Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita NasionalMudik Wajib Vaksin Ketiga Booster, Begini Kata Wapres dan Jubir PAN!

Mudik Wajib Vaksin Ketiga Booster, Begini Kata Wapres dan Jubir PAN!

Mudik wajib vaksin ketiga booster, ini tentunya menjadi kunci utama serta syarat bagi yang akan melakukan mudik lebaran tahun 2022.

Kabar terkait rencana pemerintah memberi kelonggaran ini juga disampaikan oleh MenPAN-RB yakni Tjahjo Kumolo.

Ia menyebutkan bahwa pihaknya juga segera menyiapkan regulasi jelang Hari Raya Idul Fitri. Terutama untuk kelonggaran bagi masyarakat juga ASN yang ingin melakukan mudik.

Baca Juga: Nelayan Terseret Arus Sungai Deras di Sumenep, Begini Kronologinya!

Mudik 2022 Wajib Vaksin Ketiga, Ini Menjadi Syarat Utamanya!

Tidak kita sangka, ternyata pihak pemerintahan akan melonggarkan tentang aturan mudik lebaran tahun 2022. Informasi terbaru tentang mudik lebaran tahun ini bagi mereka yang sudah memenuhi syarat dulu.

Salah satu syarat utamanya adalah ASN dan masyarakat wajib menerima vaksin Covid-19 dosis ketiga supaya bisa melakukan mudik lebaran.

Vaksin ini gratis. Masyarakat bisa lebih bebas mau silaturahmi ataupun ziarah juga sudah diperbolehkan.

Bahkan Menko PMK yakni Muhadjir Effendy juga memberikan sinyal tentang pemerintah yang mengizinkan warga untuk mudik. Kepada wartawan di gedung Kemenko PMK, ia menyebutkan bahwa boleh mudik.

Baca Juga: Viral, Tamu Undangan Pernikahan Diberi Souvenir Bibit Tanaman

Wajib Vaksin Booster

Mudik wajib vaksin ketiga. Vaksinasi booster akan menjadi salah satu syarat bagi mereka yang melakukan mudik pada libur lebaran 2022.

Sebagaimana kata Wakil Presiden yakni Ma’ruf Amin yang juga menyebutkan bahwa pemerintah segera buka kemungkinan vaksin booster.

Menurut Wapres, selain dua kali vaksinasi yang lengkap, warga masyarakat juga harus melakukan vaksinasi ketiga booster.

Sehingga pemerintah akan membuka opsi vaksinasi booster Covid-19 sebagai syarat utama untuk bisa mudik lebaran.

Wapres juga sudah menilai bahwa pandemi Covid-19, khususnya di Indonesia secara garis besar sudah menurun. Ia kembali menambahkan, penyelenggaraan ibadah juga harus selalu mentaati protokol kesehatan.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Warga Tetap Beraktivitas

Tanggapan Jubir Partai PAN

Pernyataan Wapres mengenai mudik wajib vaksin ketiga booster menurut Jubir Muda Partai Amanat nasional yakni D. Prakoso Akbar katanya terlalu mengada-ada.

Ternyata ia meminta agar Wapres lebih bijak lagi ketika membuat pernyataan seputar mudik lebaran tahun 2022. Karena mengingat bahwa mudik sendiri adalah hal yang sangat sensitif.

Selanjutnya ia kembali mengusulkan, sebaiknya pemerintah lebih fokus untuk mengantisipasi lonjakan serta kelangkaan harga sembako. Khususnya jelang bulan Ramadhan tahun 2022.

Selain itu, juga selalu mengantisipasi atas lonjakan lalu lintas arus mudik, penetapan batas harga tiket transportasi, hingga persiapan infrastruktur jalur mudik.

Sementara menurut Wakil Ketua Umum MUI yakni Anwar Abbas, juga meminta pemerintah supaya mengkaji lagi kebijakan tentang vaksin booster. Pasalnya, pemerintah sebaiknya menanyakan kebijakan terbaru itu kepada ahli di bidangnya.

Menurutnya, apabila kesimpulan dari para ahli sependapat bahwa masyarakat bisa lakukan mudik wajib vaksin ketiga dulu, maka masyarakat juga harus bisa mematuhinya. Harapannya supaya kebijakan tidak merusak citra pemerintah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -