Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruFosil Guemesia Ochoai Berusia 70 Juta Tahun Ditemukan di Argentina

Fosil Guemesia Ochoai Berusia 70 Juta Tahun Ditemukan di Argentina

Fosil Guemesia ochoai, dinosaurus bertangan kecil berhasil ditemukan di Argentina. Peneliti berhasil menemukan fosil terbaru tersebut di provinsi Salta, Argentina. Mereka menduga bahwa fosil ini termasuk dinosaurus yang memiliki jenis Guemesia ochoai.

Dinosaurus jenis itu hidup pada zaman kapur dengan ciri utamanya memiliki lengan kecil, mirip T-rex.

Baca Juga: Fosil Reptil Bersayap Pterosaurus di Skotlandia, Berusia 170 Tahun

Penemuan Fosil Guemesia Ochoai di Argentina

Pernah mendengar dinosaurus? Mereka adalah binatang purba yang berukuran sangat besar. Keberadaan mereka juga bukan hanya mitos.

Binatang raksasa tersebut hidup puluhan hingga ratusan juta tahun lalu di Bumi, bahkan sebelum manusia kuno pertama hidup.

Dinosaurus memang sudah punah sejak ratusan tahun lalu. Meski begitu, sisa-sisa kehidupan dari makhluk raksasa ini masih bisa terdeteksi.

Bahkan sisa kehidupan mereka, seperti tulang belulang menjadi bahan penelitian yang tidak ternilai harganya.

Hasil dari penelitian tersebut nantinya akan menjadi sebuah pengetahuan untuk meneliti keadaan Bumi pada masa kehidupan jutaan tahun lalu.

Apalagi di zaman modern yang serba canggih ini, proses penelitian sudah terbantu dengan berbagai alat canggih sehingga tidak sulit untuk mendeteksi sisa-sisa tulang dari dinosaurus.

Baca Juga: Fosil Embrio Dinosaurus Baby Yingliang Ditemukan Dalam Kondisi Baik

Baru-baru ini ilmuwan kembali menemukan fosil hewan yang diduga dinosaurus. Fosil tersebut memperlihatkan dinosaurus yang memiliki lengan kecil bernama Guemesia ochoai.

Nama Guemesia ochoai berasal dari pahlawan Argentina, Martin Miguel de Guemens bersama pekerja museum yang berhasil menemukan fosil, Javier Ochoa.

Menurut perkiraan, dinosaurus jenis ini hidup pada 70 juta tahun lalu, tepatnya pada zaman kapur. Lokasi penemuan fosil adalah di salah satu Provinsi Argentina, tepatnya Salta.

Dugaan Sementara Merupakan Fosil Karnivora

Para peneliti menduga bahwa fosil Guemesia ochoai merupakan jenis karnivora dari grup Abeliasaurus. Grup tersebut berisi dinosaurus yang berjalan dengan dua kaki dan memiliki tangan kecil.

Postur tubuh yang Guemesia ochoai lebih kecil dari Tyrannosaurus-rex atau T-rex di Amerika Utara.

Karena tangannya yang kecil, dinosaurus seperti Guemesia ochoai hidup dengan mengandalkan kepala dan rahangnya.

“Guemesia ochoai sungguh unik dan memiliki struktur sangat berbeda dari dinosaurus karnivora lainnya. Kami paham bahwa kami sedang berhadapan dengan spesies yang sungguh baru” ujar peneliti dewa sain Argentina CONICET, Federico Agnolin.

Menurut Agnolin, Guemesia ochoai memiliki indra penciuman yang tajam, namun rabun jauh.

“Beberapa ilmuwan memperkirakan hewan ini berburu mangsanya dengan menyerang menggunakan kepala” tambah Agnolin.

Baca Juga: Fosil Stegouros Elengassen Berbentuk Unik Namun Mengerikan di Maroko

Berdasarkan fosil yang ditemukan, peneliti menduga bahwa dinosaurus kemungkinan masih berusia muda.

Dengan begitu, ilmuwan mulai meyakini bahwa Abeliasaurus menjelajah wilayah yang kini menjadi Afrika, India, dan Amerika Selatan.

Terbukti dari adanya beberapa spesies Abeliasaurus, termasuk fosil Guemesia ochoai yang ada di Argentina kebanyakan berada di bagian paling selatan Amerika Selatan, Patagonia Selatan yang terletak di antara Argentina dan Chili. (R10/HR-Online)

- Advertisment -