Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Kesemutan dan Cara Mengatasinya

Makanan Penyebab Kesemutan dan Cara Mengatasinya

Makanan penyebab kesemutan ada baiknya untuk kita hindari. Kesemutan adalah suatu kondisi tubuh merasakan sensasi seperti tertusuk jarum yang sering terjadi pada bagian tangan ataupun kaki.

Meskipun kesemutan ini bersifat sementara, tetapi ada kalanya cukup mengganggu. Tidak hanya karena makanan saja, kesemutan ini dapat dipicu oleh berbagai faktor.

Baca juga: Mengatasi Tangan Sering Kesemutan yang Mudah dan Efektif

Seperti duduk terlalu lama, menggunakan sepatu yang terlalu kecil, hingga masalah kesehatan misalnya gangguan pada saraf.

Inilah Makanan Penyebab Kesemutan

Makanan yang dapat membuat kesemutan ini tanpa sadar kita mengonsumsinya setiap hari. Pasalnya, selain mudah kita temukan, makanan-makanan ini juga memiliki rasa yang lezat.

Lantas, makanan apa saja yang menjadi penyebabnya? Untuk lebih jelasnya, mari simak pemaparan berikut ini!

Makanan Olahan

Makanan olahan menjadi salah satu pemicu terjadinya kesemutan. Pasalnya, makanan olahan merupakan makanan yang kurang sehat.

Agar menjadi makanan olahan yang siap kita makan, membutuhkan proses panjang. Mulai dari pemanasan, pengeringan, pengalengan, hingga pengemasan.

Beberapa contoh makanan olahan ini seperti nugget, kornet, sosis, dan keju. Jika memiliki riwayat penyakit yang dapat menyebabkan kesemutan, ada baiknya untuk menghindari jenis makanan ini.

Hal ini penting Anda lakukan tak lain demi menjaga kesehatan. Oleh sebab itu, jangan anggap sepele poin ini.

Makanan Cepat Saji

Makanan penyebab kesemutan lainnya yakni makanan cepat saji. Pasalnya, makanan cepat saji memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Baca juga: Sering Kesemutan Bisa Jadi Indikasi Ada Penyakit Berbahaya, Waspadai!

Sedangkan gizi yang terkandung di dalamnya sangat rendah. Contoh makanan cepat saji ini antara lain kentang goreng, hamburger, pizza, hingga ayam goreng tepung yang hampir kita konsumsi setiap hari.

Selain meningkatkan kemungkinan terjadinya kesemutan, makanan cepat saji juga menjadi penyebab gangguan kesehatan lainnya. Seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Makanan Manis atau Tinggi Gula

Seseorang yang menderita diabetes dapat mengembangkan neuropati. Neuropati ini merupakan gejala yang timbul saat sistem saraf terganggu.

Biasanya gejala ini tampak dengan terjadinya kram otot, susah buang air kecil, nyeri, hingga kesemutan. Karena itulah, penting untuk menghindari makanan manis atau tinggi gula.

Makanan tinggi gula dapat menyebabkan penderita diabetes mengalami kerusakan saraf yang memicu neuropati diabetik.

Makanan Tinggi Garam

Bukan hanya makanan-makanan manis, makanan penyebab kesemutan juga bisa karena makanan tinggi garam. Kandungan garam yang tinggi dapat menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar.

Baca juga: Makanan Penyebab Meningitis, Keju Lunak Hingga Hot Dog

Alhasil, bisa mengakibatkan kesemutan, mati rasa pada saraf, hingga rasa terbakar. Makanan tinggi garam ini juga dapat memicu terjadinya stres pada saraf. Contoh makanan tinggi garam ini seperti makanan cepat saji dan daging olahan.

Makanan Gorengan

Seperti makanan cepat saji, gorengan juga memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Makanan ini menjadi salah satu makanan penyebab kesemutan.

Lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol jahat pada tubuh kita. Setelah itu, tubuh merasakan kesemutan.

Bahayanya lagi, kerusakan juga terjadi pada pembuluh darah dan peredaran darah yang membawa oksigen ke jaringan perifer. Seseorang yang mengurangi konsumsi gorengan lebih jarang mengalami kesemutan.

Biji Olahan

Mengonsumsi biji olahan seperti sereal juga dapat memicu terjadinya kesemutan. Pasalnya, biji olahan ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Baca juga: Waspada, Penyakit Serius Ini Bisa Diawali dari Kesemutan

Selain itu, biasanya biji olahan terkemas dalam jangka waktu yang lama sehingga tidak baik bagi kesehatan.

Makanan dan Minuman Beralkohol

Entah itu makanan maupun minuman yang mengandung alkohol, tidak baik bagi kesehatan karena dapat memicu kesemutan.

Jika makanan tinggi gula dapat menyebabkan neuropati diabetik, makanan dan minuman beralkohol bisa memicu neuropati alkoholik.

Kesemutan karena neuropati alkoholik, ada baiknya membatasi makanan maupun minuman yang mengandung alkohol. Lebih baiknya lagi, berhenti mengonsumsinya hingga tidak memiliki gejala kesemutan.

Cara Mengatasi Kesemutan

Agar tidak sering kesemutan, rajinlah berolahraga atau menggerakan tubuh. Mengubah posisi duduk yang benar, posisi tidur lebih nyaman, memijat saraf tegang, dan istirahat cukup juga sangat membantu.

Baca juga: Kumpulan Artikel Makanan Pantangan Penyakit

Selain menghindari makanan penyebab kesemutan, kita bisa menggantinya dengan makanan lain. Makanan-makanan tersebut dapat kita ganti dengan jenis makanan lain, seperti makanan yang mengandung asam folat, omega 3, alfa lipoat, antioksidan, dan vitamin B. (R10/HR-Online)

- Advertisment -