Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruMerawat Radiator Mobil Tua, Gunakan Cara Ini!

Merawat Radiator Mobil Tua, Gunakan Cara Ini!

Merawat radiator mobil tua bisa kita lakukan secara khusus untuk tetap menjaga ketahanan komponen tersebut. Seperti yang kita ketahui apabila kendaraan tua jelas memiliki kondisi yang perlu diperhatikan.

Oleh sebab itulah, kita perlu memperhatikan dan merawatnya dengan tepat. Apalagi belakangan ini memiliki mobil tua seakan menjadi tren yang menarik kawula muda.

Tidak hanya untuk para generasi 80 dan 70an saja, kini kawula muda dari generasi millenials memiliki ketertarikan yang sama. Bahkan muncul komunitas-komunitas yang menjadi wadah untuk mereka.

Hal seperti ini jelas menarik dan memperluas relasi. Pasalnya, tidak semua orang bisa memiliki koleksi mobil tua dengan harga cukup tinggi seperti ini. Perawatan dan harga jual yang tinggi juga menjadikannya bisnis menguntungkan.

Baca juga: Air Radiator Keruh, Kenali Penyebab dan Cara Perawatannya!

Cara Mudah Merawat Radiator Mobil Tua

Kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda ikuti ketika ingin melakukan perawatan pada radiator. Khususnya para pemilik mobil tua.

Hal ini agar tetap memiliki kondisi yang prima ketika kita bawa berkendara. Oleh karena itu, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Atur Pendinginan

Pertama, kita perlu memperhatikan bahwa radiator akan mudah rusak jika mengalami overheat atau suhu berlebih.

Oleh karena itulah, kita bisa mulai mengatur pendinginannya ketika ingin melakukan perjalanan. Banyak hal yang bisa menjadi faktor terjadinya overheat.

Kita perlu menyadari apabila kendaraan yang sedang digunakan tersebut memang berbeda dari mobil biasanya.

Kondisi mobil tua seperti ini mengharuskan kita untuk ekstra merawat dan sering mengecek kondisi radiator. Biasanya ketika dalam perjalanan, kita lebih sering berhenti untuk mendinginkan mesin tersebut.

Ingat untuk tidak memaksa mesin tersebut bekerja terlalu keras. Apabila indikatornya sudah mencapai tanda berwarna merah, maka kita perlu berhenti saat itu juga. Bahkan akan lebih baik apabila kita berhenti sebentar ketika indikator sudah mencapai setengahnya.

Merawat radiator mobil tua dengan mengatur pendinginan seperti ini tampaknya sepele. Namun dalam perjalanan jarak jauh, misalnya touring atau bahkan mudik akan sangat berguna.

Semakin kita pandai menjaga kondisi kendaraan, maka perjalanan akan terasa lebih lancar dan menyenangkan.

Baca juga: Ciri-ciri Radiator Motor Rusak, Efek Buruk dan Cara Perawatannya

Cek Kebersihan Radiator

Tips merawat selanjutnya, kita perlu mengecek kebersihan radiator mobil tua. Pada mobil tua jelas kerak lebih mudah timbul. Pasalnya, komponen zaman dahulu belum baik seperti yang terdapat pada mobil zaman sekarang.

Ketika kita tidak rajin memeriksa, akan membuat radiator mudah terganggu kinerjanya. Secara otomatis akan membuat kita mengalami gangguan ketika dalam perjalanan nantinya. Oleh karena itu, selalu periksa dan jangan sampai ada karat pada komponen penting dalam radiator.

Merawat radiator mobil tua dengan membersihkan karat sebelum bertumpuk seperti ini akan jadi solusi. Ketika karat sampai menutupi saluran, maka sangat berbahaya.

Pastikan jika Anda membersihkan karat secara keseluruhan untuk membuatnya bekerja optimal di setiap performanya.

Cek Bagian Selang Radiator

Komponen yang bisa terkena sumbatan kerak ini juga memiliki ketahanan cukup sensitif. Sehingga akan lebih baik apabila kita selalu memperhatikan bagaimana perawatan terbaiknya.

Misalnya dengan selalu mengecek dua selang terpentingnya, yakni pada bagian atas dan bawah yang menjadi saluran penghubungnya.

Jangan sampai selang ini retak sebab bisa menimbulkan kebocoran pada proses pendinginan. Hal ini akan menjadi penghambat proses pendinginan mesin sehingga tidak efisien.

Merawat radiator mobil tua bisa dengan selalu memperhatikan pergantian selang. Paling tidak dalam jarak 50.000 km, kita perlu menggantinya atau memastikan dahulu terdapat kebocoran atau tidak.

Bagian Termostat

Komponen yang penting ini memiliki fungsi untuk membantu dalam pendinginan. Sehingga ketika suhu yang mengontrol pendinginan tidak sebaik biasanya, cek terlebih dahulu.

Ketika pembuangan panas dan pendinginan mesin tepat, maka akan membantu performa mobil tersebut.

Jadi, jika mesin terus-menerus dalam suhu tinggi dan tidak mendapatkan pendinginan yang pas akan menjadikannya rusak. Anda perlu membawa mobil tersebut langsung ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Merawat radiator mobil tua dengan beberapa cara di atas bisa menjadi solusi terbaik. Oleh karena itu, Anda jangan sampai melewatkan salah satunya untuk tetap pertahankan performa meski mobil memiliki mesin tua. (R10/HR Online)