Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruFont HP iPhone di Android? Simak Cara Mudahnya di Sini!

Font HP iPhone di Android? Simak Cara Mudahnya di Sini!

Font HP iPhone sangat berbeda dengan Android. iPhone tentu memiliki huruf khusus di device mereka.

Huruf pada iPhone salah satu komponen yang menjadikan tampilan ponsel satu itu lebih menarik. Bukan sesuatu yang aneh jika pengguna Android ingin memiliki huruf sama.

Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk mengubah font Android Anda dengan mudah agar bisa menjadi seperti device milik Apple.

Baca Juga: Mengubah Ukuran Font pada Android, Mudah dan Efektif

Sejarah Font HP iPhone, Apa yang Membuatnya Spesial?

Ponsel secara umum memiliki dua sistem operasi (OS) berbeda, yaitu Android dan iOS. Sebagian besar ponsel menggunakan OS Android.

Di sisi lain, iOS merupakan sistem operasi yang digunakan khusus untuk produk buatan Apple, seperti iPhone.

Karena tidak tersedia di banyak perangkat ponsel, OS iOS memiliki beberapa keistimewaan. Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah huruf atau font yang mereka gunakan.

Selain menjadi daya tarik, huruf yang ada di perangkat iPhone juga menjadi ciri khas mereka. Huruf iPhone cenderung terkesan elegan dan sangat berbeda dengan huruf bawaan Android.

Huruf atau font di HP iPhone bernama Helvetica. Nama tersebut tentu sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna teknologi.

Huruf tersebut dibuat oleh Max Meidinger dan Eduard Hoffman di sistem iOS. Sebelum menjadi Helvetica, nama huruf tersebut adalah Neue Haas Grotesk.

Helvetica sendiri berasal dari bahasa Swiss yang memiliki arti tulisan. Huruf tersebut secara resmi Apple gunakan untuk sistem OS X Yosemite, iOS 7, iOS 4, dan iOS 8.

Namun untuk sistem iOS terbaru menggunakan font San Francisco yang lahir atas penggabungan Helvetica dan FF DIN. San Francisco hingga kini masih ada di produk Apple.

Baca Juga: Ganti Font Xiaomi, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Android dengan Font San Francisco

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu daya tarik dari font HP iPhone adalah modelnya yang tampak elegan.

Tentu saja hal itu karena produk Apple termasuk ke dalam jajaran ponsel premium dengan harga fantastis.

Banyak dari pengguna Android yang ingin menggunakan font ciri khas ponsel Apple tersebut. Saat ini tentu saja hal itu dapat Anda lakukan dengan mudah.

Sebenarnya setiap ponsel dapat mengganti tampilan mereka. Ponsel Android keluaran terbaru rata-rata sudah memiliki tempat tema mereka sendiri.

Di dalam tema tersebut terdapat banyak pilihan yang dapat Anda gunakan untuk mengubah tampilan. Salah satu menunya tentu saja pengubah font ponsel.

Namun jarang sekali bisa Anda temukan font San Fransisco yang mirip seperti di iPhone. Hal itu karena setiap sistem operasi memiliki sistemnya sendiri-sendiri.

Sebenarnya Anda dapat mengunduh font HP iPhone manual melalui internet. Setelah mengunduh, maka font akan secara otomatis tersedia di bagian tema. Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakannya.

Baca Juga: Aplikasi Font untuk Whatsapp, Pengguna Android dan iOS Wajib Punya

Mengganti Font dengan Aplikasi

Jika Anda takut mengunduh file dari sumber tidak jelas, maka salah satu cara mudahnya adalah dengan aplikasi.

Terdapat banyak aplikasi yang menawarkan untuk mengubah font HP iPhone di Android. Aplikasi yang menyediakan font San Francisco salah satunya adalah Zfont.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu sebagai berikut.

  1. Unduh aplikasi Zfont melalui Google Play Store atau tempat unduhan lain.
  2. Buka aplikasi setelah terpasang dengan sempurna.
  3. Masuk ke menu utama aplikasi dan pilih menu Local.
  4. Anda dapat memilih font yang diinginkan, dalam hal ini San Fransisco.
  5. Setelah itu, Anda masih perlu mengunduh font dengan menekan ikon Aa.
  6. Aplikasi akan mengunduh font HP iPhone dan pilih file tersebut.
  7. Tekan OK sampai muncul preview dari font yang Anda pilih.
  8. Selanjutnya klik tombol Set dan pilih opsi Apply Me.
  9. Restart ponsel dan selesai.

Ketika ponsel menyala, maka secara otomatis akan memiliki tampilan huruf yang sama. Sebenarnya Anda tidak harus menggunakan aplikasi Zfont.

Terdapat beberapa aplikasi lain dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan cara pengaplikasiannya pun hampir sama seperti di Zfont, jadi Anda tidak perlu takut salah.

Beberapa aplikasi tersebut antara lain FontBrowser, WhatTheFont, Textizer, Font Maker, Super Text, dan masih banyak lagi.

Menggunakan font HP iPhone pastinya akan membuat tampilan Android milik Anda tidak kalah menarik dan elegan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -