Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Riding Gear Motor Mengurangi Risiko Cidera Saat Kecelakaan

Fungsi Riding Gear Motor Mengurangi Risiko Cidera Saat Kecelakaan

Fungsi riding gear pada sepeda motor cukup penting. Komponen tersebut sebagai salah satu alat keselamatan dalam berkendara.

Saat ini sepeda motor menjadi alat transportasi yang justru banyak masyarakat gunakan untuk sehari-hari. Selain terbilang cukup mudah dioperasikan, irit juga dari segi bahan bakar.

Sayangnya sebagian besar pemilik kendaraan kurang memahami betapa pentingnya perlengkapan berkendara atau riding gear.

Saat mengendarai sepeda motor sebaiknya Anda menggunakan perlengkapan berkendara agar tetap aman selama perjalanan.

Adapun perlengkapan yang wajib Anda bawa mulai dari sepatu, celana panjang, sarung tangan, jaket, dan helm. Tidak hanya sekedar perlengkapan berkendara saja, namun riding gear juga memiliki peran yang cukup penting bagi pengguna sepeda motor.

Sehingga fungsi riding gear tidak dapat Anda anggap remeh begitu saja. Apalagi saat berkendara kita tidak tahu apa yang bisa saja terjadi.

Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya yang berakibat fatal, perlengkapan berkendara wajib Anda kenakan.

Baca juga: Mengubah Ukuran Gear Motor, Simak Uraian Ini Sebelum Melakukannya!

Fungsi Riding Gear Saat Mengendarai Sepeda Motor

Meski pengguna sepeda motor saat ini semakin banyak, namun tidak semuanya menggunakan perlengkapan keselamatan. Padahal menggunakan riding gear adalah salah satu hal yang bisa membantu sistem keselamatan berkendara.

Meski terlihat berlebihan, namun perannya cukup penting. Dengan adanya perlengkapan tersebut tentu akan membuat Anda lebih aman saat mengendarai sepeda motor.

Barang-barang yang termasuk komponen riding gear bisa dari helm, sarung tangan, jaket, hingga celana panjang. Seperti halnya yang sudah diungkapkan sejak awal.

Anda perlu menggunakan perlengkapan tersebut secara bersamaan. Peran dari riding gear yaitu untuk melindungi tubuh ketika dalam kondisi darurat. Adapun beberapa fungsi dari komponen tersebut antara lain:

Sepatu

Perlengkapan yang pertama yaitu sepatu. Di mana alas kaki ini akan membantu melindungi bagian kaki.

Meski Anda berkendara untuk jarak dekat, namun penggunaan perlengkapan keamanan ini sangat penting.

Sepatu mampu melindungi kaki dari bahaya ketika terjadi kecelakaan, baik itu tabrakan maupun jatuh sendiri. Mata kaki dan bagian kaki lainnya akan terlindungi dengan perlengkapan berkendara tersebut.

Baca juga: Penyebab Gear Motor Cepat Habis Karena Kotoran yang Menempel

Helm

Fungsi riding gear bagian kepala yaitu helm. Helm menjadi komponen paling utama yang wajib Anda kenakan ketika berkendara. Bahkan selain sebagai perlengkapan keamanan, juga wajib menggunakannya saat berkendara.

Hal ini sudah ada dalam aturan lalu lintas berkendara. Bahkan bagi siapa saja yang tidak mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor, justru akan terkena tilang.

Agar tidak terkena sanksi dan aman berkendara sebaiknya Anda kenakan helm sebagai pelindung kepala.

Jaket

Mengenakan jaket ketika berkendara tentu akan jauh lebih aman. Apalagi jika Anda berkendara dengan jarak yang cukup jauh.

Jenis riding gear yang satu ini akan membantu Anda terlindung dari terik matahari maupun yang lainnya.

Bahkan jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, jaket akan melindungi tubuh dari goresan ataupun aspal jalan raya. Bahkan jaket juga berperan untuk melindungi tubuh bagian atas dari gesekan maupun benturan.

Celana Panjang

Sedangkan untuk fungsi riding gear selanjutnya ini mampu melindungi bagian kaki. Sehingga akan melindunginya dari gesekan atau benturan ketika terjadi kecelakaan sewaktu-waktu yang tidak diinginkan.

Sarung Tangan

Telapak tangan memang berfungsi untuk memegang kemudi atau stang saat berkendara menggunakan sepeda motor.

Fungsi riding gear yang satu ini akan melindungi telapak tangan saat berkendara terutama ketika perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh. Tangan akan terlindungi dari goresan bahkan cuaca dingin dan panas.

Waktu yang Tepat Menggunakan Riding Gear

Setiap berkendara baik sepeda motor atau mobil tentu ada alat keselamatan yang wajib diperhatikan. Untuk perlengkapan keselamatan berkendara sepeda motor misalnya saja riding gear.

Semua perlengkapan memang sebaiknya Anda gunakan secara bersamaan. Lantas kapan waktu yang tepat ketika menggunakannya? Jawabannya yaitu setiap Anda berkendara, baik jarak dekat maupun jauh.

Bahkan dalam kondisi tertentu riding gear bisa Anda tambahkan dengan kelengkapan lainnya. Seperti pelindung sikut, dada, punggung, lutut, hingga tulang kaki bagian depan.

Kelengkapan ekstra tersebut memang tidak berlebihan bagi mereka yang hendak melakukan aktivitas berkendara dengan potensi tinggi. Misalnya balapan atau aktivitas bermotor lainnya yang berisiko tinggi.

Sebaiknya Anda kenakan perlengkapan tersebut setiap berkendara untuk mengurangi risiko cidera saat kecelakaan. Sehingga fungsi riding gear dapat Anda rasakan manfaatnya ketika masalah tersebut terjadi secara tiba-tiba. (R10/HR Online)

- Advertisment -