Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBerita TerbaruMediaTek Dimensity 9000 Samsung Mampu Saingi Snapdragon 8 Gen 1

MediaTek Dimensity 9000 Samsung Mampu Saingi Snapdragon 8 Gen 1

Mediatek Dimensity 9000 Samsung resmi meluncur. Sepertinya ini akan menjadi chipset yang lebih unggul daripada Snapdragon 8 Gen 1.

Kabarnya, chipset 4nm Dimensity 9000 terbaru dari MediaTek akan berharga hampir dua kali lipat apabila kita bandingkan dengan chipset 5G terakhir perusahaan.

Smartphone mendatang yang mengusung chipset MediaTek Dimensity 9000 kemungkinan lebih mahal daripada perangkat yang memperoleh dukungan tenaga Dimensity 1200. Hal ini sesuai dengan laporan dari Digital Chat Station.

Chipset smartphone 5G akan bersaing dengan chip terbaik dari pesaing populer seperti Qualcomm dan Samsung.

Perusahaan berharap chipset terbaru ini dapat tersemat di smartphone Android dengan harga premium.

Baca Juga: Perbandingan Qualcomm dan Mediatek, Qualcomm Tertinggal?

Keunggulan MediaTek Dimensity 9000 Samsung

Saat ini smartphone bermerek Samsung Galaxy banyak yang menyematkan chipset MediaTek daripada sebelumnya. Seperti yang kita ketahui bahwa MediaTek merupakan chip model entry-level atau mid-range.

Namun ini akan segera berubah setelah terdapat rumor yang menyebutkan bahwa raksasa elektronik Korea Selatan bersiap untuk meluncurkan handset dengan dukungan SoC seluler andalan terbaru MediaTek. SoC tersebut adalah MediaTek Dimensity 9000.

Dimensity 9000 baru merupakan chip seluler pertama yang dibuat pada prosesnya 4nm TSMC. Selain gunakan arsitektur v9 anyar dari Arm, smartphone pertamanya yang menampilkan chipset MediaTek Dimensity 9000 kemungkinan memasuki pasar pada pertengahan 2022.

MediaTek Dimensity 9000 Samsung saat ini memimpin industri smartphone 5G unggulan dengan merangkul proses produksi TSMC N4 (kelas 4nm) terbaru dan tercanggih. Ini merupakan chip smartphone TSMC N4 (kelas 4nm) pertama yang ada di dunia.

Performa Handal dengan Efisiensi Daya Luar Biasa

Dimensity 9000 gunakan prosesor arsitektur Armv9 baru. Prosesor ini mampu menghadirkan kinerja yang tak tertandingi. CPU Octa-core cakup Arm Cortex-X2 yang sangat luar biasa sampai 3.05GHz epik.

Sementara itu, chipset ini juga memiliki cache berlapis besar dalam chip serta memori LPDDR5X yang mampu menyimpan data dengan jumlah besar.

Akses berbagai jenis aplikasi ini akan lebih cepat serta mampu meningkatkan efisiensi daya secara keseluruhan lebih jauh lagi.

Baca Juga: Chip Baru Mediatek Dimensity 1000 5G Melebihi Snapdragon 855+

Fitur Lengkap

MediaTek Dimensity 9000 5G Samsung akan menggunakan desain inti baru Arm: satu inti kinerjanya Cortex-X2 dengan clock 3,05 GHz, tiga inti Cortex-A710 di 2,85 GHz, serta empat inti efisiensinya Cortex-A510 dalam 1,8GHz.

Sementara itu, chipset ini memperoleh dukungan GPU yang terdiri dari 10-core Arm Mali-G710 bersama APU generasi kelima MediaTek dengan enam total core untuk pemrosesan AI.

Berikutnya, Dimensity 9000 tawarkan modem 5G onboard dalam dukungan untuk spek Release 16 3GPP.

Akan tetapi, sayangnya chip terbaru ini masih kalah dari pesaing dengan hanya tawarkan dukungan 5G sub-6GHz bawaannya tanpa standart mmWave yang relatif cepat.

Dimensity 9000 memang mengklaim sebagai chip pertama pada smartphone yang mendukung Bluetooth 5.3 dan bekerja dengan Wi-Fi 6E juga.

Terapkan MediaTek Imagiq 790

MediaTek Dimensity 9000 Samsung memiliki desain unggulan 18-bit HDR-ISP. Desain ini mampu memberi kesempatan pertama bagi para pengguna untuk merekam video di tiga kamera secara bersamaan.

Hal ini sekaligus memastikan efisiensi daya yang luar biasa. Penggabungan APU-ISP yang unik juga dapat menghadirkan kecepatan pengambilan dan kualitas gambar yang tak tertandingi.

Baca Juga: Teknologi Heat Transfer, Inovasi Terbaru Samsung S22 Ultra 5G

Miliki MediaTek APU 590

Keunggulan lain yang terdapat pada MediaTek Dimensity 9000 Samsung adalah menampilkan prosesor AI generasi ke-5 yang paling kuat.

Selanjutnya, MediaTek APU 590 dirancang khusus untuk memenuhi tren AI terbaru, mencapai performa efektif, serta maksimum dalam pengalaman AI-multimedia, game, camera, bahkan video sosial.

Dengan kapasitas yang tersemat untuk melakukan kalkulasi INT8, INT16, dan FP16, APU MediaTek dapat bekerja pada tugas sebagai co-prosesor seperti AI-ISP, AI-GPU, hingga AI-Video.

Ini dapat memberikan fungsi, kinerja, dan efisiensi daya baru. Hal ini merupakan keuntungan yang ideal untuk penggunaan sehari-hari.

Chipset terbaru ini dapat mengintegrasikan modem smartphone 5G dengan teknologi standar 3GPP Release-16 ke dalam chip, memperkuat kinerja sub-6GHz untuk melaju cepat, dan lebih jauh dari sebelumnya.

Menariknya lagi, chip mampu mendukung kamera dengan resolusi tinggi. MediaTek Dimensity 9000 Samsung dapat digunakan pada perangkat yang mempunyai lensa hingga 320 MP pertama di dunia.

Selain itu, adanya chip terbaru ini juga mampu memberi dukungan untuk triple kamera merekam dalam tiga eksposur per frame pertamanya di dunia. Bahkan chip ini pun memiliki ISP 9G Pixel paling kuat. (R10/HR-Online)