Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisHama Babi Hutan dan Monyet Gasak Kebun Warga di Kawali Ciamis

Hama Babi Hutan dan Monyet Gasak Kebun Warga di Kawali Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Hama babi hutan dan monyet dari Gunung Sawal kembali turun memasuki areal perkebunan warga di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Tanaman palawija di Cikawung Gunung, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, digasak babi hutan dan monyet hingga habis.

Enjen, salah seorang warga Dusun Cikangkung, Desa Talagasari mengatakan,babi hutan dan monyet itu berasal dari kawasan Gunung Sawal.

Hama monyet menggasak tanaman palawija pada pagi dan sore hari. Sedangkan babi hutan pada malam harinya. Akibat serangan dua hama tersebut tanaman palawija milik warga porak poranda.

“Ya, siang diserang hama monyet, malam diganti serangan hama babi hutan,” ujar Enjen, kepada HR Online, Selasa (22/03/2022).

Baca Juga : Anjing Pemburu Babi Hutan Hilang Misterius di Gunung Sawal Ciamis

Menurutnya, dengan adanya serangan hama babi hutan dan monyet ke wilayah perkebunan mengakibatkan petani kerap mengalami gagal panen.

Berbagai upaya untuk mengantisipasi serangan hama tersebut telah warga lakukan, namun tidak membuahkan hasil. Bahkan kawanan monyet seolah sudah tahu waktu para petani berada di kebun.

Begitu juga dengan gerombolan babi hutan, meski warga telah melakukan perburuan, para pemburu belum pernah mendapatkannya.

Enjen menyebutkan, selama hama babi dan monyet masih terus berada dalam areal perkebunan, maka tanaman palawija jenis apapun akan habis.

“Tentunya warga berharap petugas BKSDA turun ke lapangan untuk mengusir hama monyet dan babi agar bisa kembali ke habitatnya. Supaya para petani bisa memanen tanaman palawijanya,” harap Enjen. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -