Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita TerbaruFilter Cahaya Biru di iPhone dan iPad dengan Mudah, Ini Caranya!

Filter Cahaya Biru di iPhone dan iPad dengan Mudah, Ini Caranya!

Filter cahaya biru di iPhone berguna untuk mengubah warna cahaya pada ponsel sehingga menjadi kekuningan.

Dengan adanya fitur tersebut, dapat mengurangi kelelahan mata akibat radiasi cahaya biru layar ponsel. Pancaran sinar biru dari layar memberikan efek lelah pada mata saat menatap layar lebih dari 2 jam.

Meskipun para ahli menyampaikan bahwa sinar biru dengan intensitas rendah tidak berbahaya. Namun mengaktifkan blue light filter dapat menjaga kesehatan mata kita.

Blue light filter merupakan fitur untuk mengubah warna cahaya pada layar menjadi kekuningan dan hangat di mata. Sehingga mata tidak cepat lelah atau tegang.

Baca Juga: Filter Cahaya Biru Samsung, Ini Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya

Cara Menghidupkan Filter Cahaya Biru di iPhone atau IPAD

Dalam mengurangi paparan sinar biru yang berbahaya untuk mata, bagi pengguna iPhone maupun iPad dapat menggunakan fitur night shift.

Night shift ini mampu mengurangi cahaya biru serta mengubah suhu warna layar menjadi lebih hangat sehingga nyaman dilihat mata. Untuk menggunakannya, maka Anda bisa melakukan pengaturan dari awal.

Pertama, Anda bisa membuka aplikasi pengaturan pada iPhone Anda. Selanjutnya masuk pada menu tampilan dan kecerahan layar. Setelah itu, masuk saja ke menu night shift.

Ketika Anda sudah masuk menu night shift, maka Anda bisa mulai menyalakan menu terjadwal. Anda bisa mengaturnya kapan filter cahaya biru di iPhone akan secara otomatis aktif. Bisa juga aktifkan secara langsung dengan menyalakan menu dan aktifkan manual hingga esok.

Selain itu, terdapat pengaturan untuk tingkat kehangatan cahaya layar. Aturlah dengan menggeser icon bulat pada menu bagian bawah.

Semakin tinggi Anda mengaturnya, maka akan kian berkurang cahaya biru pada layar. Setelah fitur tersebut aktif, maka Anda akan melihat layar lebih redup dan kekuningan.

Pandangan Anda akan semakin rileks dan nyaman meskipun menatap layar ponsel dalam jangka waktu yang lama. Mode night shift ini dapat Anda manfaatkan pada malam hari.

Selain itu, dapat dimanfaatkan saat Anda akan lakukan filter cahaya biru di iPhone dalam jangka panjang untuk mengerjakan tugas.

Sementara untuk pengaturan langsung atau pintasan, Anda dapat membuka langsung melalui bagian kanan atas layar ponsel. Anda bisa menggesernya ke arah bawah untuk membuka pusat kontrol.

Selanjutnya Anda tekan secara kuat ikon Brightness dan ketuk simbol bulan atau matahari untuk aktifkan maupun nonaktifkan night shift.

Baca Juga: Font HP iPhone di Android? Simak Cara Mudahnya di Sini!

Aktifkan Mode Malam di Ponsel

Begitu pentingnya mode ini, Google memutuskan untuk mengintegrasikan sejumlah filter cahaya biru ke Android dengan memulai Android Oreo.

Ketika Anda menggunakan HP baru, maka Anda memiliki opsi untuk dapat mengaktifkan opsi mode malam agar meredupkan cahaya biru.

Anda dapat membukanya melalui menu pengaturan dan pilih opsi tampilan. Kemudian Anda cari opsi filter cahaya biru iPhone.

Di sana terdapat pilihan berupa mode malam, mode membaca, cahaya malam, dan lainnya. Pada prinsipnya semua tetap berfokus pada warna layar lebih hangat.

Anda memiliki opsi untuk filter cahaya biru di iPhone atau mode selamat malam dan menjadwalkan kapan akan dimulai. Ketika sudah aktif, maka Anda dapat menatap HP dengan nyaman.

Baca Juga: Perbedaan Charger iPhone dan Android dari Kabel dan Adaptornya

Menggunakan Filter Sinar Biru Twilight

Selain menggunakan mode yang ada di ponsel, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi filter sinar biru Twilight.

Twilight menjadi aplikasi terbaik untuk blue light filter. Aplikasi ini mampu mengurangi kecerahan layar smartphone sehingga lebih nyaman.

Anda bisa mengatur temperatur warna kuning sesuai dengan kenyamanan Anda sehingga sinar biru tak lagi mengganggu jam tidur.

Lakukan penginstalan dan gunakan saat malam hari, baik saat membaca ebook maupun timeline media sosial. Bagian terbaik dari Twilight adalah dari segi otomatis.

Ketika Anda telah mengatur lokasi, maka secara otomatis mengubah filter layar yang tergantung pada waktu matahari terbit serta terbenam. Sehingga kecerahan atau sinar biru tidak dapat mengganggu Anda.

Anda dengan mudah mengatur suhu serta intensitas warna sehingga aplikasi tinggal mengurus sisanya. Selain itu, juga terdapat pengaturan filter lampu merah maksimum.

Filter cahaya biru di iPhone tersebut membantu Anda mendapatkan kenyamanan dalam melihat layar sehingga mata semakin sehat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -