Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruCiri Freon AC Mobil Bocor Penting Diketahui, Simak Ulasan Ini!

Ciri Freon AC Mobil Bocor Penting Diketahui, Simak Ulasan Ini!

Ciri freon AC mobil bocor penting Anda ketahui agar jika terjadi di kemudian hari pada kendaraan milik pribadi, Anda bisa langsung memperbaikinya. Mengingat bahwa freon merupakan elemen yang sangat penting dari sistem AC, termasuk di mobil ini.

Pasalnya, piranti ini berperan sebagai salah satu sumber pendingin udara pada bagian ventilasi AC. Jadi apabila AC mobil freonnya sudah habis, jelas-jelas mobil tidak akan lagi terasa dingin. Tapi bagaimana jika elemen tersebut bocor?

Baca Juga : AC Mobil tidak Keluar Angin Sebaiknya Kenali Apa Saja Penyebabnya

Ciri Freon AC Mobil Bocor yang Patut untuk Anda Ketahui

Bagi mereka termasuk Anda yang sering mengendarai kendaraan roda empat, biasanya akan menyalakan pendingin kabin atau AC. Sebab, alat yang disebut sebagai Air Conditioner (AC) ini berguna untuk menurunkan suhu udara dalam kabin mobil saat cuaca panas.

Sehingga ketika cuaca di luar cukup panas, maka AC merupakan satu-satunya pilihan terbaik untuk menyejukkan ruangan kabin. Namun kita akan merasa sangat jengkel apabila hawa dari AC sudah tidak sejuk lagi, tentu ini membuat kita merasa jengkel.

Biasanya salah satu penyebab AC tidak dingin lagi adalah karena freon-nya yang sudah habis, padahal ini tidak boleh sampai habis. Sementara itu, penyebab kebocoran freon sendiri juga sangat beragam. Lantas bagaimanakah cirinya?

AC Hanya Keluar Angin Saja

Ciri freon AC mobil bocor adalah saat kita menyalakan AC tersebut maka yang keluar hanya angin saja alias tidak akan terasa dingin. Padahal seharusnya ketika menyalakan AC dalam waktu sekejap saja udara akan langsung berhembus sejuk.

Akan tetapi jika AC mobil bermasalah, walaupun selektor suhu AC sudah ada dalam posisi tinggi, maka suhunya tidak begitu terasa.

Gejala seperti ini merupakan salah satu tanda bahwa sudah ada yang tidak beres lagi dengan sistem pendingin pada mobil Anda.

Baca Juga : Pemeliharaan Sistem AC Mobil Mempengaruhi Keawetan Komponen

Saklar Tidak Bekerja

Untuk tanda yang kedua adalah saklar yang bertugas untuk mengaktifkan kompresor sudah tidak bisa bekerja secara maksimal. Ini bisa Anda lihat ketika pertama kalinya menghidupkan AC dalam mobil tersebut.

Ciri freon AC mobil bocor seperti ini dan apabila tidak ada suara putaran mesin turun sesaat, maka freon tandanya sudah menguap. Apabila ingin lebih pasti lagi, maka Anda bisa memeriksa pada bagian tabung penampung freon tersebut.

Ada Suara yang Mendesis

Jika freon mobil sudah bocor biasanya akan ada bunyi yang mendesis secara terus menerus ketika AC Anda nyalakan. Selanjutnya ketika siang hari, AC yang sudah menyala juga tidak akan terasa sangat sejuk.

Jadi bagi Anda yang akan mengisi freon AC mobil ada baiknya jika mengetahui apa saja penyebab kebocoran tersebut. Sementara itu untuk bisa mengetahui letak kebocorannya ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga : Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Pada bagian atas tabung biasanya akan ada kaca kecil yang bisa untuk memantau bagaimana kondisi freon. Apabila kaca tersebut terlihat busa, itu artinya freon sudah tidak ada lagi pada tempatnya.

Jika sudah seperti itu, ada baiknya jika Anda langsung membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan pemeriksaan. Terlebih jika Anda sudah mengetahui ciri freon AC mobil bocor, maka penting untuk segera melakukan perawatan. (R10/HR-Online)