Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita TerbaruMenaruh HP di Atas Laptop Penting untuk Dihindari, Ketahui Risikonya!

Menaruh HP di Atas Laptop Penting untuk Dihindari, Ketahui Risikonya!

Menaruh HP di atas laptop sebaiknya tidak pengguna lakukan untuk menghindari risiko yang dapat terjadi. Baik smartphone ataupun laptop saat ini menjadi perangkat vital untuk mendukung aktivitas di era digital.

Namun seringkali pengguna lalai dalam menjaga smartphone atau perangkat laptop mereka dengan menyimpannya sembarangan.

Selain berbahaya bagi hardware perangkat, meletakkan ponsel di atas laptop secara sembarangan juga dapat memberikan dampak negatif terhadap kedua perangkat.

Berbagai peralatan elektronik seperti ponsel, televisi, laptop, atau yang lainnya dapat mengeluarkan medan magnet. Dengan adanya medan magnet ini, dapat mempengaruhi kinerja komponen laptop.

Terutama pada harddisk yang berfungsi untuk melindungi data. Oleh karena itu, jangan meletakkan perangkat laptop di dekat sumber magnet tersebut. Sebaiknya letakkan ponsel agak jauh, sekitar 15 hingga 20 cm dari laptop.

Baca Juga: Menaruh HP Dekat Kepala, Sebaiknya Hindari Ada Dampak Negatifnya

Risiko Menaruh HP di Atas Laptop

Mungkin sebagian orang terbiasa meletakkan berbagai barang di atas laptop, salah satunya adalah HP saat tidak digunakan. Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut, maka sebaiknya hentikan mulai dari sekarang.

Pasalnya, ini akan menjadi kebiasaan buruk dan dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat laptop atau smartphone itu sendiri. Bagian yang rusak bisa saja pada layar atau komponen  lainnya.

Tanpa Anda sadari, laptop mungkin dapat berganti tema sendiri. Apabila sudah demikian, maka biaya perbaikannya pun tentu tidak murah.

Selain itu, menaruh HP di atas laptop juga berpengaruh terhadap ketahanan ponsel itu sendiri. Selain berbahaya bagi hardware, meletakkan ponsel di atas laptop juga dapat berdampak negatif bagi komponen penting lain.

Baca Juga: Bahaya Main HP Sambil Cas Menimbulkan Kerusakan Hingga Ledakan

Dampak Meletakkan HP di Atas Laptop

Meletakkan barang-barang di atas laptop merupakan hal yang sangat tidak boleh dilakukan. Mungkin kebiasaan ini sering dianggap sepele bagi pengguna, padahal menaruh barang di atas laptop salah satunya HP dapat berakibat fatal.

Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar serta komponen lainnya. Jangan pernah meletakkan ponsel atau tumpukan barang lainnya di atas laptop, karena ini dapat menyebabkan beberapa masalah pada layar. Seperti layar retak atau pecah, adanya noda hitam akibat tekanan, dan lain sebagainya.

Selain itu, hindari menaruh HP di atas laptop atau alat elektronik lain. Pasalnya, getaran produk elektronik saat menyala dapat merusak komponen serta sinyal yang terdapat dalam smartphone Anda.

Berbagai jenis alat elektronik, salah satunya laptop mampu menghasilkan medan magnet cukup kuat yang akan membuat layar ponsel menjadi dead pixel serta mengalami flickering.

Sebaiknya letakkan smartphone di tempat yang aman dengan posisi layar menghadap ke bawah. Selain dapat mengurangi intensitas melihat serta memegang ponsel, hal ini juga dapat bermanfaat untuk menghindari lensa kamera tergores.

Jika kita bandingkan dengan layar smartphone, kaca pelindung lensa kamera lebih rentan terhadap goresan.

Apabila terdapat goresan pada lensa kamera, maka setiap foto yang dihasilkan tidak bagus dan tak maksimal.

Hal penting lain, smartphone dan perangkat PC sama-sama memancarkan gelombang elektromagnetik. Apabila Anda menaruh hp di atas laptop atau meletakkan keduanya dalam jarak yang terlalu dekat, tentunya kedua perangkat tersebut akan saling merusak.

Baca Juga: Bahaya Main Smartphone Sebelum Tidur, Waspada Risiko Alami Depresi

Bahaya Meletakkan HP di Atas Keyboard Laptop

Selain adanya risiko saat menaruh HP di atas laptop, ternyata meletakkan ponsel di atas keyboard laptop juga dapat memberikan dampak yang buruk.

Meletakkan ponsel atau smartphone di atas keyboard laptop atau PC dapat merusak keyboard tersebut.

Pasalnya, sinyal radiasi yang berasal dari perangkat HP dapat mengakibatkan tombol-tombol keyboard laptop berubah. Ini dapat mengakibatkan tombol menjadi tidak beraturan lagi.

Sebagai contoh, saat kita menekan angka 1, maka akan berubah menjadi titik atau koma. Saat kita menekan backspace, maka akan menjadi tombol sama dengan atau yang lainnya.

Oleh karena itu, untuk dapat menjaga ketahanan atau keawetan pada pada ponsel maupun laptop, maka hindari menaruh HP di atas laptop. Dengan selalu menghindari hal-hal yang dapat merusak perangkat HP dan laptop yang Anda miliki, maka kedua perangkat tersebut akan memiliki masa pakai jauh lebih awet dan bisa Anda gunakan lebih lama lagi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -