Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCas iPhone Tanpa Kabel, Simak Cara Mudahnya di Sini!

Cas iPhone Tanpa Kabel, Simak Cara Mudahnya di Sini!

Cas iPhone tanpa kabel saat ini sudah menjadi trend. Sebenarnya, tak hanya iPhone saja yang memiliki kemampuan ini.

Beberapa brand ponsel terkemuka lainnya juga sudah mulai mengembangkan pengisian daya baterai tanpa menggunakan kabel.

Meskipun Apple sudah melengkapi seri dalam lini perangkat seluler tersebut, tetapi masih jarang dimanfaatkan oleh penggunannya.

Baca Juga: Cas iPhone Pakai Charger Android Apakah Boleh? Begini Jawabannya

Cara Cas iPhone Tanpa Kabel

Sebenarnya teknologi yang satu ini terbilang mudah. Teknologi ini memiliki kompatibilitas yang cukup luas.

Para penggunanya dapat melakukan pemasangan tanpa harus memikirkan cara yang rumit. Sayangnya, masih ada beberapa pengguna yang belum mengetahui caranya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Mau tahu seperti apa langkah-langkahnya? Untuk penjelasan detailnya, simak berikut ini ulasan selengkapnya.

Persiapan Aksesoris Pendukung

Ada beberapa aksesoris yang perlu Anda persiapkan. Untuk memberikan dukungan standar pengisian, Anda membutuhkan charging pad, station, atau stand.

Aksesoris lainnya, yakni adaptor pengisian (Anda bisa menemukannya dalam paket penjualan charging pad, station, maupun stand). Anda juga bisa menggunakan produk dengan spesifikasi yang sudah disarankan.

Tak lupa pula untuk mempersiapkan kabel data sesuai dengan port yang Anda butuhkan. Ada banyak jenis charging pad, misalnya saja MagSafe atau MagSafe Duo.

Apabila menggunakan salah satu dari charging pad tersebut, Anda membutuhkan adaptor USB type-C yang kapasitas dayanya minimal 20W asli besutan Apple. Jika ingin menggunakan charging pad pihak ketiga, pastikan kompatibel.

Baca Juga: Perbedaan Charger iPhone dan Android dari Kabel dan Adaptornya

Langkah-Langkah Cas iPhone Tanpa Kabel

Setelah semua aksesoris sudah siap, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  1. Langkah pertama, silakan Anda menghubungkan charging pad, station, atau stand dengan adaptor menggunakan kabel yang sesuai
  2. Setelah itu, letakkan aksesoris tersebut pada bidang yang datar. Anda juga bisa menyesuaikan dengan petunjuk pemakaian pada produk
  3. Berikutnya, colokkan adaptor pengisian daya tersebut ke stop kontak atau terminal
  4. Langkah selanjutnya, letakkan iPhone pada charging pad, station, atau stand dengan menghadap ke atas. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan tempat yang sudah disarankan
  5. Silakan Anda tunggu selama beberapa detik. Jangan lupa untuk memastikan pula logo pengisian atau ikon tanda petir sudah muncul pada status bar

Tips Cas iPhone Tanpa Kabel

Sebenarnya langkah-langkah tersebut merupakan langkah yang paling umum untuk Anda terapkan. Jika Anda menggunakan aksesoris lainnya, mungkin akan ada sedikit perbedaan.

Meletakkan iPhone dengan posisi ke atas ini bertujuan agar pengisian daya baterainya bisa maksimal. Selain itu, jangan lupa untuk mematikan mode getar. Hal ini bertujuan agar iPhone tidak geser bahkan jatuh ketika bergetar.

Baca Juga: Mengatasi iPhone Tidak Bisa Dicas dengan Cara Aman, Simak Tipsnya!

Dampak yang Bisa Ditimbulkan Pengisian Daya Tanpa Menggunakan Kabel

Cas iPhone tanpa kabel ini, selain mudah ternyata juga dapat mengakibatkan beberapa risiko. Pengisian tanpa kabel ini dapat menimbulkan paparan induksi elektromagnetik.

Alhasil, beberapa komponen akan mengalami kerusakan, seperti strip magnetis maupun RFID yang terdapat pada berbagai macam kartu. Maka dari itulah, ada baiknya ketika Anda cas iPhone tanpa kabel, jauhkan beberapa benda-benda tertentu.

Seperti fob kunci, kartu kredit, lencana keamanan, paspor, dan benda sejenis lainnya. Tak cukup itu saja, pastikan pula untuk menjauhkan benda lainnya yang dapat menghalangi permukaan iPhone dengan aksesoris Anda.

Sebenarnya tidak semua tipe iPhone memiliki teknologi ini. Seri iPhone 8 merupakan generasi pertama dari Apple yang mendukung teknologi ini.

Fitur pengisian tanpa kabel memang menjadi fitur andalan iPhone. Saat ini, kemampuan cas iPhone tanpa kabel sudah ada di beberapa seri. Seperti iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone XS Max, dan generasi iPhone terbaru lainnya.

Sebagai sumber informasi tambahan, daripada terlalu sering melakukan pengisian daya pada iPhone, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat daya baterai tersebut.

Beberapa caranya seperti menggunakan fungsi “Hemat Energi”, nonaktifkan pelokalan, dan nonaktifkan pembaruan aplikasi yang ada pada latar belakang.

Selain itu, kurangi kecerahan layar, aktifkan mode pesawat, hingga menggunakan wallpaper hitam pada iPhone.

Dengan adanya informasi cas iPhone tanpa kabel, kini Anda bisa semakin terbantu. Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan, tidak ada salahnya untuk belajar dari pengguna iPhone lainnya yang sudah berpengalaman. (R10/HR-Online)

- Advertisment -