Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Asmaul Husna, 99 Nama Alloh SWT yang Indah

Keutamaan Asmaul Husna, 99 Nama Alloh SWT yang Indah

Keutamaan Asmaul Husna tidak dapat kita ragukan lagi, apalagi nama-nama indah Alloh SWT itu termaktub dalam Al Qur’an begitu jelas.

Perlu Anda ketahui, nama-nama indah Alloh SWT itu ada 99 yang mana tidak ada yang bisa menduakannya, apalagi Alloh maha segalanya yang terlihat dari Asmaul Husna itu.

Karena nama-namanya begitu indah, banyak umat Islam yang memberikan nama anaknya dengan mengambil dari salah satu Asmaul Husna. Tentu saja hal itu ada harapan agar anaknya menjadi orang yang baik.

Selain itu, dalam agama Islam juga sangat menganjurkan umatnya untuk mengamalkan dengan membaca Asmaul Husna ini setiap berdoa. Mereka juga akan mendapatkan balasan yang besar dari Alloh SWT.

Hal ini sebagaimana dalam surat Al A’raf ayat 180 yang berbunyi:

baca juga: Keutamaan Surah Al-Baqarah Menjadi Peluang Emas untuk Manusia

Beberapa Keutamaan Asmaul Husna

Sebagaimana ayat di atas semua umat Islam dianjurkan agar mereka senantiasa menyebut nama-Nya dan memohon ampunan atas segala perbuatan dosa.

Selain itu, Alloh juga memerintahkan agar kita meninggalkan orang-orang yang berbuat menyimpang dan jauh dari kebenaran.

Berikut beberapa fadhilah atau keutamaan mengamalkan Asmaul Husna.

baca juga: Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu, Allah Mudahkan Jalan Menuju Surga

Peneguh Iman

Semua nama yang berjumlah 99 itu memiliki arti yang sangat baik. Dengan kita menghafalkan, melafalkan dan memahami artinya, itu menjadi perantara untuk selalu mengingat-Nya.

Maka dari itu, ini menjadi salah satu cara agar iman kita selalu kokoh dan kuat dari berbagai godaan apapun.

baca juga: Keutamaan Saling Memaafkan Menjadikan Hidup Lebih Tenang

Penyebab Masuk Surga

Bukan hanya saja menguatkan iman atas kebesaran Tuhan, Asmaul Husna juga menjadi salah satu penyebab seseorang masuk surga ketika menghafalkannya.

Bahkan Rasulallah sendiri yang mengatakannya, bahwa siapa saja yang menghafalkan 99 nama Alloh itu niscaya ia masuk surga. Hal ini sebagaimana hadis di bawah ini:

Luar biasa sekali, menghafalkannya saja bisa menjadi perantara kita masuk surga, apalagi jika kita mengamalkannya dan menjauhi segala larangan agama Islam.

Penyebab Doa Terkabul

Keutamaan Asmaul Husna selanjutnya, sebagaimana dalam surat Al A’raf ayat 180 di atas, sudah jelas sekali bahwa umat Islam dianjurkan untuk memohon segala sesuatunya kepada Alloh SWT, bukan ke yang lain.

Dengan menyebut nama-nama-Nya dan menjauhi orang-orang yang menyimbang dari kebenaran niscaya akan mendapatkan balasan dari Alloh SWT.

Dalam praktiknya, sebaiknya Anda melafalkan Asmaul Husna ini dalam setiap berdoa. Hal ini untuk memuji Alloh SWT yang Maha segalanya.

Mendatangkan Pahala

Dalam sebuah riwayat ada seorang sahabat yang menanyakan kepada Rasulallah apakah mereka boleh mempelajari nama-nama Allah itu?

Kemudian Rasul pun membenarkan dan memperbolehkan untuk mempelajari dan mendengarkannya.

Sebagaimana kita ketahui, apa yang menjadi anjuran Rasulallah sudah tentu bisa mendatangkan pahala bagi kita, karena itu Sunah. Makanya kita sebaiknya mengamalkannya.

Beberapa penjelasan keutamaan Asmaul Husna di atas menjadi pengingat kita untuk selalu menjalankan segala perintah agama dan menjauhi larangan-Nya. (Muhafid/R6/HR-Online)