Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita TerbaruFrekuensi TV Digital di Telkom 4, Ini Daftarnya

Frekuensi TV Digital di Telkom 4, Ini Daftarnya

Frekuensi TV digital di satelit Telkom 4 bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan siaran atau channel yang ada. Seperti kita ketahui, bahwa channel seperti RCTI, Indosiar, MNCTV dan sebagainya termasuk dalam satelit Telkom 4.

Sebagai informasi, bahwa pemerintah sudah mensosialisasikan tentang peralihan atau migrasi dari siaran TV analog ke digital.

Meski sosialisasi tersebut secara bertahap, namun pemerintah menargetkan bahwa tahun ini masyarakat sudah bisa menikmati siaran televisi yang memiliki banyak kelebihan tersebut.

Daftar Frekuensi TV Digital di Telkom 4

Sebenarnya untuk melakukan migrasi dari analog tersebut tidak membutuhkan perangkat yang banyak. Anda tinggal menyiapkan Set Top Box atau STB.

Pasalnya, perangkat lainnya tetap sama. Seperti tentunya televisi dan masih tetap menggunakan antena biasa atau terestrial. Sehingga, saat peralihan tersebut tidaklah sulit.

Sebagai informasi, bahwa salah satu kelebihan dari siaran televisi tersebut adalah memiliki kualitas gambar yang sangat jernih.

Baca Juga : Frekuensi Sinyal Terkuat Telkom 4, Termasuk Update TP RCTI

Bahkan, kualitas gambarnya tersebut setara dengan channel yang ada pada parabola. Karena untuk TV digital ini ada yang SD atau Standard Definition sampai HD atau High Definition.

Selain berkualitas gambar yang yahud, pada audio atau suara juga lebih jernih ketimbang televisi analog.

Namun yang menjadi masalah adalah frekuensi TV digital dari masing-masing channel televisi yang ada di Telkom 4. Sebab, ada perbedaan dengan frekuensi yang ada pada parabola, meski tetap pada satelit Merah Putih.

Sehingga, masing-masing channel seperti Indosiar, SCTV, RCTI, ANTV, TV One dan lainnya bakal mengubah menyesuaikan satelit Telkom 4.

Sementara untuk mengubah frekuensi tersebut dari TV Analog, maka Anda memerlukan perangkat lainnya yakni STB.

Transponder MNC Grup dan Emtek Grup

Setelah Anda menyiapkan perangkat utama yang mengubah TV analog yakni STB, maka langkah selanjutnya tinggal memasukkan transpondernya.

Berikut ini frekuensi TV digital yang ada di satelit Telkom 4, yang bisa menjadi acuan Anda untuk menikmati gambar dengan kualitas terbaik.

Untuk channel RCTI Anda tinggal memasukkan transponder 4034 Mhz Horizontal (H) 16600. Global TV memiliki frekuensi 4034 Mhz H 16600, kemudian untuk MNC TV, Inews TV dan juga MNC Media frekuensinya sama.

Baca Juga : Frekuensi Transvision Nusantara HD Telkom 4 C-Band Terbaru

Selanjutnya adalah dari Emtek Grup yakni Indosiar Ada tinggal memasukkan frekuensi 4005 Mhz H 9000. Begitu juga untuk SCTV frekuensinya sama dengan Indosiar.

Sementara channel TV One untuk yang Standard Definition transpondernya adalah 4174 Mhz. Sedangkan untuk HD frekuensinya 3720 Mhz H 6000/32727

Channel Lainnya

Selain frekuensi siaran TV digital di atas yang ada pada satelit Telkom 4, berikut ini juga daftar sejumlah channel televisi Indonesia lainnya.

Bagi Anda yang suka menyaksikan siaran Trans 7, maka tinggal memasukkan frekuensinya yakni 3906 H 6249 untuk yang SD. Dan yang HD tinggal masukkan 3888 H 9599/9600.

Sementara channel Trans TV memiliki transponder 3888 H 9600. Lalu CNBC Indonesia dan CNN Indonesia yang masuk dalam Trans Media frekuensinya 3880 V 3200.

Baca Juga : Frekuensi Telkom 4 MPEG2, Ini Daftarnya

Selanjutnya yaitu TVRI Nasional dengan frekuensi 3921 Mhz H 3500. Kompas TV mempunyai frekuensi SD 3720 Mhz, dan yang HD adalah 4104 Mhz H 32727:1000.

Sedangkan Metro TV yaitu 4080 H 32677. NET TV untuk yang SD 3986 Mhz, dan yang High Definition 3992 Mhz H 4400.

Channel televisi Indonesia lainnya yaitu RTV dengan frekuensi 3949 Mhz Vertikal 4333. Dan terakhir ANTV 3850 Mhz H 6000.

Apa itu STB?

Bagi yang sering tracking parabola, tentunya untuk memasukkan frekuensi TV digital di atas yang ada di Telkom 4 tidaklah sulit. Namun berbeda dengan yang masih awam, tentu akan menemui kesulitan.

Namun sebelumnya, Anda persiapkan dulu peralatan atau perangkat utama untuk mengubah TV analog tersebut. Perangkat tersebut bernama STB.

Akan tetapi, jika televisi yang sudah bisa otomatis mengubah atau melakukan migrasi sendiri, maka tidak perlu alat tersebut. Biasanya untuk televisi keluaran model sekarang sudah ada alat yang menyerupai STB.

Bagi yang belum tahu apa itu STB, berikut penjelasannya. Perangkat ini merupakan sebuah alat yang bisa mengkonversikan atau mengubah sinyal digital menjadi suara serta ke gambar, yang bisa ditampilkan pada televisi analog biasa.

Jadi, dengan adanya alat yang nama lainnya converter, receiver atau ada yang menyebutnya dekoder itu, maka perlu alat tempur khusus lainnya. Anda cukup menyiapkan antena televisi UHF-VHF saja.

Nah dengan penjelasan di atas, maka setelah memiliki STB selanjutnya tinggal memasukkan frekuensi TV digital yang ada di Telkom 4. (R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -