Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruContoh Gaya Pegas pada Benda: Pengertian, Rumus, dan Kegunaannya

Contoh Gaya Pegas pada Benda: Pengertian, Rumus, dan Kegunaannya

Contoh gaya pegas memberikan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Apa yang muncul di kepalamu jika mendengar kata pegas? Pasti akan langsung terhubung kepada kendaraan.

Pegas pada kendaraan itu memang menjadi salah satu contoh pegas. Lantas, apa lagi ya gaya pegas yang ada di sekitar kita?

Baca Juga: Hukum Hooke pada Pegas yang Wajib Kamu Tahu, Ini Dia Rumusnya!

Apa Saja Contoh Gaya Pegas pada Benda?

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai contoh lain dari gaya pegas, akan lebih baik jika kamu mengerti apa arti pegas itu sendiri.

Gaya pegas merupakan sebuah gaya tarik yang disebabkan oleh pegas. Seperti pengertian gaya lainnya, gaya yang pegas hasilkan ini juga mampu membuat benda bergerak.

Karena itulah terjadinya gaya pegas sangat bermanfaat untuk berbagai sektor kehidupan. Apa yang menjadi penyebab timbulnya gaya pegas?

Hal yang menjadi penyebab timbulnya gaya adalah karena adanya sifat penting pada benda. Bagi yang tidak tahu, sifat lenting sama dengan elastik.

Beberapa benda memiliki sifat elastik ini, seperti karet gelang dan pegas. Sebuah benda dapat dikatakan sebagai benda elastik saat bentuknya bisa berubah dan saat gaya hilang, maka benda akan kembali ke bentuk semula.

Ada beberapa alat di kehidupan yang menggunakan gaya pegas, yaitu:

  1. Ketapel
  2. Spring bed
  3. Pulpen tombol
  4. Busur panas
  5. Trampolin
  6. Karet gelang
  7. Jepitan kertas
  8. Papan loncat indah
  9. Perangkap tikus jepit
  10. Tombol keyboard
  11. Kasur busa
  12. Rem sepeda
  13. Timbangan pegas
  14. Tempat baterai

Itu hanyalah sebagian kecil dari benda di sekitar kita yang menggunakan gaya pegas. Masih terdapat banyak contoh gaya pegas lainnya yang bisa kamu temukan.

Baca Juga: Contoh Gaya Gesek di Kehidupan, Ternyata Banyak Manfaatnya!

Rumus Pegas

Kamu dapat menghitung besaran gaya pegas secara sistematis melalui rumus hukum Hooke sebagai berikut:

F = k.Δx

Keterangan:

  • F : Gaya berat atau atau gaya yang bekerja pada pegas
  • k : Konstanta pegas
  • Δx: Pertambahan panjang

Menghitung besaran gaya yang muncul memang tidak terlalu dibutuhkan saat penerapannya sehari-hari. Namun begitu, kamu wajib memahaminya untuk keperluan materi pembelajaran fisika di sekolah.

Bahkan rumus mengenai gaya pada benda sudah muncul di materi kelas 4 SD dan akan berulang pada tingkat selanjutnya.

Baca Juga: Gaya Dalam Fisika: Pengertian, Macam-Macam, dan Jenisnya

Manfaat Gaya Pegas

Gaya pegas memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita. Jika melihat contoh dari benda-benda sebelumnya, kamu pasti tahu bahwa banyak dari itu yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Contohnya seperti kasur busa. Adanya pegas di dalam kasur adalah agar tidak mudah rusak. Kasur yang tidak memiliki pegas pasti bentuknya akan cepat menipis karena efek gravitasi dan tekanan beban di atasnya.

Contoh lainnya adalah pegas pada suspensi mobil. Dengan adanya suspensi, maka mobil dapat bergerak sesuai medannya.

Suspensi pada mobil juga membuat pengendara merasa lebih nyaman dan pergerakan mobil lebih seimbang. Hal itu menjadi bukti bahwa contoh gaya pegas sangat bermanfaat untuk kehidupan. (R10/HR-Online)