Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Agar Hujan Berhenti dalam Ajaran Agama Islam

Doa Agar Hujan Berhenti dalam Ajaran Agama Islam

Doa agar hujan berhenti ternyata dalam agama Islam juga diajarkan. Hal itu semata-mata agar umat manusia terhindar dari bahaya akibat hujan itu.

Hujan adalah salah satu nikmat dari Alloh SWT yang begitu besar manfaatnya bagi kehidupan. Sehingga kita patut bersyukur atas turunnya air itu.

Meski begitu, hujan tidak selamanya berdampak baik bagi kehidupan, terkadang justru jadi bencana, seperti banjir, longsor, dan musibah lainnya.

Maka dari itu, orang Islam seharusnya meminta kepada Sang Pencipta agar hujan yang turun tidak menimbulkan bahaya.

Jadi, siapa saja bisa berdoa saat hujan deras supaya Tuhan memberikan perlindungan, baik dengan cara menghentikan maupun mengalihkannya.

baca juga: Doa Turun Hujan, Berikut Lafal dan Artinya yang Mudah Dihafalkan

Amalan Doa Agar Hujan Berhenti

Pada zaman Nabi Muhammad SAW pernah terjadi hujan yang begitu hebat ketika ia berusia 35 tahun.

Makkah saat itu terkenal sebagai daerah yang kering dan tandus. Akibat hujan, dinding Ka’bah pun mengalami keretakan.

Sementara itu, Suku Quraisy saling bahu-membahu untuk memperbaiki tempat sakral itu, termasuk juga meletakkan kembali Hajar Aswad ke tempat semula.

Ketika itu, Nabi Muhammad SAW memanjatkan doa agar hujan berhenti setelah salah seorang menyampaikan ke beliau agar hujannya reda.

Lalu Rasul pun berdoa seperti ini dan setelahnya hujannya pun benar-benar berhenti:

Dari doa di atas, dalam kita Sahih Bukhari menyebutkan jika yang dilakukan Nabi adalah salah satu bentuk mukjizat Nabi dari Alloh SWT.

baca juga: Doa Saat Angin Kencang, Mudah dan Melindungi dari Keburukannya

Nabi Berdoa Agar Turun Hujan

Selain kisah di atas, dalam sebuah riwayat Anas bin Malik menyebut di masa Rasul pernah terjadi musim paceklik.

Saat itu, orang Arab menyampaikan ke Rasul bahwa harta mereka hancur dan banyak dari keluarga mereka kelaparan. Sehingga mereka meminta Rasul memanjatkan doa agar hujan turun.

Lalu beliau pun mengangkat kedua tangannya dan berdoa kepada Alloh SWT. Dari doa Nabi itu, atas izin Alloh hujan pun turun.

Dari kisah di atas, ketika Rasul memanjatkan doa agar hujan berhenti dan meminta hujan menjadi salah satu mukjizat dari Alloh SWT.

Hal ini menunjukkan bahwa kekuasaan Alloh begitu besar. Bahkan dalam Surat Hud ayat 44 terlihat jelas bahwa kaum Nabi Nuh AS selamat dari banjir, sedangkan yang kafir tewas karena tenggelam.

Sebagai Muslim, dapat mengamalkan doa agar hujan berhenti di atas sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Harapannya tentu hujan yang turun tidak menjadi musibah. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -