Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Pantangan Endometriosis yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Makanan Pantangan Endometriosis yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Makanan pantangan endometriosis, harus dihindari oleh penderitanya. Hal ini bertujuan agar endometriosis tidak semakin parah.

Endometriosis adalah jenis penyakit kista, tanda-tandanya akan muncul jaringan selaput lendir yang tumbuh di luar rongga rahim. Wanita usia produktif yaitu 20 sampai 45 tahun rentan dengan gangguan kesehatan ini.

Penyebab pastinya masih belum kita ketahui, tetapi pemicunya bisa karena kelebihan hormon estrogen, gangguan pada rahim, faktor keturunan, hingga gaya hidup yang kurang sehat.

Baca Juga : 10 Makanan Penyebab Kista Ovarium Yang Wajib Dihindari Ini Ternyata Disukai Banyak Orang

Makanan Pantangan Endometriosis yang Harus Dihindari

Bagi penderita endometriosis penting untuk selalu memperhatikan asupan makanan. Maka dari itulah, berikut beberapa makanan yang menjadi pantangan.

1. Makanan Kemasan

Makanan kemasan merupakan makanan yang harus penderita endometriosis hindari. Pasalnya, makanan kemasan ini memiliki banyak kandungan bahan kimia berbahaya, terutama jika Anda konsumsi dalam jangka panjang.

Misalnya saja seperti MSG hingga penyedap rasa buatan yang bersifat karsinogenik. Contoh makanan kemasan ini seperti mie instan, wafer, snack, minuman kaleng, minuman sachet, dan makanan kemasan lainnya.

2. Makanan Laut

Makanan laut menjadi makanan pantangan endometriosis lainnya. Terutama makanan laut seperti udang, kepiting, dan cumi-cumi.

Pasalnya, makanan laut ini memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan tumbuhnya sel-sel abnormal.

Hal ini dapat memperlambat proses pengobatan serta penyembuhan endometriosis. Tak hanya itu, juga dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

3. Junk Food

Junk food seperti burger, pizza, kentang goreng, ayam goreng, dan sejenisnya bukanlah makanan yang sehat. Sebab, makanan-makanan tersebut tinggi kandungan kolesterol dan gula.

Selain menjadi pantangan endometriosis juga dapat memicu jenis penyakit lainnya. Misalnya saja obesitas, diabetes, jantung, hingga stroke.

Baca Juga : Makanan untuk Mencegah Anemia Ini Ternyata Cukup Ampuh

4. Makanan Gorengan

Makanan pantangan endometriosis lainnya yakni makanan yang pengolahannya dengan cara digoreng. Meskipun enak, sayangnya makanan ini memiliki kandungan lemak jenuh tinggi.

Hal ini dapat memicu pertumbuhan sel kista hingga sel kanker. Ada baiknya bagi penderita endometriosis untuk mengonsumsi makanan dengan cara rebus atau kukus.

5. Daging Merah

Pada dasarnya, daging merah merupakan sumber protein. Contoh daging merah ini seperti daging kambing atau daging sapi.

Namun, makanan ini tidak baik jika Anda konsumsi setiap hari karena dapat menyebabkan penyakit degeneratif. Bagi penderita endometriosis penting untuk menghindarinya.

Pasalnya, daging merah memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat memperparah tumbuhnya se-sel abnormal.

Baca Juga : Makanan Untuk Menjaga Imun Tubuh, Variasikan Menu Hariannya

6. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang tidaklah baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, minuman ini dapat memperparah kondisi kista. Sebab, minuman beralkohol mengandung berbagai zat aditif yang memiliki sifat karsinogenik.

Dengan memahami apa saja makanan pantangan endometriosis ini, harapannya penderita dapat lebih berhati-hati dalam memilih makan. Selain itu, bila Anda ingin mengonsumsi makanan tersebut, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan batasan konsumsi yang tepat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -