Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Tahiyat Akhir Lengkap dengan Arti, Faedah, dan Bacaan Setelahnya

Doa Tahiyat Akhir Lengkap dengan Arti, Faedah, dan Bacaan Setelahnya

Doa tahiyat akhir menjadi pertanda bahwa salat akan berakhir. Kita tahu bahwa tahiyat sendiri merupakan salah satu bacaan yang terdapat dalam ibadah salat.

Sedangkan ibadah salat ialah kewajiban bagi umat muslim. Salat ada karena peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Bacaan ini pastinya juga mempunyai keutamaan tersendiri. Dalam 5 waktu tentunya kita juga 5 kali membaca doa ini.

Adanya beberapa ketentuan ketika salat, menyebabkan kita tidak bisa melakukannya dengan asal-asalan. Kita harus membaca doa di setiap gerakannya. Hal ini juga berlaku pada bacaan tahiyat akhir sampai dengan salam.

Kita juga paham betul bahwa bacaan ini berbeda dengan tahiyat awal. Bisa dikatakan, tahiyat awal lebih pendek daripada tahiyat akhir.

Sebab terdapat ayat untuk melengkapinya yang harus kita baca. Apakah selama ini kita sudah melakukan tahiyat akhir dengan benar?

baca juga: Doa Niat Puasa Sya’ban Lafadz dan Arti, Banyak Keutamaannya

Pahami Doa Tahiyat Akhir yang Benar

Semakin lengkap bacaan salat yang kita baca, tentunya akan kian baik serta sempurna salat kita di mata Allah SWT. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu melengkapi bacaan salat kita.

Mulai dari takbiratul ihram sampai dengan salam. Apalagi dalam agama Islam mengajarkan bahwa salat merupakan tiang agama.

Dengan begitu, jika ibadah salat yang kita kerjakan baik, maka semua amalan kita juga akan menjadi baik. Begitu pula sebaliknya.

Jadi segala hal yang kita lakukan juga bergantung dengan salat, bukan hanya niat saja. Perbaiki salat, Allah SWT akan memperbaiki kehidupan kita.

baca juga: Tata Cara Salat Istisqo Lengkap dengan Niat dan Doanya

Lafadz Doa

Jika sebelumnya sudah kita singgung bahwa doa tahiyat awal dan akhir berbeda, hal tersebut memang benar. Bahkan banyak orang yang ketika belajar salat mengeluhkan bacaan ini banyak.

Tetapi bagi kita, hal tersebut bukanlah halangan. Karena sesuatu yang sifatnya wajib, harus kita kerjakan seperti halnya salat.

Bukan hanya disampaikan Allah kepada Nabi Muhammad melalui lisan saja. Tapi Allah juga sudah mencantumkan perintah salat dalam Al-Qur’an yang menjadi pedoman bagi kehidupan manusia.

“Attahiyatul mubarakatussholawatut thyyibaatulillah, Assalamualaika ayyuhannabiyyu wa rahmtullahi wa barakatuh, Assalamu’alaina wa ‘alaa ‘ibadillahishholihin, Asyahadu Allaa ilahaillallah wa asyhaduanna muhammadarrasulullah, Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad, wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad, kamaa sholaita ‘alaa sayyidina Ibrahim wa ‘alaa ali sayyidina Ibrahim, wa barik’ala sayyidina Muhammad, wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad, kamaa barakta ‘alaa sayyidina Ibrahim wa ‘alaa ali sayyidina Ibrahaim, fil ‘alaa miina innaka hamidummmajiid”.

Arti doa tahiyat akhir ini adalah “Segala pengagungan yang berkah serta kebaikan yang baik hanya berasal dari Allah. Keselamatan selalu Allah limpahkan kepadamu wahai nabi, begitu juga rahmat serta berkah Allah. Semoga keselamatan dilimpahkan kepada kami dan hamba Allah yang salih. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan nabi Muhammad merupakan utusan Allah. Ya Allah, limpahkan rahmatmu kepada Muhammad dan keluarganya, limpahilah rahmat kepada keluarga nabi Muhammad, rahmatillah nabi Ibrahim beserta keluarganya. Limpahkanlah berkah atas nabi Muhammad beserta keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Ibrahim dan keluarganya. Engkaulah Tuhan yang Maha Terpuji dan Mulia di seluruh alam ini”.

Apakah doa tahiyat akhir yang selama ini kita ucapkan dan baca ketika salat sudah sesuai dengan yang Islam ajarkan?

baca juga: Doa Setelah Iqomah Mudah Dihafalkan dan Ringan Diamalkan

Doa Setelah Tahiyat

Bukan hanya itu saja doa yang harus kita hafalkan. Setelah doa tahiyat akhir, masih ada satu doa lagi yang tidak boleh kita lupakan, yakni doa memohon perlindungan dari fitnah Dajjal.

“Allahumma inni audzubika min adzabi jahanam wamin adzabil qobri wa min fitnatil mahya walmamati wa min syari fitnatil masihid dajjal”.

Arti doa tersebut adalah “Wahai Allah sungguh aku hanya berlindung kepada-Mu dari azab jahanam, fitnah kubur, fitnah kehidupan, serta kematian juga keburukan fitnah Dajjal”.

Faedah

Dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, jika di antara umatnya membaca doa tahiyat akhir, maka Allah akan melindungi dari empat hal.

Kemudian Rasul mengajak para sahabat untuk membaca doa fitnah Dajjal tersebut. Rasulullah juga mengajarkan kepada kita bahwa doa yang didengar Allah merupakan doa di akhir malam dan akhir salat wajib.

Jadi, manfaat atau keuntungan yang akan kita dapatkan ketika membaca doa tahiyat akhir bukan hanya menyempurnakan ibadah salat kita. Tapi Allah juga akan mengabulkan doa serta melindungi kita dari segala fitnah. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -