Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Rebusan Daun Pepaya, Bagus untuk Kesehatan

Manfaat Rebusan Daun Pepaya, Bagus untuk Kesehatan

Manfaat rebusan daun pepaya sangat baik untuk kesehatan. Belum lagi apabila memiliki berbagai penyakit, bisa sembuh dengan pengobatan tradisional ini.

Daun pepaya memiliki kandungan flavonoid, tanin, a-tokoferol, beta-karoten, asam askorbat, dan masih banyak lagi.

Umumnya orang-orang tidak suka dengan daun pepaya karena rasanya yang pahit. Pengolahan yang benar dengan metode perebusan bisa mengurangi rasa pahit tersebut. Sehingga memberikan manfaat terbaik untuk tubuh.

Siapa sangka bahwa daun pepaya kini menjadi salah satu obat herbal. Banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin membuat daun pepaya ampuh menyembuhkan berbagai penyakit.

Baca Juga: Manfaat Daun Randu untuk Kesehatan, Bisa Atasi Masalah Lambung

Ragam Manfaat Rebusan Daun Pepaya untuk Kesehatan

Perebusan daun pepaya memiliki banyak manfaat. Apalagi jika tidak terlalu matang agar kandungan nutrisi di dalamnya tetap ada. Sehingga kesehatan akan tetap terjaga dengan baik. Adapun manfaat tersebut, sebagai berikut.

Meningkatkan Trombosit

Wah, ternyata rebusan daun pepaya mampu meningkatkan trombosit seseorang. Biasanya ketika menderita demam berdarah, salah satu alternatif pengobatan tradisional dengan mengonsumsi daun pepaya rebus.

Cairan tubuh dan trombosit pasien akan meningkat secara signifikan. Tentu membantu mengurangi gejala yang lebih parah. Biasanya jumlah trombosit yang meningkat dalam waktu 40-48 jam.

Baca Juga: Manfaat Daun Anyang-anyang Sebagai Obat Herbal Berbagai Penyakit

Memberikan Energi untuk Tubuh

Ternyata, daun pepaya rebus dengan rasa yang agak pahit mampu memberi energi untuk tubuh. Pasalnya, memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Sehingga menambah pasokan energi pada tubuh.

Manfaat rebusan daun pepaya menjadikan diri lebih semangat. Tak hanya karbohidrat, daun pepaya juga tinggi serat. Hal ini memungkinkan dapat menahan rasa lapar dalam waktu yang lebih lama.

Seseorang tidak akan memiliki kebiasaan ngemil jika sudah mengonsumsi daun pepaya. Dengan begitu, berat badan akan terjaga dengan imbang.

Mengatasi Masalah Peradangan

Daun pepaya rebus sangat baik untuk mengatasi peradangan. Orang-orang biasa menyebut masalah ini sebagai arthritis. Ini merupakan masalah radang sendi yang mengakibatkan penderita tidak nyaman saat beraktivitas.

Hal yang paling parah adalah bisa timbul bengkak, ruam, dan nyeri sendi. Sehingga harus diatasi dengan segera menggunakan daun pepaya rebus.

Baca Juga: Manfaat Daun Jati untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Mengobati Jerawat

Hal menarik dari manfaat rebusan daun pepaya adalah mampu mengobati jerawat yang meradang. Mungkin banyak orang yang tidak percaya dengan khasiat ini. Nyatanya wanita sudah banyak yang mencoba dan berhasil.

Caranya dengan merebus beberapa lembar daun pepaya menggunakan air bersih. Setelah mendidih, gunakan air sisa rebusan untuk membasuh muka.

Cara lainnya bisa dengan membuat masker dari daun pepaya. Hanya saja, perlu menumbuk daun yang memakan banyak waktu serta tenaga. Sehingga merebusnya adalah cara yang paling tepat dan aman.

Dengan memahami manfaat rebusan daun pepaya, menjadikan semua orang bisa menggunakannya untuk pengobatan. Kini obat tradisional jauh lebih banyak dicari daripada obat kimia. Sehingga daun pepaya mampu menjaga tubuh agar tetap sehat alami. (R10/HR-Online)

- Advertisment -