Minggu, September 25, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Masuk Pasar dan Pusat Perbelanjaan Sesuai Ajaran Islam

Doa Masuk Pasar dan Pusat Perbelanjaan Sesuai Ajaran Islam

Doa masuk pasar menjadi salah satu tuntunan dalam agama Islam. Apalagi semua manusia hampir melakukan transaksi jual beli di tempat tertentu, yakni salah satunya pasar.

Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Muslim menyebut tempat yang paling disukai Alloh SWT adalah masjid. Sedangkan paling buruk adalah pasar.

Meski begitu, Nabi justru tidak anti dengan tempat transaksi umatnya yang memperjualbelikan aneka kebutuhan sehari-hari.

Karena itu, sebagai Muslim dalam menjalankan segala aktivitas perlu mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, termasuk saat akan memasuki pasar maupun pusat perbelanjaan.

Baca juga: Doa Ziarah Kubur, Berikut Lafadz dan Arti yang Mudah untuk Dihafalkan

Amalan Doa Masuk Pasar

Agama Islam menganjurkan agar pemeluknya senantiasa berzikir di mana pun ia berada, sekalipun di tempat yang Alloh SWT benci, yakni pasar.

Hal itu agar kita selalu ingat kepada Tuhan yang telah menciptakan dan memberikan nikmat jasmani maupun rohani.

Sedangkan zikir ketika Anda memasuki pasar adalah sebagai berikut:

Istimewanya, Rasulallah mengatakan siapa saja yang mengamalkan zikir dan doa masuk pasar itu maka Alloh SWT akan mencatatkan baginya satu juta kebaikan serta menghapus satu juta keburukan.

Tak hanya itu, Alloh juga akan meninggikan satu juta derajat baginya. Hadits tersebut diriwayatkan At-Tirmidzi dari Umar bin Khattab.

Baca juga: Doa Talqin Mayit Menjadi Penyebab Golongan Masuk Surga

Doa Rasulullah saat Memasuki Pasar

Nabi Muhammad sebagai panutan umat Islam selalu menjadi contoh dari segala aspek kehidupannya, baik itu tindakannya, perkataan maupun pernyataannya.

Termasuk juga saat akan memasuki tempat transaksi  jual beli Nabi membacakan doa masuk pasar.

Berikut doanya berdasarkan sebuah riwayat hadits.

Jadi, amalan-amalan tersebut bisa Anda laksanakan tidak hanya saat masuk tradisional semata, namun seiring perkembangan zaman muncul pusat perbelanjaan modern.

Karena itu, ketika Anda masuk Mall, Supermarket ataupun lainnya yang menjadi tempat jual beli bisa mengamalkan doa masuk pasar di atas.

Dengan mengamalkan doa di atas, harapannya kita mendapatkan perlindungan dari Alloh SWT dari hal-hal yang buruk.

Apalagi di dalam pasar terdapat banyak orang yang beraneka ragam, macam-macam niat dan tujuannya datang ke sana.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai mengamalkan doa masuk pasar demi kebaikan kita selama berbelanja di dalamnya. (Muhafid/R6/HR-Online)