Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan yang Dihindari Saat Hamil Muda, Cegah Masalah Kehamilan

Makanan yang Dihindari Saat Hamil Muda, Cegah Masalah Kehamilan

Makanan yang dihindari saat hamil muda, penting untuk ibu hamil perhatikan. Ibu hamil yang tengah memasuki awal kehamilannya, perlu menjaga pola makan.

Hal ini, untuk menjaga kesehatan ibu maupun janin dalam kandungan. Apalagi, selama trimester pertama kehamilan, ibu hamil lebih berisiko mengalami keguguran.

Baca Juga : Pantangan Orang Hamil untuk Cegah Keguguran dan Cacat Janin

5 Makanan yang Dihindari Saat Hamil Muda

Ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi calon ibu, terutama saat awal masa kehamilan. Berikut ini adalah informasinya.

1. Buah Nanas

Nanas merupakan salah satu makanan yang tidak boleh ibu hamil muda konsumsi. Pasalnya, buah nanas memiliki kandungan bromelain yang bisa menimbulkan luka pada leher rahim. Akibatnya, dapat menyebabkan keguguran hingga persalinan dini.

2. Buah Pepaya Mentah

Makanan yang dihindari saat hamil muda selanjutnya yakni buah pepaya mentah atau setengah matang. Buah pepaya yang belum masang memiliki kandungan lateks, sehingga dapat membuat rahim berkontraksi.

Mengingat efek buruknya, ibu hamil muda sebaiknya menghindari untuk mengonsumsinya.

Baca Juga : Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Wajib Diperhatikan

3. Sayuran Mentah

Ibu hamil juga juga tidak boleh mengonsumsi sayuran mentah. Sayuran mentah ini biasanya jenis kecambah hingga lalapan seperti daun kemangi.

Bakteri yang terdapat pada tauge atau kecambah, tidak mudah hilang hanya dengan proses mencuci saja. Untuk dapat mengonsumsinya, perlu melalui proses masak hingga matang.

4. Hati

Hati, memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan karena kaya akan vitamin A. Bagi ibu hamil muda, mengonsumsinya beberapa kali dalam sebulan mungkin tidak menimbulkan dampak negatif.

Namun bila konsumsinya secara berlebihan, bisa meningkatkan akumulasi retinol secara bertahap. Hal ini dapat memperburuk kondisi janin.

5. Daging Mentah

Makanan yang perlu Anda hindari saat hamil muda lainnya yakni daging mentah. Pasalnya, pada daging mentah terdapat E-Coli dan Salmonella.

Bakteri-bakteri tersebut bisa menjadi penyebab keracunan makanan laut. Bagi ibu hamil muda, bila ingin mengonsumsi daging pastikan memasak sampai benar-benar matang.

6. Telur Mentah

Telur mentah juga mengandung bakteri Salmonella. Karena itulah, ibu hamil muda sebaiknya menghindari konsumsi telur mentah atau makanan yang menggunakan telur mentah.

Meskipun tidak memberikan dampak buruk secara langsung pada janin, infeksi akibat dari Salmonella dapat mengganggu sistem pencernaan, seperti muntah atau diare. Ada baiknya, ibu hamil muda memastikan konsumsi telur yang sudah matang.

Baca Juga : Agar Cepat Hamil, Hindari Pantangan Makanan Ini!

7. Minuman Beralkohol

Ibu hamil muda, juga tidak boleh minum atau mengonsumsi makanan yang mengandung alkohol. Pasalnya, minuman beralkohol sangat berbahaya bagi janin.

Alkohol bisa masuk ke dalam darah janin dengan perantara sang ibu. Hal ini dapat merusak sumsung tulang belakang dan sel otak bayi.

Selain makanan yang dihindari saat hamil muda, ibu hamil juga harus memperhatikan semua peralatan masak dengan benar. Sebaiknya sebelum memasak pastikan bahan-bahan seperti sayuran sudah cuci bersih dan aman. (R10/HR-Online)

- Advertisment -