Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita NasionalHoaks Kangkung Berisi Lintah Sebabkan Pria Tewas, Cek Fakta Berikut!

Hoaks Kangkung Berisi Lintah Sebabkan Pria Tewas, Cek Fakta Berikut!

Hoaks kangkung berisi lintah beredar di media sosial semenjak ada unggahan narasi di akun Facebook yang menyebutkan bahwa seorang pria tewas.

Kabarnya dalam narasi tersebut, pria yang berasal dari Solo meninggal dunia setelah ia mengonsumsi kangkung yang ada lintahnya.

Sontak saja hal ini membuat penasaran semua orang dan ingin mengetahui kebenarannya. Sebelum mengetahui lebih lanjut, ketahui terlebih dahulu fakta yang sebenarnya berikut ini!

Baca Juga: Pedagang Kecewa OP Minyak Goreng Curah di Tasikmalaya, Kok Bisa?

Kabar Hoaks Kangkung Berisi Lintah

Lagi-lagi ada kabar viral. Lelaki asal Solo meninggal dunia setelah mengonsumsi kangkung yang berisi hewan melata, lintah.

Pemilik akun Facebook yang bernama Muslimah Cakep membagikan informasi tersebut pada hari Rabu, 9 Maret 2022 yang lalu.

Akun itu mengunggah sebuah foto memperlihatkan sayur kangkung yang ada lintahnya pada bagian batang yang dibelah.

Selanjutnya dalam unggahannya itu, pemilik akun juga menyertakan sebuah narasi yang menyebutkan bahwa berhati-hati dalam mengonsumsi kangkung.

Dalam isi narasi tersebut, pria yang bernama Rifai mengonsumsi kangkung dan dokter menemukan hewan lintah berkembang biak di dalam usus. Namun sampai pada akhirnya dokter pun menyerah dan Rifai langsung tewas.

Baca Juga: MUI Masih Memberi Fatwa Halal Produk Meski Logo Ganti

Berita Lama yang Beredar Kembali

Terkait kangkung berisi lintah itu memang hoaks. Sebab seorang pria yang meninggal dunia setelah makan kangkung berisi lintah adalah salah. Informasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Kabarnya informasi tersebut sudah beredar luas di media sosial sejak 2019 lalu yang juga dibantah beberapa ahli.

Sebut saja dr Ari Fahrial Syam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Ia mengatakan bahwa belum pernah mendapat kasus seperti itu.

Karena selama ini parasit yang bisa ditemukan di dalam usus atau pencernaan manusia adalah cacing. Katanya lagi bahwa cacing bisa saja masuk ke dalam pencernaan melalui makanan yang mentah.

Karena itu, Ari mengingatkan agar memasak sayuran sampai matang. Jikalau pun itu mentah, sebaiknya cuci dahulu sampai benar-benar bersih. Jangan sampai seperti kabar hoaks kangkung berisi lintah itu.

Baca Juga: Viral Bendera Merah Putih Dibakar Wanita Ini! Simak Kronologinya!

Kabar Bohong

Hoaks kangkung berisi lintah yang membuat pria tewas ini merupakan berita bohong. Karena ada sejumlah penelusuran yang dilakukan dengan cara memasukkan kata kunci “kangkung lintah” di mesin pencarian.

Alhasil ada beberapa artikel yang justru membantah kabar tersebut. Kemungkinan besar kabar hewan lintah yang bersemayam di dalam usus itu merupakan kabar palsu.

Namun dari sana bisa kita simpulkan bahwa ada baiknya untuk menjaga kebersihan makanan sebelum kita konsumsi.

Sementara soal kabar lintah yang masuk ke tubuh manusia memang pernah terjadi di Malaysia tahun 2012 lalu.

Informasi itu menyebutkan bahwa ada seorang bocah yang alami pendarahan ketika BAB. Setelah mendapat perawatan, ternyata pihak RS menyebutkan ada lintah di dalam anus bocah itu. Kabarnya lintah itu masuk melalui dubur ketika ia tengah memancing di rawa.

Kabar soal pria dari Solo yang tewas setelah mengonsumsi kangkung berisi lintah itu memang hoaks. Karena informasi itu sebelumnya sempat viral dan tidak pernah terbukti adanya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -