Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri Laher Motor Rusak, Simak Ulasan Ini dan Ketahui Cara Memperbaiki!

Ciri Laher Motor Rusak, Simak Ulasan Ini dan Ketahui Cara Memperbaiki!

Ciri laher motor rusak memang cukup penting untuk Anda ketahui, tujuannya adalah supaya Anda bisa segera mengatasi dengan memperbaikinya. Nah, laher motor sendiri yaitu sebuah komponen yang menghubungkan tromol as roda.

Roda dapat berputar secara bebas karena adanya fungsi dari laher yang mampu berjalan dengan baik. Dalam istilah lain laher juga merupakan bearing yang berguna untuk meminimalisir kejutan yang tiba-tiba muncul pada bagian roda.

Baca Juga: Penyebab Bearing Motor Listrik Rusak Mengurangi Kinerja Komponen

Ciri Laher Motor Rusak yang Wajib Anda Ketahui dan Pahami

Menggunakan sepeda motor yang nyaman selama berkendara memang bisa untuk mengurangi angka kecelakaan saat di jalanan. Sementara itu penyebab motor menjadi tidak nyaman adalah karena laher roda yang bermasalah.

Padahal laher motor atau bearing roda merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan roda dua. Sebab komponen ini berguna untuk menerima beban dari putaran ban sehingga harus selalu mendapat perawatan.

Oleh karena itu cukup penting bagi Anda mengetahui apa saja ciri-ciri laher sepeda motor yang sudah rusak. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan bertambah semakin parah sehingga dapat langsung memperbaikinya.

Baca Juga: Tanda Bearing Motor Rusak, Penyebab dan Penanggulangannya

Roda Depan Bergoyang

Ciri laher motor rusak yang pertama adalah roda bagian depan terus bergoyang atau bahkan oleng sehingga menyebabkan suatu masalah. Kondisi roda motor yang sudah bergoyang ini akan membuat Anda mengendarainya menjadi tidak stabil.

Jika sudah tidak stabil selama mengendarainya, maka Anda akan semakin rawan untuk jatuh sehingga bisa mengalami kecelakaan. Dengan demikian kenyamanan serta keamanan akan terganggu dengan rusaknya bearing motor atau laher ini.

Muncul Suara yang Kasar

Suara kasar ini biasanya akan muncul saat sepeda motor digunakan untuk melewati jalanan yang bergelombang atau berlubang. Suara gemuruh seperti ini akan semakin terdengar keras saat kecepatan kendaraan semakin cepat.

Ciri laher motor rusak dengan suara kasar ini terletak pada bagian roda depan yang seharusnya tidak akan muncul jika kondisinya normal. Sementara itu laju kecepatan yang bisa menimbulkan suara keras ini bisa saja terjadi saat kecepatan motor mencapai 40 km/jam.

Baca Juga: Ukuran Bearing Motor, Berbeda Pada Setiap Jenis Kendaraan

Kemudi Bergetar

Apabila laher motor kesayangan Anda sudah mulai rusak bahkan parah, maka kemudian motor Anda akan bergetar. Hal ini sangat membahayakan, mengingat bahwa stabilitas akan menurun dan terganggu.

Jika sudah mengalami bearing roda seperti ini hingga parah, ada baiknya Anda segera memperbaiki laher yang rusak itu.

Salah satu cara yang paling aman dan terbaik untuk memperbaiki komponen itu adalah dengan membawanya ke tukang bengkel.

Terlebih jika Anda tidak paham tentang dunia otomotif, maka jangan sekali-kali Anda memperbaiki laher motor sendirian. Karena hal ini bisa membahayakan terlebih soal keamanannya.

Apabila sudah muncul ciri laher motor rusak, ada baiknya untuk segera memperbaikinya ke bengkel terpercaya supaya bisa kembali normal. Anda juga tidak perlu khawatir, sebab biaya yang akan Anda keluarkan biasanya cukup terjangkau. (R10/HR-Online)

- Advertisment -