Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruOIS pada Kamera HP, Pahami Cara Kerja, Fungsi Hingga Keunggulan!

OIS pada Kamera HP, Pahami Cara Kerja, Fungsi Hingga Keunggulan!

OIS pada kamera HP memiliki fungsi dan keunggulan tersendiri apabila kita bandingkan dengan teknologi EIS.

Semakin universal dalam penggunaan ponsel pintar, membuat para vendor HP berlomba-lomba meningkatkan kualitas pada beberapa sektor.

Dalam hal ini, sektor kamera merupakan salah satu hal penting untuk pengguna perhatikan, terutama bagi mereka yang memiliki hobi foto atau merekam video.

Terdapat beberapa jenis teknologi yang mendukung spesifikasi kamera pada sebuah ponsel pintar. Salah satunya ialah teknologi OIS.

Teknologi ini pada umumnya tersemat pada smartphone yang memiliki spesifikasi kelas atas. Lalu apakah fungsi dan keunggulan dari teknologi OIS pada kamera ponsel ini?

Baca Juga: Scan dokumen dengan Google Drive Manfaatkan Kamera HP, Ini Caranya

Keunggulan OIS pada Kamera HP

Tidak dapat kita pungkiri bahwa fungsi dari kamera ponsel saat ini mempunyai peran penting bagi pengguna. Terutama bagi pengguna yang memiliki hobi membuat konten video.

Mulai dari berbagai konten bersifat hiburan hingga yang profesional sekalipun. Namun untuk memperoleh kualitas terbaik kamera smartphone pada umumnya tersemat pada deretan flagship atau segmen high end.

Namun saat ini banyak merek smartphone yang mulai memperhatikan kualitas kamera. Khususnya pada mode perekaman yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Smartphone terjangkau tersebut memperoleh bekalan salah satu fitur video yang cukup populer saat ini.

Fitur yang tersemat pada kamera HP tersebut adalah Optical Image Stabilization (OIS) atau stabilisasi gambar optik.

Fitur tersebut memungkinkan pengambilan rekaman gambar menjadi lebih stabil serta tidak tampak bergoyang.

Baca Juga: Mengatasi Kamera HP Tidak Fokus, Ini Cara Mudahnya

Mengenal Fitur OIS pada Kamera HP

Dilansir dari Ubergizmo, OIS adalah stabilisasi gambar optik yang bermanfaat untuk mengatasi masalah umum pada kamera HP.

Seperti hasil gambar yang buram akibat dari gerakan pengguna gemetar atau adanya gerakan kamera saat merekam video.

OIS adalah kepanjangan istilah Optical Image Stabilization yang memiliki fungsi untuk membuat lensanya mampu bergerak sejajar di bidang gambar. Dengan demikian, fitur ini dapat mengurangi hasil foto yang blur ketika pengguna sedang bergerak.

Fitur ini hadir dengan menggunakan sistem mikro-elektromekanis (MEMS) dengan gyro-sensor. Ini berfungsi untuk mendeteksi gerakan serta menyesuaikan sistem pada kamera.

Selanjutnya, stabilisasi gambar optik akan dihasilkan apabila terdapat elemen yang bergerak dalam lensa kamera HP.

Fitur OIS pada kamera HP dapat membantu dalam kompensasi penggunaan normal gerakan kamera yang tidak kita inginkan.

Pada praktiknya, fitur ini dapat disertakan dengan beberapa mode. Hal ini bertujuan untuk mengimbangi gerakan kamera. Sebagai contoh, saat menggerakan dan memiringkan secara horizontal atau vertikal.

Baca Juga: Kamera HP Berembun, Cara Mengatasinya!

Fungsi OIS pada Kamera HP

OIS pada kamera smartphone memiliki cara kerja yang cukup sederhana. Dalam hal ini, OIS memerlukan gyro sensor yang berfungsi untuk menyusun rangkaian optic di dalam lensa kamera.

Seperti yang telah terungkap sebelumnya bahwa lensa akan bergerak sejajar mengikuti bidang gambar. Dengan demikian, gambar yang dihasilkan tak blur dan videonya yang direkam aman dari shaking.

Selain itu, dengan hadirnya OIS juga dapat meminimalisir hasil foto blur pada saat menangkap objek yang sedikit cepat.

OIS pada kamera HP dapat terbilang memanfaatkan fitur gyro sensor yang nantinya mengantarkan sinyal supaya susun lensa bisa mengikuti objek gambar.

OIS mempunyai keunggulan pada tak hadirnya degradasi gambar untuk video maupun foto. Selain itu, OIS juga mampu mengambil foto maupun video low light dengan hasil yang lebih bagus.

Namun OIS sendiri mempunyai beban yang cukup berat. Hal ini karena fitur ini menggunakan hardware tinggi yang dapat menguras daya baterai.

Karena teknologi ini memerlukan spesifikasi kamera yang cukup tinggi, maka pada umumnya OIS dapat kita temukan pada smartphone kelas menengah ke atas dan flagship. Seperti pada Samsung Galaxy S7, iPhone 7, Lumia 1020, dan lain sebagainya.

Sebagai tambahan informasi, OIS pada kamera HP memiliki kualitas yang lebih unggul dengan hasil lebih memuaskan tanpa adanya blur. Meskipun demikian, OIS juga memiliki kekurangan tersendiri yang penting juga untuk pengguna perhatikan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -