Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita NasionalGempa Kencang Guncang Banten dan NTT, Ini Pernyataan dari BMKG

Gempa Kencang Guncang Banten dan NTT, Ini Pernyataan dari BMKG

Gempa kencang guncang Banten dan NTT pada hari ini Sabtu, 12 Maret 2022. Tepatnya pada pukul 12.31 WIB dan sudah terkonfirmasi dari BMKG berkekuatan 5.3 Magnitudo. Sedangkan untuk wilayah NTT terjadi pada pagi pukul 09.00 WIB dengan 4,7 Magnitudo.

Dua wilayah Tanah Air seharian ini mengalami gempa dengan waktu yang berbeda. Seperti biasanya ketika terjadi goncangan dari bumi langsung ada update terbaru dalam akun social media.

Bahkan ada trending yang membahas hal ini untuk saling bertukar kabar dan update terbaru mengenai kondisi keluarga dan kerabat dari jauh.

Sempat timbulkan kekhawatiran dari warga sekitar yang tinggal di daerah tersebut. BMKG merilis mengenai kabar ini dan memberikan klasifikasinya.

Baca Juga: Cakupan Rendah, Disdik Ciamis Terus Gencarkan Vaksinasi Booster

Bencana Gempa Kencang Guncang Banten dan NTT Hari Ini

Dua kejadian serupa terjadi secara bergantian dalam wilayah Tanah Air. Kita sudah bisa membayangkan apabila kedua wilayah ini cukup jauh dan terpisah pulau.

Namun dalam satu hari ini terjadi gempa yang berbeda. Pertama NTT pada pagi hari ini pukul 09.00 WIB dengan kekuatan mencapai 4, 7 Magnitudo.

Sedangkan untuk daerah Banten terjadi pada siang hari tadi pukul 12.31 WIB dengan kekuatan mencapai 5,3 Magnitudo.

Hari ini cukup menimbulkan kekhawatiran yang berlebih. Pasalnya juga alami kepanikan yang luar biasa hingga sempat trending dalam platform Twitter.

Baca Juga: Ketum Balad Galuh Ciamis Minta Wasit Bersikap Tegas Saat Pimpin Laga

BMKG Pastikan Tidak Ada Potensi Tsunami Banten

Kejadian kali ini mendapatkan pernyataan dari BMKG untuk wilayah Banten. Tidak ada kemungkinan tsunami pada gempa berkedalaman 10 km ini.

Sehingga masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak khawatir lagi. Isu yang beredar tidak ada kebenaran sama sekali dan perlu kita dengarkan.

Hanya ada himbauan untuk memastikan bangunan tempat tinggal memiliki ketahanan gempa yang cukup baik. Kestabilan bangunan perlu kita pastikan terlebih dahulu sebelum kembali ke rumah.

Baca Juga: LSI: Mayoritas Puas dengan Kinerja Jokowi, Tapi Tolak Presiden 3 Periode

Gempa NTT Masih Aman

Gempa kencang guncang Banten dan NTT ini sempat timbulkan kepanikan. Untuk Banten sudah terkonfirmasi aman, sedangkan untuk NTT memiliki kondisi serupa dan terkendali.

Sampai saat ini tampaknya tidak ada korban jiwa atau lainnya. Sedangkan untuk kerusakan belum ada laporan sama sekali dalam kejadian kal ini.

Dampaknya cukup aman dan tidak meninggalkan korban sama sekali. Level cukup aman ini hanya menimbulkan kepanikan yang cepat setelah kejadian.

Masyarakat yang bertempat tinggal di daerah ini tetap aman dan dalam kondisi baik-baik saja. BMKG sudah mengkonfirmasi kedua kejadian ini termasuk dalam kondisi aman, jadi tidak perlu khawatir lagi.

Gempa kencang guncang Banten dan NTT ini menjadi update terbaru untuk kabar dari Tanah Air. Semoga tidak ada kabar terbaru yang berisikan duka. Namun berikan kabar yang baik dan tetap dalam kondisi baik-baik saja. (R10/HR-Online)

- Advertisment -