada Cakram Motor

Menghilangkan karat pada besi motor memang terkadang sulit. Apalagi karat akan jauh lebih mudah muncul ketika kendaraan basah atau sering terkena hujan dan tidak segera dibersihkan.

Air hujan yang menempel pada permukaan besi ini akan membuat zat asam merusak permukaan besi dan timbul karat. Jika kondisi ini tidak segera teratasi, mengakibatkan rangka besi keropos dan berbahaya.

Baca juga: Rem Cakram Motor Blong, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Karat yang muncul pada bagian cakram juga sering dialami oleh pemilik kendaraan. Hal ini biasanya terjadi karena Anda malas untuk membersihkannya. Selain terkena air hujan, karat juga akan muncul ketika kondisi cakram kotor pada ruang lembab.

Agar karat tidak muncul pada cakram kendaraan, Anda gunakan tips yang tepat. Ada banyak cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi karat pada sepeda motor.

Bersihkan Bagian Kaliper

Salah satu cara menghilangkan karat pada cakram motor yaitu dengan rutin membersihkannya. Sebaiknya bersihkan piringan dan bagian celah kampas. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan kaliper dengan membongkarnya.

Sebaiknya bongkar secara menyeluruh. Lepas baut pemegang antara kapiler dengan dudukannya. Setelah itu, buka baut kampas rem dan braketnya.

Bersihkan kampas dengan sikat kawat agar kotoran dan debu bisa lepas. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mencegah timbulnya karat pada bagian cakram motor.

Gunakan Pasta Gigi

Ada cara lain menghilangkan karat pada cakram motor yaitu menggunakan pasta gigi. Anda bisa menggunakan cara ini secara sederhana. Kandungan yang ada dalam pasta gigi mampu merontokkan karat membandel sekalipun. 

Cara yang perlu Anda lakukan yaitu gunakan pasta gigi pada bagian berkarat. Setelah Anda oleskan merata, tunggu sebentar. Gosok menggunakan kain atau sikat halus. Ulangi hingga karat benar-benar hilang.

Oli Bekas

Oli bekas sebaiknya jangan Anda buang. Ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari oli bekas. Cara ini cukup ampuh dan aman untuk membersihkan karat pada komponen motor, termasuk rem cakram.

Baca juga: Merawat Rem Cakram Motor Saat Musim Hujan, Ini Caranya

Gosokkan oli bekas pada bagian yang berkarat. Jika karat cukup tebal, sebaiknya Anda diamkan beberapa saat.

Hal ini membantu Anda lebih mudah dalam membersihkan karat. Sehingga komponen besi pada motor akan kembali kinclong.

Cuka

Cara menghilangkan karat pada cakram motor juga bisa menggunakan cuka. Bahan rumahan yang satu ini mudah sekali untuk ditemukan. Kandungan asam pada cuka yang cukup tinggi ampuh menghilangkan karat pada motor.

Cara yang bisa Anda lakukan cukup mudah. Rendam bagian yang berkarat dan gosok menggunakan sikat untuk menghilangkan karat.

Gunakan Stempel atau Gemuk

Bagi para pecinta dunia otomotif, tentu sudah tidak asing lagi jika mendengar stempel atau gemuk. Namun untuk orang awam, tentu terdengar asing di telinga.

Baca juga: Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Keras, Temukan Dulu Pemicunya

Stempel merupakan cairan berbentuk gel yang biasanya digunakan sebagai pelumas bagian mesin. Selain untuk melumasi mesin motor, ternyata juga bisa menghilangkan karat. Anda bisa oleskan stempel secukupnya pada bagian besi motor yang berkarat.

Namun karena teksturnya yang lengket, sebaiknya hindari cara menghilangkan karat pada cakram motor dan rantai dengan bahan ini. Anda bisa terapkan pada komponen lainnya seperti baut. Pastikan Anda memperhatikan hal ini dengan baik. (R10/HR-Online)

- Advertisment -