Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Meningitis, Keju Lunak Hingga Hot Dog

Makanan Penyebab Meningitis, Keju Lunak Hingga Hot Dog

Makanan penyebab meningitis menjadi makanan pantangan yang tidak boleh Anda konsumsi. Pasalnya, penyebab meningitis ini tidak hanya berasal dari kontak langsung dengan manusia ataupun hewan, melainkan juga dapat menular melalui makanan.

Meningitis merupakan salah satu masalah kesehatan akibat peradangan selaput yang melapisi otak dan sumsung tulang belakang. Ada beberapa faktor penyebab meningitis, entah itu karena faktor bakteri, virus, jamur, maupun parasit. 

Namun bakteri menjadi penyebab paling fatal dan berbahaya. Terdapat beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan meningitis, seperti Listeria monocytogenes, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, hingga Streptococcus pneumoniae.

Baca juga: Jenis Penyakit Meningitis, Berbahaya Bahkan Menimbulkan Kematian

Hampir semua jenis bakteri ini dapat menginfeksi dan menyebar melalui bersin, batuk, hingga berciuman. Selain lingkungan, jenis-jenis bakteri ini juga dapat hidup dalam tubuh kita.

Meskipun tidak berbahaya dalam beberapa kasus, tetapi ketika jenis bateri tersebut masuk ke aliran darah, kemudian menuju ke otak dan tulang belakang, pada saat itulah infeksi dapat terjadi.

Inilah Makanan Penyebab Meningitis yang Harus Dihindari

Mengkhawatirkannya lagi, bakteri Listeria monocytogenes bisa kita temukan dalam beberapa jenis makanan. Seperti keju lunak, daging sandwich, dan hot dog.

Tidak hanya itu, sayuran yang masih mentah serta buah-buahan seperti apel dan melon juga memiliki risiko mengandung jenis bakteri Listeria.

Selain itu, penyebab meningitis bisa karena makanan yang kurang matang, seperti ikan, daging, hingga unggas. Pada makanan tersebut juga terdapat parasit yang menyebabkan meningitis.

Baca juga: Penyebab Penyakit Meningitis, Gejala, Cara Mencegah dan Mengatasinya

Meningitis yang disebabkan oleh infeksi Listeria ini sangat berbahaya bagi kesehatan janin maupun bayi yang baru lahir.

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga memiliki risiko lebih fatal saat terinfeksi jenis bakteri ini.

Gejala Meningitis Akibat Infeksi Bakteri pada Makanan

Penting untuk Anda perhatikan, saat seseorang mengonsumsi makanan penyebab meningitis ini kemudian terinfeksi oleh bakteri, ada beberapa gejala yang timbul. Gejalanya dapat berlangsung dengan sangat cepat.

Bahkan penularannya dapat terjadi hanya dalam hitungan jam saja. Adapun beberapa gejalanya yakni demam tinggi, leher kaku, hingga sakit kepala yang cukup parah.

Bagi Anda yang memiliki bayi atau balita berumur kurang dari 2 tahun, harus selalu memantau setiap iritabilitas yang masih ada.

Selain itu, penting juga untuk terus memantau minat makan. Pasalnya, kedua hal tersebut dapat menjadi gejala meningitis.

Cara Mencegah Penularan Meningitis Karena Makanan

Tak perlu khawatir dengan penularan meningitis melalui makanan ini karena Anda dapat melakukan beberapa pencegahan.

Selain menghindari penyebab meningitis, pastikan Anda selalu mencuci bahan makanan yang masih mentah menggunakan air mengalir.

Misalnya saja mencuci terlebih dahulu sayuran dan buah-buahan sebelum Anda potong, masak, ataupun makan.

Meskipun sayuran atau buahan-buahan yang sudah Anda kupas sekalipun, ada baiknya tetap mencucinya terlebih dahulu.

Sedangkan untuk hasil pertanian seperti mentimun dan melon, cuci menggunakan sikat bersih. Sebelum Anda menyimpannya, keringkan dengan kertas ataupun kain bersih.

Pencegahan yang tak kalah penting, yakni dengan memisahkan unggas dan daging mentah, dengan makanan matang, makanan siap saji, maupun sayuran.

Hal ini dapat mencegah terjadinya kontaminasi silang. Tak lupa pula untuk rajin membersihkan peralatan memasak, terutama setelah selesai Anda gunakan.

Makanan Pencegah Meningitis

Selain memperhatikan penyebab meningitis, upaya pencegahan yang tak kalah penting yakni dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Beberapa makanan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

1. Jahe

Jahe terkenal dengan kandungan antioksidan tinggi dan anti inflamasi. Tak hanya itu, jahe juga mengandung capsaicin dan beta karoten yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Bawang Putih

Aroma menyengat bawang putih ini berasal dari senyawa belerang seperti allicin. Kandungan allicin yang dapat menangkal terjadinya infeksi maupun virus penyebab beberapa penyakit menular seperti halnya meningitis.

3. Gandum

Selain rutin berolahraga, mengonsumsi gandung juga dapat menjaga kesehatan tubuh. Beberapa makanan yang berasal dari gandung utuh bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan informasi kesehatan di atas, maka jangan pernah menyepelekan makanan penyebab meningitis. Sayangi kesehatan tubuh dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat serta konsumsi makanan yang baik. (R10/HR-Online)

- Advertisment -