Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita CiamisHari TB Sedunia, Wabup Ciamis: Semua Harus Berperan Tangani Tuberkolosis

Hari TB Sedunia, Wabup Ciamis: Semua Harus Berperan Tangani Tuberkolosis

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Wakil Bupati (Wabup) Ciamis Yana D Putra mengungkapkan bahwa penyakit Tuberkolosis (TB) saat ini masih menjadi permasalahan kesehatan bagi negeri ini. Hal itu Yana sampaikan saat peringatan Hari TB Sedunia.

Dinas Kesehatan Ciamis mencatat pada 2 tahun terakhir, hampir 1 orang meninggal karena TB setiap Minggunya.

“Untuk kasus TB di Ciamis sendiri saat ini kurang lebih ada sebanyak 1.400 pasien. Dengan tingkat kematian 4 persen jadi 1 Minggu 1 orang,” ujarnya, usai peringatan Hari TB Sedunia, Rabu (30/3/2022).

Menurutnya, TB ini menjadi program prioritas nasional untuk penanganan yang lebih serius. Kabupaten Ciamis sendiri telah berbagai hal dalam menangani TB ini.

“Hari ini kita juga bersyukur karena adanya komunitas eliminasi TB Panabulu yang membantu kami untuk menangani penyakit TB ini,” tuturnya.

Yana berharap, penanganan TB ini tidak hanya oleh Pemkab Ciamis saja. Namun juga semua pihak seperti komunitas Panabulu bisa ikut terlibat dalam penanganan TB ini.

“Paling tidak membangun kesadaran pemahaman masyarakat apa itu TB. Apa yang harus kita lakukan ketika terpapar TB. Ini bukan penyakit turunan insya alloh jika bersabar dan berobat pasti akan sembuh,” harapnya.

Peringatan hari TB sedunia ini digelar oleh Komunitas TB Panabulu dan Dinas Kesehatan Ciamis serta PD Pemuda Muhamadiyah Ciamis.

“Acara TB ini merupakan rangkaian puncaknya yang beberapa hari kita telah laksanakan,” ujar Koordinator Komunitas TB Panabulu, Irham Fathiyya.

Menurutnya, dalam momentum Hari TB Sedunia ini untuk mengingatkan lagi bahwa Indonesia saat ini peringkat ke 3 dunia setelah India dan juga Cina.

“Dalam rangkaian kegiatan ini ada penyuluhan serentak dan adapula kegiatan yang sifatnya edukasi kepada masyarakat melalui radio, talkshow dan lain-lain,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online/Editor-Dadang)