Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita CiamisMojang Cantik Asli Ciamis Ini Kembangkan Bisnis Cemilan dari Pisang

Mojang Cantik Asli Ciamis Ini Kembangkan Bisnis Cemilan dari Pisang

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Mojang cantik asli Ciamis kembangkan bisnis makanan cemilan sehat berbahan buah pisang. Ia adalah Tia Martiana Juwita yang merupakan Moka (Mojang Jajaka) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tahun 2010.

Makanan cemilan ini menjadi salah satu kuliner khas Ciamis. Dalam satu bulan ia bisa menjual kurang lebih 300 pcs ke berbagai daerah di Indonesia dengan omset jutaan rupiah.

Mojang cantik asli Kabupaten Ciamis ini pun mengungkapkan awal mula merintis karier dalam dunia kuliner pada tahun 2020. Yang mana pada waktu itu ia mencoba beberapa olahan makanan cemilan dari mulai kicimpring coklat dan manisan pepaya coklat.

“Awalnya mencoba beberapa olahan makanan. Namun baru mendapatkan rasa yang pas dari olahan pisang yang kemudian saya beri nama Sin-Sin Chips. Jenis pisangnya menggunakan pisang nangka,” tuturnya kepada HR Online, Jumat (25/03/2020).

Tia juga menjelaskan, ada beberapa varian rasa yang ia tawarkan untuk makanan cemilan sehat produksinya ini. Dari mulai Dark Coklat, Hot Spicy dan Barbeque.

Baca Juga : Soto Iyun, Kuliner Khas Ciamis Langganan Para Gegeden

“Bbagi yang suka makanan asin, manis dan gurih, kita juga sediakan. Jadi tidak sedikit pemburu cemilan ini, terutama kaum milenial yang ingin mencicipi Sin-sin Chips,” katanya.

Mojang Ciamis tahun 2010 ini berhasil memproduksi Sin-Sin Chips di rumahnya, perum Pondok Indah Parahyangan (PIP), Cijantung, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Dalam memproduksi cemilan tersebut, Tia dibantu oleh satu orang pekerja yang masih tetangga rumahnya. Namun jika orderan sedang ramai ia bisa mempekerjakan lebih dari satu orang.

“Iya yang bantuin masih orang dekat rumah, kan biar sedikitnya mensejahterakan lingkungan sekitar. Begitu juga untuk buah pisang sebagai bahannya, saya membelinya masih dari daerah Cijeungjing,” ungkapnya.

Tia menambahan, konsumen Ciamis bisa mendapatkan cemilan dari produk Sin-Sin Chips ini di Toserba Yogya. Harganya sangat terjangkau hanya Rp 15 ribu per pcs. Kalaupun kehabisan bisa pesan melalui media sosial Instagram @sinsin_chips. (Fahmi/R3/HR-Online-Editor-Eva)

- Advertisment -