Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita JabarMenuju Presidensi G20, Sekda Jabar Bahas Soal Daya Dukung Perdesaan

Menuju Presidensi G20, Sekda Jabar Bahas Soal Daya Dukung Perdesaan

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja membahas soal daya dukung perdesaan pada Sherpa Meeting U20, Pullman Hotel, Jakarta, Kamis (24/3/2022). Nantinya aspirasi tersebut akan dibawa ke Presidensi G20 Indonesia di Bali.

Setiawan menjelaskan menyelesaikan masalah perdesaan bisa menjadi daya dukung isu perkotaan. Untuk itu, perdesaan dan perkotaan adalah satu kesatuan yang pengelolaannya harus berkelanjutan.

“Alhamdulillah lancar. Masukan dari kita, Indoensia. Jabar dan DKI Jakarta bisa terakomodir. Semua anggota mendukung,” ujar Setiawan.

Menurut Setiawan, isu kota juga mempertimbangkan isu desa. Sehingga harus mencari cara dukungan desa terhadap kota.

Menurut Setiawan, selain daya dukung perdesaan, banyak juga membahas isu lainnya pada forum tersebut. Berbagai aspirasi dan kesimpulan pada Sherpa Meeting U20 ini kemudian akan membawanya ke Mayors Summit U20, Agustus nanti.

“Harapan kita isu itu tidak terlalu melebar, namun relevan dengan isu perkotaan,” ungkap Setiawan.

Poin dari Forum U20 tersebut nantinya secara keseluruhan akan membawanya ke Presidensi G20 yang berlangsung pada November 2022. G20 akan digelar di Bali. Apabila aspirasi mengenai isu perkotaan ini masuk dalam kebijakan G20, maka akan menguntungkan dengan kebijakan negara G20.

“G20 sangat berpengaruh, terutama terhadap perekonomian dunia. Intinya isu perkotaan bisa terakomodir,” jelasnya. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -