Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita CiamisDua Jembatan di Banjaranyar Ciamis Ambruk, Ratusan Warga Terisolir

Dua Jembatan di Banjaranyar Ciamis Ambruk, Ratusan Warga Terisolir

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Dua jembatan di Banjaranyar, tepatnya di wilayah Dusun Ciawitali dan Dusun Ciakar, Desa Pasawahan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk.

Kedua jembatan penghubung Dusun Ciawitali dengan Dusun Cisarua ambruk akibat guyuran hujan yang terjadi pada Kamis (17/03/2022) malam. Kini, ratusan warga di dua dusun tersebut terisolir.

Kepala Desa Pasawahan, Maman Suparman mengatakan, ambruknya dua jembatan itu terjadi pada Jumat (18/03/2022), sekitar pukul 03.00 WIB.

“Semalam curah hujan sangat deras sehingga air Sungai Calangap meluap dan menggerus pondasi jembatan, hingga akhirnya ambruk,” katanya.

Lebih lanjut Maman mengatakan, ambruknya dua jembatan penghubung antar dusun itu membuat ratusan warganya terisolir.

Baca Juga : Jalan Rusak di Banjaranyar Ciamis, Pemda Siap Lakukan Perbaikan

Ia menyebutkan, salah satu jembatan yang ambruk berada di perbatasan antara Dusun Ciawitali dengan  Dusun Cisarua. Jumlah penduduk Dusun Ciawitali sebanyak 157 KK, 741 jiwa.

Sedangkan, satu jembatan yang ambruk lainnya yaitu Jembatan Munggang Laos di Dusun Ciakar. Jumlah penduduk Dusun Ciakar ini sedikitnya ada  63 KK atau 139 jiwa yang terisolir.

“Warga dua dusun yaitu Dusun Ciawitali dan Dusun Cisarua kini menjadi terisolir. Untuk warga Dusun Ciawitali, mereka itu harus memutar arah jika mau menuju ke Kabupaten Pangandaran, menuju pusat desa dan kabupaten,” terang Maman.

Karena banyak warga yang terisolir, pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk bisa segera memperbaiki kembali dua jembatan di Banjaranyar yang ambruk tersebut. (Suherman/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -