Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Pantangan Kolesterol yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Makanan Pantangan Kolesterol yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Makanan pantangan kolesterol wajib dihindari oleh penderitanya. Pasalnya, penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh karena pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Pada dasarnya, kolesterol tidak selalu memberikan dampak negatif bagi tubuh. Bahkan tubuh membutuhkan kolesterol untuk pembentukan struktur sel membran maupun proses metabolisme tubuh.

Namun kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, terutama penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Makanan Kolesterol Tinggi Ini Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Kenali Makanan Pantangan Kolesterol

Tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol menjadi salah satu upaya pencegahan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan.

1. Seafood

Seafood atau makanan yang berasal dari laut, memang tinggi protein dan bermanfaat bagi tubuh. Namun, tidak semua jenis seafood bisa dikonsumsi oleh penderita kolesterol, misalnya kepiting, tiram, cumi-cumi, sotong, ikan sarden, udang, lobster, dan ikan teri. Jenis seafood ini tinggi kandungan purin yang dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol.

2. Jeroan

Makanan pantangan kolesterol lainnya yakni jeroan karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Jeroan ini seperti kikil, hati, babat, otak, usus, dan jenis jeroan lainnya. Selain itu, jeroan seperti hati memiliki kolesterol yang tinggi. Karena kolesterol tertinggi pada daging hewan terletak pada hati.

Baca Juga: Makanan Penurun Kolesterol, Ini Rekomendasi Terbaik!

3. Gorengan

Gorengan atau makanan yang tinggi lemak sangat berisiko untuk penderita kolesterol. Bahkan kandungan lemak yang terdapat pada minyak, dapat meningkatkan kadar kolesterol mencapai titik berbahaya.

Itulah sebabnya penderita kolesterol harus menghindari jenis makanan ini. Sebagai pengganti makanan ini, bisa mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara kukus, panggang, atau rebus. Solusi lainnya, Anda bisa mengganti minyak dengan minyak yang lebih sehat, seperti olive oil.

4. Olahan Susu

Olahan susu juga menjadi salah satu makanan pantangan kolesterol. Sebab, olahan susu mengandung lemak jenuh yang memberikan dampak buruk bagi penderita kolesterol.

Jenis lemak jenuh tersebut yakni asam urat dan asam miristat. Keduanya dapat meningkatkan kolesterol jahat LDL.

Baca Juga: Makanan Pantangan Diabetes dan Kolesterol, Temukan Alternatifnya

5. Daging Merah

Daging merah memang memiliki rasa yang lezat, tetapi siapa sangka jika makanan ini menjadi pantangan penderita kolesterol. Jenis daging ini memiliki kandungan purin dan kolesterol.

Namun tidak harus selalu menghindari makanan ini, Anda bisa mencoba untuk mengurangi dan mengontrolnya. Bila Anda ingin makan sesekali, ada baiknya untuk membuang lemak yang menempel pada daging.

Selain itu, hindari cara pengolahan dengan gorengan. Jika ingin lebih amannya lagi, ganti saja daging merah dengan daging putih seperti ayam atau kalkun.

Memiliki riwayat kolesterol tinggi memang banyak pantangannya. Namun bukan berarti penderita kolesterol tidak dapat menikmati hidup mereka.

Selain meminimalisir konsumsi makanan pantangan kolesterol, cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, minum air putih, dan istirahat cukup. Dengan begitu, kadar kolesterol bisa tetap normal. (R10/HR-Online)