Minggu, Mei 29, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFitur Arsip Aplikasi Google Diperkenalkan, Jadikan Memori Lebih Lapang!

Fitur Arsip Aplikasi Google Diperkenalkan, Jadikan Memori Lebih Lapang!

Fitur arsip aplikasi Google tentunya dapat menghemat penyimpanan di HP. Google saat ini telah memperkenalkan layanan baru yang dapat melakukan pengarsipan aplikasi. Fitur ini akan hadir pada perangkat Android untuk beberapa waktu ke depan.

Meskipun para vendor menghadirkan smartphone dan tablet dengan penyimpanan lebih besar, akan tetapi pembaharuan aplikasi yang tidak perlu dapat membuat ruang penyimpanan penuh.

Oleh karena itu, Google pun berinisiatif menghadirkan sebuah fitur baru yang dapat bermanfaat untuk mengarsipkan aplikasi.

Baca Juga: Aplikasi Google Stack Pemindai Dokumen Terbaru, Ini Informasinya

Mengenal Fitur Arsip Aplikasi Google, Segera Hadir!

Berdasarkan informasi terkini, saat ini Google tengah pengerjaan alat yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan aplikasi tertentu. Ini bertujuan untuk membantu mengosongkan ruang pada perangkat HP.

Dalam postingan blog Google menjelaskan bahwa melalui fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mencopot pemasangan sebagian aplikasi yang tidak terpakai.

Selain itu, fitur arsip aplikasi Google ini juga dapat berfungsi untuk mengecilkan aplikasi hingga 60% tanpa menghapus aplikasi secara keseluruhan.

Sesuai dengan penjelasan Google, cara ini dapat menjadi metode yang sangat ampuh untuk mengosongkan memori penyimpanan smartphone, terutama Android yang sudah penuh.

Baca Juga: Aplikasi Google Meet Hadirkan Fitur Terbaru

Manfaat Fitur Aplikasi Arsip Google

Dengan hadirnya fitur baru ini, setidaknya smartphone akan memperoleh kembali 60% memori dari total digunakan oleh sebuah aplikasi.

Hal ini karena dengan mengarsipkan sebuah aplikasi, maka Google hanya menghapus bagian dari aplikasi dan tidak menghapus secara keseluruhan.

Dengan kata kain, pengarsipan merupakan fungsi baru yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh kembali 60% memori, karena fitur ini akan menghapus bagian dari aplikasi dan tidak mencopot sepenuhnya.

Pada saat aplikasi melalui proses pengarsipan, maka ikon aplikasi tersebut akan tetap ada. Selanjutnya, bagi pengguna yang akan mengaktifkan aplikasi tersebut, maka tinggal mengetuk ikon untuk dapat mengunduh sisi data agar berfungsi kembali.

Dengan memanfaatkan fitur arsip aplikasi Google, maka aplikasi yang telah pengguna arsipkan akan tetap ada pada perangkat dan dapat dengan mudah pengguna kembalikan ke versi kompatibel terbaru yang tersedia. Hal ini juga dapat menjaga data dari pengguna.

Bahkan jika pengguna membuka ritsletingnya saat berada di arsip, maka data tidak akan terpakai. Cara restore programnya pun cukup sederhana, pengguna hanya perlu tap dan program akan mendownload langsung data.

Baca Juga: Aplikasi Google Duo Hadir untuk Melakukan Video Call Grup, Ini Caranya!

Jika sebelumnya para pengguna mencopot pemasangan aplikasi dengan tujuan untuk mengosongkan ruang, maka dengan memanfaatkan fitur terbaru Google ini akan mencegah pencopotan pemasangan aplikasi yang tidak perlu serta membantu pengguna memperoleh lebih banyak ruang penyimpanan dari perangkat yang mereka gunakan.

Belum dapat kita pastikan kapan fitur arsip aplikasi Google ini akan resmi rilis. Harapannya, fitur baru ini dapat pengguna Android manfaatkan dalam waktu dekat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -