Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Berat Badan Naik, Batasi Agar Tetap Ideal

Makanan Penyebab Berat Badan Naik, Batasi Agar Tetap Ideal

Makanan penyebab berat badan naik ada baiknya untuk dihindari. Terutama bagi Anda yang menginginkan berat badan ideal. Selain itu menghindari mengonsumsi makanan pantangan yang bisa memicu penyakit merupakan langkah bijak dalam hidup sehat.

Berat badan seringkali menjadi persoalan bagi kebanyakan orang. Selain mempengaruhi penampilan, berat badan berlebih juga dapat memicu terjadinya beberapa penyakit.

Deretan Makanan Penyebab Berat Badan Naik

Sebenarnya tidak hanya jenis makanan tertentu saja yang menjadi faktor pemicunya. Untuk menjaga berat badan, berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya Anda batasi konsumsinya.

Saus Tomat

Siapa sangka, teman makan satu ini membuat berat badan menjadi naik. Saus tomat biasanya menjadi pelengkap oats cheela, telur dadar, sosis, ayam goreng, dan yang lainnya.

Baca juga: Makanan Penyebab Kanker Mulut dan Cara Pencegahannya

Meskipun dapat menambah rasa makanan menjadi semakin enak, apakah Anda tahu apa saja yang terkandung dalam saus tomat?

Dalam 100 gram produk saus tomat, mengandung sebanyak 22 gram gula. Kandungan gulanya inilah yang dapat menyebabkan berat badan menjadi naik.

Keripik Kentang

Makanan penyebab berat badan naik selanjutnya yakni keripik kentang. Dibalik rasa enak dan renyahnya cemilan ini, ternyata berdampak buruk bagi berat badan Anda.

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang rendah. Namun saat kentang melalui proses penggorengan, tambahan garam, maupun rasa lainnya, kandungan kalorinya menjadi meningkat.

Dalam 100 gram keripik kentang dapat mengandung 293 kalori dan sebagian besarnya dari lemak. Kandungan lainnya, 36,6 gram karbohidrat, 4,2 gram serat, 457 mg sodium, dan 683 mg potassium.

Kentang Goreng

Sama halnya dengan keripik kentang, kentang goreng juga menjadi penyebab makanan berat badan naik. Dalam 100 gram kentang goreng terdapat 312 kalori.

Baca juga: Pantangan Makanan untuk Neuropati yang Sebaiknya Dihindari

Hal ini sudah setara dengan satu porsi sarapan Anda. Bisa Anda bayangkan jika nonton TV sambil ngemil kentang goreng, berapa banyak kenaikan berat badan Anda?

Daging Merah Beserta Olahannya

Mengonsumsi daging merah secara berlebihan terbukti dapat meningkatkan berat badan Anda. Entah itu pada orang yang memiliki berat badan normal maupun berlebih.

Tak hanya daging merah saja, melainkan juga olahannya seperti sosis dapat menjadi pemicunya. Pasalnya, memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Selain itu, juga dapat memicu terjadinya berbagai jenis penyakit. Mulai dari darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga masalah pada jantung.

Roti Putih

Sarapan dengan menggunakan roti putih tentunya dapat mengenyangkan dan memberikan asupan energi yang cukup. Namun tahukah Anda jika roti putih menjadi salah satu makanan penyebab berat badan naik?

Roti putih terbuat dari biji gandum tanpa kulit atau tepung gandum putih. Mengonsumsi roti putih dapat menyebabkan terbentuknya lemak pada perut.

Selain itu, roti putih juga memiliki kandungan sodium tinggi sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, perut terasa penuh, dan kembung.

Dalam 37 gram roti putih, memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 18 gram, 98 kalori, 46 mg potassium, 180 mg sodium, 7,4 persen zat besi, dan 4,15 kalsium.

Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis seperti kue, soda, es krim, permen, coklat, dan sejenisnya, sebaiknya Anda batasi konsumsinya. Pasalnya, dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak Anda inginkan.

Sebaiknya dalam sehari kita hanya mengonsumsi gula sebanyak 50 gram atau setara dengan 5-9 sendok teh.

Semakin banyak gula yang Anda konsumsi, maka kadar gula darah juga akan meningkat sehingga sulit diubah menjadi energi. Kemudian gula ini akan menjadi lemak dalam tubuh yang akhirnya membuat berat badan menjadi naik.

Minuman Soda dan Kemasan

Makanan maupun minuman soda dan kemasan juga dapat menjadi penyebab berat badan naik. Hampir semua orang suka mengonsumsi minuman soda.

Selain itu, konsumsi minuman kemasan seperti teh, jus buah, kopi, yogurt, dan minuman kemasan lainnya juga tak kalah populernya di kalangan masyarakat.

Baca juga: Pantangan Makanan TBC Kelenjar, Inilah 5 Diantaranya

Padahal jenis minuman ini memiliki kandungan kalori yang tinggi. Sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan berkaitan erat dengan obesitas.

Sebaiknya Anda mulai mengganti minuman ini dengan yang lebih sehat. Misalnya saja air putih, teh tawar, maupun jus dari buah asli.

Selain membatasi makanan penyebab berat badan naik ini, penting untuk mengimbanginya dengan cara sehat lainnya. Seperti mengatur pola makan yang lebih sehat, rutin berolahraga, dan gaya hidup sehat lainnya. Sehingga berat badan ideal Anda tetap terjaga dengan baik. (R10/HR-Online)