Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita CiamisJelang Ramadan, Sejumlah Harga Sayuran dan Daging Ayam di Pasar Manis Ciamis...

Jelang Ramadan, Sejumlah Harga Sayuran dan Daging Ayam di Pasar Manis Ciamis Masih Normal 

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menjelang bulan suci Ramadan, sejumlah harga sayuran dan daging ayam serta sapi di Pasar Manis Ciamis masih normal, meskipun adanya kenaikan. 

Salah satu pedagang daging ayam di Blok C Pasar Manis Ciamis Widya mengaku, saat ini pihaknya menjual daging ayam dengan harga Rp 40-42 ribu per kilogramnya. 

“Ada kenaikan biasanya Rp 38 ribu per kilogramnya. Harga itu sudah hampir satu Minggu,” ujarnya, Senin (28/3/2022). 

baca juga: Sambut Ramadhan, Ponpes Darussalam Ciamis Gelar Festival Liwet Nusantara

Menurutnya, hal tersebut karena harga di kandang mengalami kenaikan. Dari yang awalnya Rp 22 ribu kini menjadi Rp 24 ribu per kilogram. 

“Untuk pelanggan masih ada, namun tidak banyak. Maka dari itu omsetnya juga saat ini berkurang yang tadinya satu hari biasanya 40 – 50 ekor kini menjadi 15 ekor saja,” tuturnya.

Untuk daging sapi sendiri, saat ini harganya normal, yakni Rp 135 sampai 140 ribu per kilogramnya. Harga tersebut sudah hampir satu Minggu lebih. 

“Untuk pembeli saat ini sudah sedikit. Pasalnya pelanggan rata-rata itu adalah pedagang Baso dan sate, dan sudah ada yang pulang kampung, jadi pendapatan menurun,” ujar Pedagang daging sapi, H. Andi.

Sementara itu, untuk harga sayuran saat ini masih normal belum ada kenaikan. Untuk harga Cabe masih sebesar Rp 30 ribu per kilogramnya.

“Untuk sayuran belum ada kenaikan dan penurunan meskipun ada, yakni Tomat saat ini harganya turun Rp 10 ribu tadinya 15 ribu. Tapi itu masih normal,” ujar Pedagang Sayuran di Blok A Pasar Manis Ciamis, Henhen.

Menurutnya, kemungkinan besar kenaikan akan terjadi pada H-2 atau H-1 bulan Ramadan. Untuk saat ini juga pembeli masih sepi. 

“Masih sepi, mungkin belum pada munggahan tidak tahu kalau tinggal dua atau satu hari lagi puasa, mudah-mudahan sih rame,” pungkasnya. (Feri/R6/HR-Online)

- Advertisment -