Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruDudukan Spion Variasi, Tips Memilih dan Cara Memperbaiki Jika Patah

Dudukan Spion Variasi, Tips Memilih dan Cara Memperbaiki Jika Patah

Dudukan spion variasi pada sepeda motor saat ini banyak digunakan untuk mempercantik tampilan. Ada banyak pilihan dudukan dan kaca spion yang bisa Anda temukan.

Apalagi mengingat spion adalah salah satu komponen yang penting pada setiap sepeda motor. Selain meningkatkan tampilan kendaraan, komponen sangat fungsional ketika berkendara di jalan raya.

Karena perannya yang cukup penting, wajib bagi pemilik kendaraan tahu bagaimana tips memilihnya saat hendak menggantinya, baik yang variasi atau standar.

Biasanya setiap dealer sepeda motor sudah memiliki kelengkapan spion standar. Namun sayangnya masih banyak pemilik kendaraan yang kurang puas dengan adanya komponen tersebut.

Sehingga menggantinya dengan spion variasi. Penggunaan spion bisa menjadi salah satu aksesoris aftermarket yang disesuaikan dengan selera.

Bahkan memenuhi ketentuan peraturan dalam berkendara atau tidak. Sebaiknya Anda tahu tips tepat dalam memilihnya.

Baca juga: Cara Melipat Spion Elektrik yang Paling Simpel, Para Pemula Wajib Tahu!

Tips Menentukan Dudukan Spion Variasi

Semua komponen kendaraan hadir dengan fungsinya masing-masing. Hal ini juga berlaku pada spion kendaraan. Baik itu sepeda motor maupun mobil pastinya sudah memiliki spion standar dari pabriknya.

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih keren, kini bisa Anda temukan dudukan spion lengkap dengan kacanya.

Agar tidak salah pilih, berikut ini ada beberapa tips mudah dalam menentukan spion variasi yang juga diperbolehkan oleh peraturan berkendara di jalan raya.

Pilih Dudukan yang Sesuai

Dalam menentukan dudukan spion variasi, pastikan memilih yang tepat. Sebab setiap jenis sepeda motor memiliki tipe spion yang berbeda. Ada beberapa macam tangki spion, mulai dari sedang, panjang, atau justru pendek.

Anda bisa memilih sesuai dengan tipe kendaraan itu sendiri. Pastikan menentukan bisa memberikan visibilitas maksimal pada bagian belakang sepeda motor.

Jika ukurannya pendek, memang tampak lebih keren dari segi tampilannya pada beberapa tipe motor.

Namun perlu Anda perhatikan apakah mampu memberikan visibilitas secara maksimal atau tidak. Pastikan ukurannya sesuai dengan tipe kendaraan sehingga mampu memberikan visibilitas maksimal.

Baca juga: Perbedaan Spion Elektrik dan Retract yang Wajib Anda Ketahui

Desain

Tips menentukan spion motor variasi tidak bisa dilihat dari dudukan atau tangkainya saja. Namun Anda juga perlu memperhatikan desainnya. Apalagi bagi Anda yang menginginkan tampilan kendaraan lebih keren.

Jika Anda pemilik sepeda motor bergaya retro, sebaiknya pilih desain spion model vintage. Berbeda bagi pemilik kendaraan sport, bisa memilih desain spion lipat. Semua bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing.

Cermin Cembung

Dudukan spion variasi memang membantu memperkeren tampilan kendaraan. Meski demikian, tentukan jika cerminnya cembung. Ada beberapa pemilik kendaraan yang menggunakan kaca spion cermin datar.

Padahal hal ini akan memberikan bayangan maya, tegak, dan sama besar. Hal ini membuat pengendara tidak lebih leluasa ketika melihat kondisi belakang motor.

Berbeda dengan cermin cembung yang menampilkan bayangan tidak terbalik dan bisa tampak bagian belakang yang lebih luas.

Cara Memperbaiki Dudukan Spion Patah

Mengingat spion motor adalah salah satu komponen yang cukup penting, maka wajib ada pada setiap kendaraan.

Setelah Anda tahu bagaimana tips memilih spion yang tepat, cari tahu juga bagaimana mengatasi jika terjadi kerusakan.

Sama halnya komponen lain, dudukan spion variasi juga bisa mengalami kerusakan. Salah satunya yaitu dudukan yang patah.

Saat Anda mengalami kondisi dudukan spion yang patah, sebaiknya segera perbaiki. Adapun beberapa bahan dan alat yang perlu Anda siapkan yaitu:

  • Bor dengan ukuran 7 mm
  • Gerinda
  • Sketmat untuk mengukur diameter dan kedalaman lubang
  • Tap ukuran 8 x 1,25
  • Snei ukuran 8 x 1,25

Jika semua bahan dan alat sudah lengkap, barulah Anda bisa perbaiki dudukan spion variasi.

  1. Buat lubang yang hendak Anda pasangi spion. Bor pada dudukan menggunakan mata bor ukuran 7 mm.
  2. Setelah itu, buat drat pada lubang yang telah Anda buat. Caranya putar tap yang sudah disiapkan sejak awal.
  3. Kecilkan bagian diameter spion dengan menggunakan gerinda hingga ukurannya menjadi 8 mm. Ulir pada spion yang patah hingga bentuknya rapi.
  4. Setelah semua selesai, baru Anda bisa pasang spion hingga terlihat rapi dan berfungsi kembali.

Sebaiknya memperhatikan spion pada sepeda motor agar bisa berfungsi optimal. Bahkan Anda juga perlu tahu tips memperbaiki dudukan spion variasi motor yang patah. (R10/HR Online)

- Advertisment -