Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Niat Puasa Sya'ban Lafadz dan Arti, Banyak Keutamaannya

Doa Niat Puasa Sya’ban Lafadz dan Arti, Banyak Keutamaannya

Doa niat puasa Sya’ban menjadi salah satu amalan sunnah yang bisa kita lakukan. Tepat sekali, bulan Sya’ban merupakan bulan sebelum Ramadhan.

Sedangkan sebelum Sya’ban sendiri ada bulan Rajab. Bulan Sya’ban merupakan bulan yang istimewa, sebab Allah akan mengampuni dosa seluruh makhluk-Nya.

Berdasarkan pernyataan tersebut, umat Islam juga berlomba-lomba dalam mengerjakan amal kebaikan. Pastinya sesuai dengan ketetapan yang terdapat dalam hadis dan Al-Qur’an.

Salah satunya adalah ibadah puasa. Dengan tujuan dapat membantu meraih keutamaan Nisfu Sya’ban. Puasa Sya’ban hukumnya sunnah.

Biasanya puasa tersebut berlangsung mulai dari tanggal 1. Bukan hanya baik untuk menjalankan ibadah puasa saja. Tetapi juga memanjatkan doa dan memperbanyak dzikir kepada Allah.

Umumnya umat Islam itu disunnahkan untuk memperbanyak doa, membaca kalimat syahadat, beristighfar di malam Nisfu Sya’ban. Kemudian keesokan harinya mereka akan mulai berpuasa dan membaca doa puasa.

Baca Juga: Amalan di Bulan Sya’ban Akan Allah Lipat Gandakan Selama Satu Tahun

Amalkan Doa Niat Puasa Sya’ban, Bagaimana?

Mungkin masih banyak orang yang belum begitu memahami keutamaan dari puasa Sya’ban. Hal ini membuat mereka belum bisa melakukannya. Karena memang bulan Sya’ban itu merupakan bulan yang dilalaikan oleh manusia.

Seperti halnya terdapat dalam hadis riwayat Nasa’i dan Ahmad, Usamah bin Zaid bertanya kepada Nabi SAW, “Wahai Rasul, aku tidak pernah melihat engkau berpuasa satu bulan pada bulan Sya’ban”.

“Itu merupakan bulan yang manusia lalaikan antara Rajab dan Ramadhan. Sedangkan aku ingin amalku tidak diangkat, kecuali ketika aku sedang berpuasa”.

Dengan begitu, Sya’ban merupakan bulan saat Nabi Muhammad memperbanyak mengerjakan puasa sunnah daripada bulan lainnya.

Bahkan Rasul melakukan puasa tersebut hampir selama satu bulan penuh. Kita sebagai umat Nabi Muhammad, sudah seharusnya mencontoh apa yang Rasul lakukan.

Tapi bagaimana tata caranya? Apakah sama dengan puasa lainnya? Untuk tata caranya sendiri, sama dengan tata cara kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan ataupun puasa sunnah lainnya.

Hanya saja, perbedaan mencoloknya terdapat pada bacaan niat. Sudah hafalkah Anda mengenai bacaan doa niat puasa Sya’ban?

Baca Juga: Niat Puasa Rajab dan Qadha Ramadhan, Baca Sebelum Melaksanakan!

Lafadz Niat Puasa Sunnah

Dalam agama Islam mengajarkan bahwa niat itu penting kita amalkan.

“Nawaitu shouma hadza alyaumi ‘an adaai sunnati sya’baani lillahi ta’ala”.

Arti doa tersebut adalah “Aku niat puasa sunnah Sya’ban hari ini hanya karena Allah semata”.

Sama halnya malam Lailatul Qadar, Nisfu Sya’ban juga merupakan momen yang tidak boleh kita lewatkan. Sebab akan sangat mubazir jika terlewat.

Bukan hanya melaksanakan puasa Nisfu Sya’ban saja. Terkadang umat muslim juga mengerjakan puasa Ayyamul Bidh. Puasa tersebut berlangsung pada pertengahan bulan selama 3 hari.

Dalam hadis riwayat Tirmidzi menjelaskan, “Apabila engkau ingin berpuasa 3 hari di setiap bulan, puasalah tanggal 13, 14, dan 15 pada bulan Hijriyah”.

Lalu dalam hadis riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW memberikan perintah untuk melaksanakan puasa Ayyamul Bidh tanggal 13, 14, dan 15 pada penanggalan Hijriyah.

Kemudian Rasul bersabda, “Puasalah Ayyamul Bidh seperti puasa setahun”.

Tetapi bagaimana doa niat puasa Ayyamul Bidh tersebut? Mengenai lafadznya mudah, sama dengan doa niat puasa Sya’ban.

“Nawaitu shoumi adin ayyamalbaidhi sunnatan lillahi ta’ala.

Arti bacaannya adalah “Aku niat berpuasa Ayyamul Bidh sunnah karena Allah”.

Baca Juga: Puasa Ayyamul Bidh, Inilah Keutamaannya yang Wajib Diketahui!

Doa dan Keutamaan

Seperti yang sudah terungkap sebelumnya bahwa dalam puasa saat ini terdapat keutamaan. Pertama, puasa Sya’ban merupakan puasa yang utama setelah puasa wajib bulan Ramadhan.

Dengan begitu, pahalanya akan sangat besar dan tidak boleh kita lewatkan. Kemudian yang kedua, Allah akan mengangkat amal baiknya.

Selain melakukan ibadah puasa, saat Sya’ban kita juga harus memperbanyak amal kebaikan meskipun banyak orang yang lalai dengan bulan ini.

Akan tetapi, siapapun yang memperbanyak amal kebaikan nantinya akan langsung dilaporkan kepada Allah SWT. Tugas kita bukan hanya mengetahui doa niat puasa Sya’ban saja.

Karena memang terdapat doa khusus pada malam Nisfu Sya’ban. “Allahummarzuqni qolban naqiyyan minasyi syirki naqiyyan la khafiyan wa la syaqiyyan”.

Doa tersebut mempunyai arti, “Wahyu Allah karuniakanlah kepadaku hati yang bersih dari perbuatan syirik, bersih dari sifat banyak bertanya, dan jangan Engkau jadikan aku celaka”.

Banyak keutamaan puasa bulan Sya’ban. Semoga amalan tersebut menjadi lebih sempurna dan berkah jika kita melengkapinya dengan membaca doa niat puasa Sya’ban. (R10/HR-Online)

- Advertisment -