Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Keluar Rumah yang Mudah Dihafalkan, Allah Berikan Perlindungan

Doa Keluar Rumah yang Mudah Dihafalkan, Allah Berikan Perlindungan

Doa keluar rumah merupakan salah satu ajaran penting dalam agama Islam. Bagaimana tidak, karena doa sendiri merupakan senjata yang melindungi umat muslim.

Hal ini untuk membuat yang mustahil menjadi ada dan nyata. Itulah sebabnya mengapa Allah memerintahkan kita berdoa. Allah akan mengabulkan doa-doa kita.

Agama Islam mengatur perilaku umatnya dalam menjalankan aktivitas hidup tidak semata-mata Allah ingin memberikan sesuatu yang sulit.

Hal tersebut guna menjaga umatnya. Dengan begitu, harapannya mereka dapat terhindar dari hal-hal yang berbahaya maupun merugikan.

Sedangkan salah satu perilaku umat muslim yang termasuk dalam sunnah yakni sikap masuk dan keluar dari rumah.

Mungkin masih banyak dari kita yang mengabaikan hal tersebut. Tetapi jika kita mampu untuk mengamalkannya, Allah akan memberikan perlindungan kepada kita.

Terlebih saat kita berada di luar rumah. Setiap muslim yang akan masuk ataupun keluar rumah, perlu membaca basmalah, berdzikir, juga mengucapkan salam.

baca juga: Doa Tahiyat Akhir Lengkap dengan Arti, Faedah, dan Bacaan Setelahnya

Amalan Doa Keluar Rumah yang Mudah Dihafalkan

Salah satu amalan yang harus kita lakukan sebelum mulai aktivitas, seperti halnya keluar dari rumah, hendaknya kita mengawali untuk memohon mendapatkan perlindungan kepada Allah SWT. Bagaimana caranya? Dengan membaca doa keluar rumah.

Apakah Anda sudah hafal? Apa Anda sudah pernah mengamalkannya atau malah rutin membacanya? Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kepada kita jika tak ada di dalam rumah.

Sebab, manusia sebenarnya adalah makhluk lemah dan sudah tentu membutuhkan pertolongan Allah SWT. Terlebih lagi untuk menjaga konsistensi untuk selalu tawakal kepada Allah SWT.

Bagi Anda yang selama ini keluar tanpa memperhatikan apa yang menjadi aturan dalam agama Islam, berikut ini doa yang menjadi salah satu amalan untuk bisa kita amalkan ketika keluar rumah.

baca juga: Doa Niat Puasa Sya’ban Lafadz dan Arti, Banyak Keutamaannya

Lafadz Doa

Sebelum membahas mengenai bagaimana bacaan doa ketika keluar rumah, ketahuilah bahwasanya orang yang selalu tawakal itu akan mendapatkan perlindungan dari Allah.

Sebagaimana yang terdapat dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 99:

Dengan begitu, orang yang tawakal serta beriman kepada Allah tidak akan digoda oleh setan. Sekalipun setan menggoda, tetapi tidak akan berdampak buruk pada manusia tersebut.

Sebab Allah sudah memberikan perlindungan kepadanya. Dengan begitu, kita yang merupakan umat muslim ini memilih untuk tetap digoda oleh setan atau dilindungi oleh Allah di segala tempat?

Jika harus memilih, sudah pasti kita pilih untuk terus mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Tapi upaya yang sudah kita lakukan selama ini apakah pantas untuk mendapatkan perlindungan tersebut? Sudahkah kita benar-benar beriman dan tawakal kepada Allah?

Sedangkan salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk terus mendapatkan perlindungan dari Allah adalah dengan mengamalkan doa keluar rumah.

“Bismillahi tawakaltu ‘alallahi laa haula wa laa quwwata illa billah”

Lafadz doa tersebut sangatlah mudah untuk dihafalkan. Bahkan jika Anda ingin mengajarkan kepada anak pun rasanya tidak masalah.

Artinya adalah “Dengan nama Allah aku keluar. Aku berserah diri kepada Allah, tiada daya upaya kecuali atas izin Allah” (HR. Tirmidzi dan Anas bin Malik).

Pastikan Anda mengamalkan doa ini agar mendapatkan perlindungan dari Allah. Segala aktivitas yang Anda lakukan pun harapannya bisa berjalan lancar penuh berkah.

baca juga: Tata Cara Salat Istisqo Lengkap dengan Niat dan Doanya

Hadis Abu Dawud

Perlu Anda ketahui,bahwasanya doa keluar rumah tidak hanya yang terdapat dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Anas bin Malik saja. Akan tetapi, terdapat juga dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi.

“Allahumma inni a’udzubika an adhilla aw udhilla aw udhalla aw uzalla aw udzlima aw ajhala aw yujhala ‘alayya”.

Arti doa tersebut adalah “Wahai Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu. Jangan sampai aku tersesat atau disesatkan setan maupun orang jahat, tergelincir atau digelincirkan orang lain, menganiaya maupun dianiaya orang, suka berbuat bodoh ataupun dibodohi orang lain”.

Semua lafadz doa ketika keluar rumah tersebut sangat mudah untuk dihafalkan. Jadi, bagi Anda yang masih belum bisa mengamalkannya, jangan menunda untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -