Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita TerbaruKelebihan Layar Waterdrop Hadirkan Proporsi Layar dan Visual Maksimal

Kelebihan Layar Waterdrop Hadirkan Proporsi Layar dan Visual Maksimal

Kelebihan layar waterdrop terdapat beberapa poin penting yang bisa Anda pahami. Seiring berjalannya waktu, kecanggihan smartphone mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Berbagai macam teknologi terbaru selalu bermunculan setiap tahunnya. Baru-baru ini telah hadir salah satu teknologi cukup unik dari beberapa vendor sebagai konsep terbaru pada produk smartphone mereka.

Teknologi canggih tersebut adalah waterdrop notch. Ini adalah teknologi layar yang memiliki konsep full display yang seolah-olah berbentuk tetesan air. Konsep layar ini dapat dikatakan cukup unik dan menarik dengan kelebihan tersendiri.

Saat ini hampir sebagian besar produsen ponsel berfokus pada rasio layar yang lebih tinggi. Banyak merek domestik mulai menggunakan desain layar takik.

Akan tetapi secara bertahap, merek domestik menemukan layar tetesan air yang lebih baik daripada layar takik untuk digunakan.

Baca Juga: Kelebihan Layar Punch Hole Beragam, Apakah Menjadikannya Terbaik?

Deretan Kelebihan Layar Waterdrop Smartphone

Sejak ponsel pertama dirancang dengan layar tetesan air di China, sebagian besar produsen ponsel mulai menggunakan desain ini.

Hal ini telah menjadi solusi desain layar yang populer. Tampaknya sebagian besar produsen ponsel masih merasa tampilannya relatif bagus.

Meskipun saat ini telah banyak pabrikan ponsel yang mengimplementasikan full view, akan tetapi masih ada model smartphone yang menyematkan layar notch, punch hole, hingga waterdrop.

Penggunaan layar model tersebut memiliki tujuan untuk mengurangi ruang terbuang pada bezel yang umumnya bermanfaat dalam menempatkan kamera depan.

Semakin berkurangnya ruang untuk kamera depan, maka tampilan layar pun akan lebih lega jika kita bandingkan dengan smartphone pada generasi sebelumnya.

Sesuai dengan namanya, layar ponsel dengan konsep waterdrop adalah layar yang berbentuk seperti air akan menetes. Istilah lain yang sering kita dengar dari layar waterdrop adalah dew drop serta tear drop.

Apabila kita lihat dari modelnya, para pengguna smartphone tentu sudah tidak asing lagi dengan tipe layar ini.

Jika kita bandingkan dengan tipe layar lainnya, waterdrop memang paling banyak tersemat pada perangkat HP dengan berbagai kelebihan yang ia miliki.

Baca Juga: Jenis Layar HP yang Umum Digunakan, Konsumen Wajib Tahu

Kelebihan Tampilan Layar Waterdrop

Memiliki tampilan waterdrop notch pada layar smartphone mampu meningkatkan area tampilan smartphone atau ukuran. Hal ini pada dasarnya melepas dagu atas ponsel pintar serta hanya memasang kamera di bagian atas.

Dengan kata lain, kelebihan layar waterdrop yang utama adalah dapat meningkatkan proporsi layar dan membuat pengalaman visual kita lebih kuat.

Hal ini karena dengan tampilan layar ini akan lebih sedikit tempat untuk menghalangi bidang pandang. Secara keseluruhan lebih baik daripada layar notch.

Selanjutnya sembari mengatur ulang sensor lain serta lubang suara untuk memberikan ruang tampilan maksimum sambil menjaga bodi ponsel tetap kompak.

Dalam hal ini, kita dapat membandingkan ponsel lama dengan bezel dan dagu lalu ponsel baru dengan layar takik. Dalam perbandingan tersebut, keduanya mempunyai ukuran body yang sama.

Anda akan menemukan fakta bahwa kedua hal tersebut adalah perbedaan besar dalam ukuran layar, tidak peduli body memiliki dimensi lebih besar. Selain itu, ppi juga meningkat yang berarti kepadatan piksel lebih tinggi.

Jadi, pada dasarnya kelebihan dari smartphone yang mengusung tampilan waterdrop adalah mampu meningkatkan ukuran layar. Hal ini dapat berlangsung dengan menjaga ukuran ponsel tetap kompak.

Baca Juga: Pelindung Layar HP, Simak Jenis-Jenisnya Berikut Ini!

Meskipun memiliki kelebihan, layar waterdrop juga tidak terlepas dari adanya kekurangan. Beberapa pelanggan berpikir bahwa layar tetesan air jauh lebih baik daripada layar takik.

Namun ruangnya relatif kecil, bagian yang bisa terpasang lebih sedikit. Kecuali kamera dan sensor pengenalan wajah, semuanya terkikis karena ruangnya memang terlalu kecil.

Dengan kelebihan layar waterdrop yang ada, maka tidak heran banyak smartphone yang mulai menawarkan gaya notch lebih kecil serta menarik ala tetesan air.

Para pabrikan menyebut bahwa tampilan ini memiliki ciri khas tersendiri. Semakin tertarik dengan smartphone bergaya poni minimalis?

Tak perlu khawatir, saat ini telah banyak tersedia layar waterdrop notch, dew drop notch, hingga dot drop notch. (R10/HR-Online)

- Advertisment -