Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita CiamisPemkab Ciamis Serius Ingin Ganti Nama Jadi Kabupaten Galuh 

Pemkab Ciamis Serius Ingin Ganti Nama Jadi Kabupaten Galuh 

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Herdiat Sunarya menyatakan saat ini pemerintah tengah mengkaji pergantian nama Ciamis menjadi Kabupaten Galuh.

Hal itu terungkap saat ia menghadiri kegiatan Mieling Ngadegna Galuh ke 1410 di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan, Cijeungjing, Rabu (23/3/2022).

Menurutnya, untuk mencapai itu harus menempuh beberapa aturan agar lebih kuat lagi legalitas formalnya.

“Kita harus berunding lagi,” kata Herdiat.

baca juga: Komisi A DPRD Ciamis Monitoring Kesiapan Panitia Pilkades Serentak 2022

Ia menyebut pihaknya sangat serius sekali dalam upaya mengganti nama Kabupaten Ciamis ke Galuh meskipun nanti butuh biaya yang cukup besar.

“Sangat serius. Kita akan kaji dulu dari mulai perencanaan sampai pembiayaan. Walaupun ini akan berdampak ke semua sektor, tapi tidak masalah demi kemajuan masyarakat nantinya,” tuturnya.

Herdiat menegaskan, masyarakat juga menginginkan pergantian nama menjadi Galuh. Bahkan, ada beberapa yang datang kepadanya hanya meminta untuk mengganti nama Ciamis ke Galuh.

“Ada sebagian masyarakat yang datang kepada saya untuk segera ganti nama Ciamis jadi Kabupaten Galuh,” tegasnya.

Herdiat menjelaskan, Galuh itu mempunyai masa kejayaan dan keemasan pada masanya. Maka dari itu, ia mengajak mengembalikan lagi semangat dan spirit kejayaan Galuh.

“Tahun ini kita sedang melaksanakan kajian-kajian, targetnya mudah-mudahan secepatnya. Jangan sampai nanti diusik orang lain baru kita marah,” pungkasnya. (Ferry/R6/HR-Online)

- Advertisment -