Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita CiamisKades Terpilih Hasil Pilkades Serentak Ciamis Dilantik 1 Bulan Pasca Penetapan

Kades Terpilih Hasil Pilkades Serentak Ciamis Dilantik 1 Bulan Pasca Penetapan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pilkades serentak Ciamis, Jabar, tahun 2022 telah selesai dilaksanakan. Proses pemungutan suara dilaksanakan Minggu 27 Maret 2022 kemarin.

Sekretaris Daerah Ciamis DR H Tatang bersyukur pesta demokrasi di Ciamis, berjalan lancar.

Sebanyak 76 Desa mengikuti perhelatan Pilkades dengan aman dan kondusif.

“Adapun permasalahan di salah satu Desa yang ikut Pilkades, sekarang sudah selesai. Jadi, kesimpulannya Pilkades serentak di Ciamis sukses dan lancar,” ujar Tatang, Selasa (29/3/2022).

Terkait dengan kapan pelantikan Kades terpilih hasil Pilkades serentak Ciamis, Sekda menyebut paling lambat 1 bulan pasca penetapan pemenang.

“Sesuai aturan, Kades terpilih akan dilantik selambat-lambatnya 1 bulan sesudah Pilkades selesai,” katanya.

Baca juga: Pilkades Serentak di Pamarican Ciamis, 50% Calon Incumbent Tumbang

Adapun penetapan Kades terpilih hasil Pilkades serentak tahun 2022 dilaksanakan tanggal 28 dan 29 Maret 2022.

Sementara penyampaian usulan calon Kades terpilih, dilaksanakan oleh BPD masing-masing Desa tanggal 30 dan 31 Maret 2022. Usulan diberikan kepada Bupati melalui Camat.

Di tempat terpisah, Sekretaris Desa Handapherang Eli menyatakan, pelaksanaan Pilkades di Desa Handapherang berjalan aman dan kondusif.

“Semuanya berjalan dengan lancar, partisipasi masyarakat mencapai 80 persen lebih,” katanya.

Pihaknya pun melakukan inovasi saat proses penghitungan surat suara. Pemdes melaksanakan quick qount secara live melalui channel Youtube.

“Masyarakat bisa dengan cepat mengetahui Kades Handapherang terpilih dengan hanya menonton streaming di Youtube,” ungkapnya.

Berbagai inovasi ini dilaksanakan Pemdes karena saat ini Desa Handapherang sudah mendeklarasikan diri sebagai Desa Digital.

Adapun Kades Terpilih di Desa Handapherang yakni Tantan Sontani SH. Tantan unggul dari 4 pesaing lainnya. (R8/HR Online/Editor Jujang)