Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBerita TerbaruGejala Umum Osteoporosis, Waspadai Salah Satunya Sakit Punggung

Gejala Umum Osteoporosis, Waspadai Salah Satunya Sakit Punggung

Gejala umum osteoporosis perlu diwaspadai. Masalah kesehatan ini kerap dikaitkan dengan bertambahnya usia seseorang yang semakin tua. Osteoporosis dapat menyebabkan tulang menjadi lemah bahkan sangat rapuh.

Apalagi ketika mendapatkan tekanan ringan, seperti saat batuk atau membungkuk. Saking rapuhnya tulang pun bisa patah.

Terjadinya pengeroposan tulang akibat osteoporosis seringkali terjadi pada pergelangan tangan, bagian pinggul, dan tulang belakang.

Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahuinya bahwa tulang merupakan jaringan hidup yang selalu mengalami pergantian dan dipecah.

Biasanya osteoporosis terjadi ketika pembentukan tulang yang baru namun tulang yang lama tidak hilang. Penelitian menyebutkan ada sekitar 200 jutaan orang mengalami osteoporosis.

Baik wanita maupun pria bisa terkena osteoporosis. Tapi wanita kemungkinan memiliki 4 kali lebih rentan mengalaminya ketimbang pria.

Baca Juga : Gejala Awal Osteoporosis dan Cara Mengobatinya

Tercatat sekitar dua juta kasus setiap tahunnya yang mengalami patah tulang. Penyebabnya adalah osteoporosis dan jumlah penderitanya pun terus bertambah.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu waspada terhadap gejala osteoporosis, agar bisa secepatnya mendapat penanganan.

Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/03/2022), berikut ini gejala-gejala osteoporosis yang penting untuk Anda ketahui.

Waspadai 5 Gejala Umum Osteoporosis

Sakit Leher atau Punggung

Osteoporosis dapat menyebabkan penderitanya mengalami kompresi tulang bagian belakang patah. Kondisi ini tentunya menimbulkan sakit yang terasa luar biasa lantaran keluarnya saraf dari sumsum tulang bagian belakang dapat terjepit.

Biasanya rasa nyeri pada bagian leher atau punggung dari skala ringan sampai berat sekaligus dapat melemahkan.

Baca Juga : Makanan Penyebab Osteoporosis Perlu Anda Kenali dan Batasi Konsumsinya

Gangguan Tangan Lemah

Gejala umum osteoporosis berikutnya yang harus Anda waspadai yaitu adanya gangguan pada tangan, sehingga tangan terasa lemah.

Dalam jurnal National Center for Biotechnology Information, sebuah penelitian melibatkan wanita dengan kondisi pasca menopause.

Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan kepadatan mineral tulang. Kondisi tersebut mengakibatkan mereka terlihat lemah saat menggenggam.

Kuku Rapuh

Tulang dan kuku terdiri dari ikatan disulfida. Kondisi ini membuat protein jadi saling menempel antara satu sama lainnya.

Apabila kuku menjadi mudah terkelupas, rapuh, atau patah, hal ini bisa jadi salah satu gejala umum osteoporosis, yaitu adanya gangguan pada bagian tulang akibat kekurangan kalsium.

Baca Juga : Penyebab Kuku Rusak yang Jarang Orang Tahu, Waspadai Penyakit!

Gusi Menyusut

Kondisi gusi yang menyusut bisa menjadi tanda gejala umum osteoporosis. Karena osteoporosis tak hanya memengaruhi tulang tangan atau pinggul saja, namun bisa juga terjadi pada bagian mulut.

Menurut penelitian, osteoporosis bisa menyebabkan terjadinya pengeroposan pada tulang rahang. Tulang ini memiliki peran menopang gigi.

Kalau kepadatannya sudah berkurang, maka gusi akan menyusut yang mengakibatkan kehilangan gigi.

Tinggi Badan Berkurang

Terjadinya pengeroposan pada bagian tulang belakang akibat osteoporosis bisa menyebabkan tinggi badan menjadi lebih pendek.

Kondisi ini menjadi salah satu tanda osteoporosis yang paling gampang terlihat. Baik itu oleh kita sendiri maupun orang lain.

Itulah lima gejala umum osteoporosis yang perlu Anda ketahui supaya bisa segera mengatasinya, sebelum kondisinya semakin parah. (R3/HR-Online/Editor-Eva)