Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Kanker Mulut dan Cara Pencegahannya

Makanan Penyebab Kanker Mulut dan Cara Pencegahannya

Makanan penyebab kanker mulut sudah semestinya kita hindari. Kanker mulut menjadi salah satu jenis kanker yang masuk dalam kategori kanker kepala dan leher.

Kanker mulut merupakan kanker yang berkembang pada bagian mulut mana saja. Mulai dari bibir, gusi, permukaan lidah, bagian dalam pipi, atap mulut atau langit-langit, hingga dasar mulut atau lidah bagian bawah.

Seseorang yang menderita kanker mulut akan menunjukkan beberapa gejala seperti sariawan yang tidak kunjung sembuh meskipun sudah beberapa minggu, mati rasa, gigi goyang, nyeri pada lidah dan rahang, hingga kesulitan saat menelan makanan.

Inilah Makanan Penyebab Kanker Mulut

Penyebab kanker mulut adalah terjadinya mutasi pada sel skuamosa. Skuamosa ini merupakan sel tipis datar yang menutupi bibir, bagian dalam mulut, serta tenggorokan.

Baca juga: Gejala Penyakit Kanker Kulit, Pengertian dan Ciri-cirinya yang Penting

Faktor risiko yang menyebabkan kanker mulut ini seperti kebiasaan oral yang kurang sehat (merokok tembakau, mengunyah tembakau, hingga mengunyah sirih). Infeksi Human Papilloma Virus atau HPV juga dapat menjadi penyebabnya.

Faktor risiko lainnya, memiliki sistem kekebalan tubuh lemah hingga faktor genetik yang diturunkan. Pemicu kanker ini juga bisa karena makanan.

Tidak mengonsumsi jenis makanan ini, sama dengan kita melakukan pencegahan. Berikut ini adalah jenis makanan yang harus kita hindari.

Daging Olahan

Salah satu makanan penyebab kanker mulut, yakni daging olahan. Sadar atau tidak, daging olahan memiliki kandungan pengawet.

Tentu saja, penambahan pengawet ini bertujuan untuk membuat daging tetap dalam kondisi segar dan tidak mudah basi. Contoh makanan daging olahan seperti hot dog atau sosis yang mungkin saja kita konsumsi setiap hari.

Bahan pengawet inilah yang dapat memicu perkembangan kanker dalam tubuh kita. Ada atau tidaknya bahan pengawet ini bisa kita pastikan sendiri.

Sebelum membelinya, ada baiknya untuk membaca dengan cermat komposisinya. Kita juga bisa menanyakannya langsung dengan penjual sebelum membeli. Dengan begitu, kita bisa menghindari daging olahan yang mengandung pengawet ini.

Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Makanan penyebab kanker mulut lainnya yakni makanan yang mengandung pemanis buatan. Ada baiknya kita membatasi mengonsumsi salah satu makanan pantangan penyakit kanker ini. Apalagi yang mengandung pemanis buatan atau gula. Dengan membatasinya, dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh kita.

Makanan yang Diolah dengan Cara Dibakar

Makanan yang dibakar memang memiliki rasa lezat dan nikmat. Namun sebaiknya kita mengurangi konsumsi jenis makanan ini.

Baca juga: Penyebab Kanker Pankreas dan Gejala Penyakitnya

Pasalnya, mengolah makanan seperti daging dengan cara dibakar terlalu lama dapat menyebabkan produksi karsinogenik. Hal ini dapat memicu risiko terkena penyakit kanker.

Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol

Makanan maupun minuman yang mengandung alkohol dapat menjadi penyebab kanker mulut. Sebab, alkohol memiliki kandungan etanol yang bisa merusak lapisan mulut maupun tenggorokan.

Tak hanya itu, alkohol juga bisa membuat sel-sel tubuh menjadi iritasi. Bila alkohol ini kita konsumsi dalam jangka panjang, rutin, dan jumlahnya berlebihan, maka iritasi sel-sel tubuh akan terjadi. Hal ini bisa menyebabkan perubahan sel yang memicu terjadinya kanker.

Makanan yang Dapat Mengurangi Risiko Kanker Mulut

Selain membatasi makanan penyebab kanker mulut, upaya untuk mencegah penyakit ini juga bisa dengan menerapkan diet sehat. Peran diet ini sangatlah penting, yakni dapat mengurangi risiko kanker mulut.

Anda dapat menambahkan beberapa jenis sayuran seperti kangkung, bayam, brokoli, dan kubis brussel ke dalam daftar menu makan Anda. Makanan ini bisa hambat penyebab kanker mulut.

Pencegahan Lainnya

Selain mengontrol makanan yang kita makan setiap harinya, terdapat pencegahan lainnya. Misalnya saja tidak merokok lalu menjaga kesehatan serta kebersihan mulut, baik itu gigi, lidah, dan semua bagian mulut. Tak kalah penting, periksakan gigi dan mulut ke dokter secara rutin.

Baca juga: Penyakit Kanker Usus Besar, Gejala dan Ciri-cirinya

Jangan anggap sepele jika gejala awal kanker mulut sudah mulai terlihat. Meskipun tidak berbahaya, segeralah periksa ke dokter, terutama jika gejala tidak kunjung membaik lebih dari 2 minggu. Dengan begitu, penanganan medis bisa berlangsung secara cepat.

Agar tidak menyesal di kemudian hari, patuhi juga larangan mengonsumsi makanan penyebab kanker mulut ini. Dengan informasi kesehatan mengenai penyakit kanker di atas, kini Anda bisa lebih berhati-hati dan mulai menerapkan gaya hidup yang sehat. (R10/HR-Online)