Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruKelebihan Layar Punch Hole Beragam, Apakah Menjadikannya Terbaik?

Kelebihan Layar Punch Hole Beragam, Apakah Menjadikannya Terbaik?

Kelebihan layar punch hole sebenarnya cukup beragam. Seperti yang kita ketahui, lubang punch merupakan fitur layar smartphone yang bermanfaat untuk menampung kamera yang menghadap ke depan.

Sama halnya takik, layar ini juga mempunyai bagian yang terpotong pada bagian atas layar tampilan. Meskipun demikian, lubang punch juga mempunyai bagian yang terpotong di dalam layar dengan layar yang mengelilinginya.

Layar punch hole dapat menjadi solusi paling praktis serta paling masuk akal pada smartphone saat ini. Dengan ukuran lubang kamera yang semakin diperkecil.

Hal ini bertujuan agar pengguna tidak menyadari adanya lubang pada layar smartphone yang mereka gunakan. Saat ini, hampir sebagian besar ponsel mengadopsi tampilan layar punch hole, yang membedakan hanya letaknya saja.

Baca Juga : Kelebihan Layar AMOLED, Hemat Daya Hingga Rasio Kontras Tinggi

Beberapa Kelebihan Layar Punch Hole

Tampilan Punch-Hole lebih mengacu pada layar ponsel di mana lensa kamera potongannya secara terpisah pada sudut layar. Dengan demikian ini memungkinkan pabrikan ponsel dapat memberikan lebih banyak ruang untuk tampilan.

Terdapat dua aspek tampilan lubang punch yang membedakannya dari takik biasa. Dua aspek tersebut antara lain lubang-lubang kamera pada posisi di sudut kiri atau kanan layar alih-alih penempatannya di bagian tengah.

Tidak seperti takik, lubang berlubang terpisah dari bezel atas dan dilubangi melalui layar secara terpisah.

Akses Layar Lebih Besar

Kelebihan layar punch hole yang pertama adalah para pengguna smartphone akan memiliki akses layar ponsel yang lebih besar. Ponsel layar punch hole terlihat lebih baik karena cut-out kamera kecil serta menjadikannya tidak terlalu mencolok.

Jadi secara psikologis, pengguna percaya bahwa dia mendapatkan layar yang lebih besar serta pengalaman menonton yang lebih baik. Namun piksel pengganti itu tidak banyak menambah pengalaman menonton.

Ketika ponsel layar punch hole Anda berada di layar beranda, maka Anda mungkin akan memiliki akses ke layar yang lebih besar.

Tetapi selama alur game dan streaming video saja. Jadi, tidak setiap aplikasi akan menggunakan piksel tersebut untuk menampilkan apa pun.

Sehingga menjadikannya tidak berguna pada saat itu. Dengan demikian, manfaat paling nyata dari tampilan punch hole adalah tampilannya yang lebih luas dan lapang.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Kamera Pop Up di Smartphone, Apa Saja?

Lebih Baik dari Layar Slider

Kamera slider atau kamera selfie pop-up benar-benar memisahkan lensa dengan layar, yang sebenarnya memberi pengguna tampilan full-length yang lengkap.

Namun pop-up dan slider rentan terhadap malfungsi jika motor penggeraknya aus atau ponsel terjatuh secara tidak sengaja.

Oleh karena itu, dengan tampilan lubang punch dapat menjadi improvisasi yang mampu menghilangkan risiko tersebut sembari menawarkan ponsel yang lebih baik bagi para pengguna smartphone.

Memberikan Sentuhan Akhir yang Lebih Halus

Kelebihan ponsel layar punch hole mampu memberikan sentuhan akhir yang halus pada ponsel Anda. Hal ini terbukti bahwa lebih banyak warna pada layar sehingga membuatnya terlihat lebih baik.

Meskipun tidak banyak yang dapat dilakukan ponsel  dengan jenis layar punch hole ini. Akan tetapi, tidak ada kerugian yang signifikan juga, jadi pasti tidak ada salahnya jika Anda ingin beralih ke ponsel layar berlubang.

Baca Juga : Jenis Layar HP yang Umum Digunakan, Konsumen Wajib Tahu

Tampilan Ponsel Lebih Baik dan Bersih

Pada ponsel biasa, ekstensi hitam dengan takik menahan kamera dengan adanya bezel. Akan tetapi dalam tampilan layar punch-hole, bagian tersebut terhapus serta berganti dengan piksel.

Selanjutnya, kamera tersemat pada celah kecil di dalam layar, sedangkan bagian lainnya menjadi piksel.

Dengan cara ini, maka tampilan ponsel terlihat lebih baik, lebih bersih, dan pabrikan ponsel tidak perlu membiarkan sebagian besar layar ponsel tidak bermanfaat. Tapi ini hanya satu dari sekian manfaat lubang punch hole pada sebuah smartphone.

Kelebihan paling jelas dari solusi layar punch hole adalah bahwa itu jauh lebih kecil dari lekukan, sehingga tidak menghalangi pengalaman menonton Anda secara keseluruhan.

Layar penuh benar-benar berarti sehingga banyak aplikasi dapat terakses dalam layar tersebut. Selanjutnya aplikasi dapat melampaui lubang-lubang ke tepi luar layar, untuk perendaman penuh.

Layar punch hole mampu menempatkan kamera di tempat yang baik sehingga tidak perlu adanya penggeser kamera atau layar kedua

Dengan adanya beberapa kelebihan layar punch hole di atas, apakah hal tersebut menjamin punch hole lebih baik dari layar takik? Sedangkan kedua tampilan layar ini sama-sama tidak memakan banyak ruang serta cenderung berada di tengah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -