Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruKijang Innova EV Concept dari Toyota, Mobil Listrik Ramah Lingkungan

Kijang Innova EV Concept dari Toyota, Mobil Listrik Ramah Lingkungan

Kijang Innova EV Concept dari Toyota dihadirkan dalam event pameran otomotif IIMS (Indonesia International Motor Show) Hybrid Tahun 2022. Pameran otomotif ini dibuka secara resmi, Kamis (31/03/2022), di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Menko Airlangga Hartarto mencoba menjajal kecanggihan mobil listrik pabrikan Toyota tersebut.

Toyota sendiri mengklaim kalau mobil Kijang Innova tipe EV Concept ini menjadi mobil listrik paling ramah lingkungan.

Walaupun mengusung konsep berbeda dengan Innova versi konvensional, namun secara desain penampakan kedua mobil tersebut masih terlihat sama.

Baik pada bagian muka, body, maupun bagian belakangnya, Toyota menghadirkan Kijang Innova EV Concept ini masih mirip seperti Innova versi mesin konvensional. Yang membedakannya hanya list biru yang terlihat melintang pada bagian body mobil.

Sedangkan, perbedaan yang sangat mencolok antara Kijang Innova versi listrik dan Kijang Innova versi konvensional yaitu tidak adanya knalpot di belakang. Karena memang ini menjadi ciri dari mobil listrik.

Baca Juga : Toyota Kijang Innova Facelift, Simak Spesifikasi dan Harganya di Sini!

Kemudian, Grill depan milik Kijang Innova tipe EV Concept ini juga lebih simpel. Tidak butuh kisi-kisi saluran untuk udara lantaran tidak menggunakan mesin konvensional empat silinder berkapasitas 2,0 liter.

Tapi sayangnya untuk informasi mengenai spesifikasi dapur pacu Toyota Kijang Innova Concept ini belum banyak terungkap ke publik.

Bahkan hingga peluncurannya sampai dijajal oleh Menko Airlangga Hartarto. Namun pihak Toyota sendiri masih belum bersedia membeberkan kapan jadwal peluncurannya secara resmi.

Toyota Kijang Innova EV Concept, Mobil Listrik Brand Nasional Pertama

Kijang Innova EV Concept dari Toyota ini menjadi mobil brand nasional yang pertama dengan desain rancangan sepenuhnya memakai listrik sebagai power engine (sumber daya penggerak).

Dalam perjalanannya, semenjak Toyota Kijang generasi pertama meluncur 45 tahun silam, tepatnya Juni 1977. Mobil ini hadir sebagai kendaraan yang khusus guna memenuhi mobilitas masyarakat Tanah Air.

Baca Juga : Chery QQ Ice Cream, Mobil Listrik Murah Hanya Rp 60 Jutaan

Toyota Kijang model pertama itu lahir sebagai respons kebijakan pemerintah. Karena memang waktu itu pemerintah mendorong industri otomotif nasional supaya memproduksi kendaraan BUV (Basic Unit Vehicle) atau sederhana.

Kendaraan BUV tersebut khusus untuk mendukung kebutuhan mobilitas masyarakat kawasan perdesaan.

Meskipun tampil dengan desain sederhana, namun ternyata Toyota berhasil merancang DNA untuk Toyota Kijang. Mobil ini sebagai kendaraan yang tangguh dan handal guna mendukung kebutuhan mobilitas masyarakat Tanah Air.

Toyota Indonesia Sempurnakan Kijang Innova

Seiring dengan pertumbuhan dan kemajuan ekonomi serta perkembangan sosial, maka hal ini pun berdampak pula terhadap kebutuhan mobilitas.

Oleh karena itulah, Toyota Indonesia berupaya terus melakukan penyempurnaan baik pada segi desain, kualitas maupun performa mobil Toyota Kijang.

Melalui Kijang Innova EV Concept ini, Toyota meneruskan lagi perjalanan sejarahnya. Hal ini sebagai bukti atas komitmennya yang selalu mendukung terhadap kebijakan pemerintah. Khususnya dalam kemajuan serta pengembangan industri otomotif Indonesia. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -