Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruMengubah Ukuran Gear Motor, Simak Uraian Ini Sebelum Melakukannya!

Mengubah Ukuran Gear Motor, Simak Uraian Ini Sebelum Melakukannya!

Sebelum mengubah ukuran gear motor, sebaiknya Anda simak dan ketahui dulu bagaimana cara dan efek kedepannya. Biasanya hal seperti ini sering dilakukan guna mendapat karakter motor sesuai keinginan penggunanya.

Memang ukuran gear motor dapat Anda ubah menjadi lebih besar atau bahkan lebih kecil daripada ukuran standarnya. Meski demikian, sudah pasti akan ada efek yang berbeda apabila ukuran gear kita ganti.

Baca Juga: Efek Gear Depan Kecil pada Kendaraan, Simak Penjelasannya!

Tips Mengubah Ukuran Gear Motor yang Harus Anda Ketahui

Biasanya memodifikasi kendaraan roda dua atau motor sering dilakukan oleh sebagian besar orang pada umumnya.

Sudah pasti akan ada banyak alasan mengapa mereka ingin melakukan modifikasi pada motor kesayangannya.

Salah satu bagian yang tidak jarang untuk diganti adalah gear motor dan pemiliknya sering mengubah ukurannya. Walaupun mengubah gear motor boleh, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan dulu.

Sebab apabila salah dalam mengganti gear, justru akan ada efek samping yang bisa timbul dan membuat performa menjadi tidak bagus. Hal ini karena gear motor memiliki fungsi yang sangat penting dalam laju kendaraan.

Baca Juga: Tips Memilih Gear Set Motor yang Tepat Agar Kinerjanya Lebih Optimal

Mengganti Ukuran Gear Bagian Depan dan Belakang

Mengubah ukuran gear motor pada bagian depan tentunya akan memiliki efek yang positif dan negatif pula. Pasalnya jika gear bagian depan kita ganti menjadi lebih besar, maka mata gear juga semakin banyak dan membuat perputaran berat.

Begitu juga saat mengganti ukuran gear pada bagian belakang, maka akan membuat ukurannya menjadi berbeda daripada aslinya.

Karena gear bagian belakang mempunyai ukuran bervariasi dan apabila Anda mengganti dengan ukuran standar, maka tidak akan memberi efek baik.

Ganti Spesifikasi Gear

Selain mengubah gear dari standarnya, mengubah spesifikasi gear juga bisa menimbulkan masalah. Supaya tidak salah ukuran, maka Anda harus bisa mengetahui bagaimana spesifikasi gear motor tersebut.

Setelah mengetahui, maka untuk mengubah ukuran gear motor lebih mudah dan akan memberikan efek yang baik pula. Jadi, sebelumnya Anda dapat membaca tulisan atau kode yang terletak pada bagian komponen itu sendiri.

Baca Juga: Penyebab Gear Motor Cepat Habis Karena Kotoran yang Menempel

Apakah Ada Efek?

Pabrik sendiri sudah menyesuaikan ukuran gear pada setiap jenis kendaraan bermotor seperti ini. Tapi sebagai manusia, maka ada saja hal-hal yang ingin mereka ubah demi kepuasan mereka.

Termasuk dalam penggantian gear motor. Hal ini akan ada efek tidak baik jika salah dalam menggantinya. Meski demikian, akan baik pula apabila benar dalam mengganti ukuran gear motor tersebut.

Oleh karena itu, Anda juga harus paham betul terkait bagaimana penggantian gear motor yang sesuai agar tidak semakin parah. Jika Anda sudah paham, maka nantinya bisa langsung mengubah sesuai keinginan.

Tapi apabila Anda tidak bisa mengubah ukuran gear motor sendirian, maka bisa membawanya ke tukang bengkel. (R10/HR-Online)

- Advertisment -