Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruHadits Tentang Bersyukur, Mengingatkan Kita pada Nikmat Allah

Hadits Tentang Bersyukur, Mengingatkan Kita pada Nikmat Allah

Hadits tentang bersyukur membuat kita selalu ingat dan mensyukuri nikmat Allah SWT. Banyak sekali kenikmatan yang Allah berikan kepada kita. Mulai dari nikmat kesehatan, nikmat sempat, rizki, dan lain sebagainya.

Pemberian Allah tersebut tidak hanya untuk kita nikmati saja. Akan tetapi, semua itu wajib kita syukuri.

Baik itu dengan hati, ucapan, maupun perbuatan. Hati kita sebaiknya selalu mengingat Allah dan segala nikmat yang telah Allah berikan.

Apa saja nikmat dari Allah kita syukuri dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah dari lisan kita. Adapun mensyukuri dengan perbuatan, yaitu kita wajib beribadah kepada Allah dengan lebih sungguh-sungguh.

Sebab, itu bisa menjadi bukti syukur kita yang terbaik. Kenikmatan yang diberikan Allah kita gunakan untuk bisa lebih dekat kepada-Nya.

Baca Juga : Rezeki Sudah Dijamin Allah Jangan Khawatir, Cukup Usaha dan Bersyukur

Ayat dan Hadits Tentang Bersyukur

Dalam Al Quran dan Al-Hadits, Allah dan Rasul selalu memerintahkan kepada hambanya agar selalu bersyukur. Dalam Al Quran surat Ibrahim ayat 7 juga dijelaskan tentang ayat bersyukur.

Barang siapa mau bersyukur pada nikmatnya Allah, maka Allah akan menambah nikmat. Sebaliknya, barangsiapa yang tidak mau bersyukur, maka sesungguhnya siksaan Allah itu sangat berat.

Dalam ayat tersebut bisa kita ambil kesimpulan, berapapun nikmat yang kita dapat jika mensyukurinya maka Allah akan menambah dengan nikmat yang lebih banyak lagi.

Perintah syukur tak hanya tertera dalam ayat Al Quran saja. Akan tetapi, juga banyak penjelasannya di hadits tentang bersyukur.

Semuanya memerintahkan kepada umat manusia supaya bisa selalu bersyukur dan bersabar dengan semua nikmat pemberian Allah SWT.

Baca Juga : Hadits Larangan Mengambil Hak Orang Lain, Harus Kita Jauhi!

Kisah Teladan untuk Tetap Bersyukur

Sejak zaman para nabi, ayat dan hadits tentang bersyukur sudah ada. Nah, ada kisah ketika zaman nabi yang bisa kita jadikan teladan agar tetap bersyukur pada Allah.

Kisah ini dari Nabi Ayyub. Nabi Ayyub merupakan nabi yang sangat tampan dan kaya raya. Ia juga memiliki istri yang cantik dan anak-anak baik.

Nabi Ayyub mendapatkan cobaan berupa sakit gatal hingga tubuhnya digerogoti belatung. Penyakit itu menyerangnya selama 18 tahun.

Seketika itu, ia kehilangan semua hartanya, istri, dan juga anak-anaknya.

Meski mendapatkan cobaan yang sangat berat, Nabi Ayyub tetap bersyukur. Sebab, ia ingat nikmat dari Allah untuknya masih lebih besar daripada penderitaan yang dia terima.

Atas rasa syukur yang besar dan kesabarannya, Allah mengembalikan semua yang hilang dari Nabi Ayyub.

Keluarganya kembali utuh, harta bendanya juga kembali, dan badannya menjadi sehat. Inilah hasil dari orang yang bisa bersyukur kepada nikmat Allah.

Dari kisah ini bisa kita ambil hikmah. Seberat apapun cobaan yang Allah berikan kepada kita, Allah juga memberikan nikmat lain yang tidak bisa kita hitung.

Dalam hadits tentang bersyukur dijelaskan, “Niscaya jika kamu menghitung nikmatnya Allah, maka kamu tidak akan sanggup untuk menghitungnya.”

Itu merupakan bukti betapa besar dan banyaknya nikmat dari Allah setiap harinya. Mulai dari kita bisa bernafas, melihat, berjalan, dan itu semua adalah pemberian dari Allah.

Keutamaan Bersyukur Kepada Allah

Dalam hadits tentang bersyukur juga menjelaskan tentang manfaat dan keutamaan dari bersyukur. Banyak sekali keutamaan bersyukur yang perlu kita pahami.

1. Bersyukur Merupakan Tanda Orang Iman

Ada hadits tentang bersyukur yang menjelaskan jika orang beriman adalah orang yang ketika mendapatkan cobaan ia mau bersabar. Kemudian, pada saat mendapatkan nikmat ia mau bersyukur.

Jadi, jika kita selalu mensyukuri pemberian Allah, berarti kita adalah orang dengan iman yang sejati.

2. Bersyukur Bisa Menambah Nikmat

Seperti yang telah tertera dalam ayat Al Quran surat Al-Baqarah, Allah akan menambah nikmat untuk orang yang bersyukur. Maka dari itu, seberapa nikmat yang kita dapatkan wajib untuk kita syukuri. Keutamaan bersyukur ini juga sudah banyak dijelaskan dalam hadits tentang bersyukur lainnya.

Baca Juga : Hadits Tentang Zalim, Jadi Peringatan Bagi Manusia Semasa Hidupnya

3. Mendapatkan Pahala yang Besar

Orang yang mau bersyukur, maka Allah telah menyediakan pahala yang sangat besar untuknya. Kemudian, di akhirat Allah akan memberikan surga kepada orang yang mau bersyukur.

Dengan adanya ayat dan hadits tentang bersyukur ini, semoga hati kita bisa penuh dengan rasa syukur. Selain itu, semoga kita semua bisa terhindar dari perbuatan yang dosa seperti kufur nikmat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -