Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisGaluh Travel Mart di Jakarta, Jaksel Ajak Ciamis Kerja Sama Ekraf

Galuh Travel Mart di Jakarta, Jaksel Ajak Ciamis Kerja Sama Ekraf

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Galuh Travel Mart 2022 Digelar di Jakarta oleh Dinas Pariwisata Ciamis dan BP2D Ciamis, Senin (21/3/2022). Dalam momen ini Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan (Jaksel) mengajak Pemkab Ciamis kerja sama dalam bidang ekonomi kreatif (Ekraf).

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jaksel Rus Suharto setelah melihat Ciamis dari dekat ternyata memiliki potensi besar untuk mengajaknya kerja sama. Terutama kolaborasi pada sektor ekonomi kreatif.

“Kegiatan ini sangat membuka peluang untuk kedua wilayah kerja sama dari segi ekonomi kreatif. Bisa saja seperti bahan baku dari pelaku UMKM Ciamis dan produksinya di Jakarta Selatan atau sebaliknya,” ujar Rus Suharto saat menghadiri Galuh Travel Mart 2022.

Dengan kerja sama ini bisa meningkatkan perekonomian kedua daerah tersebut. Terutama pada saat pemulihan ekonomi setelah terdampak pandemi Covid-19.

“Kita juga mengundang organisasi profesi, asosiasi, pelaku usaha dan organisasi historia kesini. Supaya mereka bisa melihat potensi Ciamis dari sisi ekonomi kreatif dan keindahan alam Ciamis untuk tujuan wisata,” ucapnya.

Pihaknya pun menyambut baik kegiatan Galuh Travel Mart ini. Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya marketing yang sangat bagus. Sehingga bisa menyedot perhatian publik ibu kota. Warga ibu kota mengetahui indahnya alam Ciamis yang direkomendasikan untuk dikunjungi,” jelasnya.

Salah satu yang jadi perhatiannya Suharto adalah sungai yang jernih berbeda jauh dengan Jakarta. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

Galuh Travel Mart di Jakarta Upaya Jemput Bola Wisatawan

Sementara itu, Sekdis Pariwisata Ciamis Budi Kurnia berterima kasih kepada Pemerintah Jakarta Selatan yang mengizinkan kegiatan promosi wisata ini.

“Wisata Ciamis yang sangat menonjol itu wisata kampung sehingga pasar warga ibu kota merupakan sasaran yang tepat untuk promosi,” katanya.

Terlebih tahun 2022 ini Pemkab Ciamis menargetkan 1 juta kunjungan wisata. Galuh Travel Mart di Jakarta ini sebagai jemput bola calon wisatawan.

“Pandemi menjadi kendala dunia pariwisata saat ini. Tapi ikhtiar ini bisa jadi sebuah harapan ketika kondisi sudah normal dan Ciamis bisa menjadi kota tujuan wisata,” ungkapnya.

Ketua BP2D Ciamis Endang Haris Juanda menyatakan pihaknya bertekad untuk terus promosikan wisata Ciamis. Sehingga target 1 juta kunjungan bisa tercapai. “Ini langkah ikhtiar kami untuk promosi wisata,” ucapnya. (Fahmi/R9/HR-Online/Editor: Dadang)

- Advertisment -