Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruMengobati Sakit Gigi Berlubang, Ini Pilihan Bahan Alami Terbaik

Mengobati Sakit Gigi Berlubang, Ini Pilihan Bahan Alami Terbaik

Cara mengobati sakit gigi berlubang sebenarnya ada banyak pilihannya. Termasuk dengan menggunakan bahan-bahan dari tanaman herbal yang ada dan dekat dengan kita. Seperti menggunakan minyak cengkeh, jeruk nipis, maupun bahan alami lainnya.

Apakah anda sering mengalami sakit gigi? Gangguan yang satu ini juga termasuk popular dan sering kita alami. Baik orang dewasa hingga anak-anak sering mengalami sakit gigi.

Namun anda tidak perlu terlalu terburu-buru untuk mengatasi masalah sakit gigi dengan pergi ke dokter. Apalagi untuk masalah gigi berlubang yang terkadang amat sangat menyiksa.

Meskipun kini sudah banyak obat sakit gigi berlubang yang bisa kita beli dari apotek, namun tidak semua aman untuk kita konsumsi.

Ada baiknya, anda beralih ke obat herbal alami untuk mengatasi gigi berlubang. Hal tersebut untuk menghindari sakit gigi yang semakin parah. Selain itu, penggunaan obat dari bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping tertentu.

Selain itu bahan alami untuk gigi berlubang lebih mudah kita temukan dan harganya cukup murah. Inilah cara mengobati gigi berlubang dengan bahan alami.

Bahan Alami Untuk Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Masyarakat kita telah mengenal herbal sejak lama. Apalagi tanah air kita juga kaya dengan tanaman yang berkhasiat obat. Tak sedikit racikan obat tradisional kita menjadi solusi terbaik untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Berikut ini beberapa jenis bahan alami untuk mengobati sakit gigi berlubang yang bisa Anda coba gunakan.

Menggunakan Garam

Seperti yang kita tahu bahwa garam mengandung yodium bersifat anti-bakteri yang dapat menghilangkan rasa ngilu pada gigi untuk membunuh kuman dan virus.

Anda cukup menyediakan air hangat dicampur dengan sedikit garam hingga melarut, lalu  gunakan air tersebut dan berkumurlah secara optimal agar rasa sakit mulai mereda.

Air garam merupakan bahan alami yang cukup efektif untuk mengatasi ngilu pada gigi yang berlubang.

Menggunakan Jeruk Nipis

Cara mengobati sakit gigi berlubang selanjutnya adalah dengan buah jeruk nipis. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dengan sari jeruk memang bermanfaat untuk meredakan sakit gigi.

Buah jeruk nipis tersebut kita peras, dan kemudian oleskan airnya pada gigi yang terasa sakit. Lakukan setiap 10 menit sampai sari jeruk habis. Lakukan cara ini secara terus menerus hingga rasa sakit hilang.

Menggunakan Minyak Cengkeh

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan sari minyak cengkeh untuk meredakan sakit gigi. Herbal ini terkenal karena mengandung anti-inflamasi, antioksidan dan anestesi yang berguna untuk menghilangkan bakteri akibat rasa ngilu pada gigi.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Cukup hanya dengan mengoleskan minyak cengkeh dengan kapas. Apabila kelebihan minyak tinggal peras kapas tersebut, lalu tempelkan kapas ke dalam gigi yang berlubang.

Biarkan dan tunggu beberapa menit. Lakukan cara ini secara rutin hingga rasa sakit pada gigi mulai berkurang.

Menggunakan Merica

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika merica termasuk bumbu dapur yang juga dapat kita gunakan untuk mengatasi gigi berlubang.

Anda bisa langsung tumbuk merica atau dapat menggunakan merica bubuk. Lalu tambahkan dengan sedikit garam sampai tercampur lembut atau membentuk sebuah pasta.

Jika sudah segera oleskan dan tempelkan pada gigi berlubang. Biarkan beberapa saat hingga kandungan herbal meresap ke bagian yang sakit.

Menggunakan Bawang Putih

Alternatif lain cara mengobati sakit gigi berlubang adalah dengan bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini kaya akan kandungan antibiotik dan mampu membunuh bakteri gigi berlubang.

Cara pengobatanya dengan mengambil satu siung bawang putih, lalu diiris halus dan tambah sedikit garam. Segera tempelkan selama 3-5 menit pada gigi yang sakit. Lakukan secara rutin.

Minyak Bunga Matahari

Salah satu teknik kuno yang mampu mengatasi masalah gigi berlubang adalah menggunakan minyak bunga matahari. 

Meskipun bersifat tradisional, akan tetapi cara ini mampu membantu saat proses pembersihan mulut dari bakteri penyebab gigi berlubang.

Metode tersebut juga cukup mudah karena hanya berkumur minyak bunga matahari selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Demikianlah beberapa cara mengobati sakit gigi berlubang dengan bahan alami yang bisa Anda coba. Dengan memilih tanaman herbal untuk pengobatan merupakan cara mudah dan efektif sebelum memutuskan pergi berobat ke dokter. (R11/HR-Online)

- Advertisment -