Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita PangandaranDrainase Tersumbat, Puluhan Rumah Terendam Banjir di Pangandaran

Drainase Tersumbat, Puluhan Rumah Terendam Banjir di Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Puluhan rumah terendam banjir di Dusun/Desa Kedungwuluh, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (23/3/2022).

Wasman, warga Desa Kedungwuluh mengatakan, genangan air setinggi 50 cm merendam rumah di dua RT.

“Sebanyak 25 rumah warga terendam air cileuncang,” katanya, Rabu (23/3/2022).

Menurut Wasman, air masuk ke rumah warga akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Pangandaran. Selain itu drainase juga tersumbat menambah tingginya genangan air.

“Saluran drainase hanya 80 cm lebarnya ditambah saluran air tersebut tersumbat akibatnya puluhan rumah warga saat hujan deras kemasukan air setinggi 50 cm. Ini karena air dari drainase tidak mengalir dan meluber ke mana-mana,” jelasnya.

Baca Juga: Dampak Banjir Bandang, Abrasi Sungai Cikanduruan Pangandaran Makin Melebar

Wasman menuturkan warga yang ada di Dusun Kedungwuluh gotong royong memperbaiki drainase yang tersumbat.

“Saluran air tersebut pembuangan akhirnya ke sungai yang menuju ke Ranca Cilalay. Namun karena tersumbat warga yang kena imbas, ya kejadian banjir ini,” katanya.

Lanjut Wasman, kejadian serupa juga sudah pernah terjadi sebelumnya. Puluhan rumah terendam banjir saat itu. Penyebabnya lagi-lagi karena drainase tersumbat.

“Bukan sekarang ini saja kejadian banjir, sebelumnya juga pernah. Penyebabnya drainase tadi tersumbat,” katanya.

Sementara itu warga Desa Kedungwuluh, Kecamatan Padaherang telah sepakat untuk mengajukan permohonan perbaikan drainase ke Dinas PU Kabupaten Pangandaran.

“Kami telah berembuk dengan warga masyarakat dan hasilnya kami akan mengajukan permohonan bantuan ke dinas terkait untuk memperbaiki plus pelebaran saluran drainase. Diajukan agar ke depan tidak lagi rumah rumah warga terendam air,” tandasnya. (Entang/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -